Baca Dulu 10 Cara Terbaik Memilih Murai Batu Agar Tidak Menyesal

0
1379

Baca Dulu 10 Cara Terbaik Memilih Murai Batu Agar Tidak Menyesal – Hai gusy, kalian pasti sudah pada tahu dengan burung yang satu ini, ya burung murai batu yang memiliki kelebihan dalam kicauannya yang bisa membuat kita suka bahkan jatuh cinta. Banyak orang yang sudah memilik murai batu, ada yang untuk ditandingkan ada juga yang hanya hoby memelihara burung itu tergantung pada niat dan hoby masing – masing orang.

Nah, khusus bagi kalian yang baru pertama ingin memiliki burung murai batu atau bagi kalian yang ingin benar – benar mandapatkan murai batu yang bagus maka bisa kalian baca artikel ini sampai akhir. Karena di artikel kali ini aku akan memberikan beberapa ciri murai batu yang berkualitas agar nantinya kalian tidak menyesal.

murai-batu

Baca Juga Tahapan Membuat Kandang Ternak Murai Batu Sederhana dan Minimalis

Berikut ini adalah beberapa ciri murai batu yang berkualitas

  1. Warna Bulu

Murai batu yang bagus memiliki warna bulu yang lebih cerah dan itu menandakan burung tersebut sehat.

  1. Bulu Dada

Pada umumnya murai batu memiliki warna bulu dada coklat atau kekuningan, nah yang lebih bagus adalah murai batu yang memiliki warna bulu dada agak kekuningan.

  1. Postur Badan

Kalian pilih postur badan murai batu yang mempunyai leher panjang, badan, ekor dan kaki yang serasi.

  1. Bentuk Kepala

Murai batu yang bagus memiliki bentuk kepala yang kotak, mata bulat besar dan melotot. Berarti burung ini memiliki mental tempur yang bagus.

  1. Bentuk Paruh

Untuk bentuk paruh murai batu yang bagus memiliki bentuk yang berpangkal lebar, tebal panjang dan besar. Jika dilihat paruh bagian bawah maka harus terlihat lurus dan usahakan memilih murai batu yang posisi lubang hidungnya mendekati mata.

  1. Bagian Mata

Cari dan pilih murai batu yang memiliki mata bersih dan aktif terhadap ransangan cahaya (langsung berkedip). Karena banyak juga murai batu yang matanya terkena katarak, dengan ciri ada selaput putih yang terlihat di matanya dan itu bisa mengakibatkan kebutaan.

  1. Bagian Ekor

Kalian cari dan pilih murai batu yang memiliki ekor rapat namun tidak terlalu tebal dan hindari murai batu yang tidak memiliki ekor karena biasanya ekor akan bergerak saat dia sedang ada di trek dan itu menambah daya tarik tersendiri.

Baca Juga Tips dan Cara Ternak Murai Batu di Kandang Gantung

  1. Dalam Perilaku

Disini bisa kalian lihat ketika murai batu sedang ada dalam ancaman maka akan melawan dan bisa kalian lihat ketika kita pegang maka dia akan mematuk tangan kita seakan ingin lepas.

  1. Selalu Lincah

Jika hal – hal diatas terpenuhi biasanya murai batu bergerak dengan lincah karena keadaannya stabil sehingga bisa mengeluarkan suara yang cukup kuat.

  1. Melihat Usia

Usia juga mempengaruhi kinerja dari murai batu itu sendiri, jadi usahakan memilih yang masih muda dan bisa dilihat dari kedua sisi sayap. Jika memiliki bintik coklat maka murai batu masih muda (bagian luar sayap).

Oke, itulah 10 cara terbaik dalam memilih burung murai batu yang berkualitas dan insyalah kalian tidak akan menyesal walau mengeluarkan badget yang cukup besar untuk mendapatkannya, karena harga dengan kualitas berjalan bersama, semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- kandang ternak murai batu minimalis - cara mengatasi burung memendek - penyebab murai batu narek leher -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz