Cara Melatih dan Merawat Merpati Piyik Tinggian

0
2548

Cara Melatih dan Merawat Merpati Piyik Tinggian – Haii guys, merpati piyik merupakan merpati yang bisa dibilang belum mengenal dunia luar, sehingga perlu kita sesuaikan terlebih dahulu agar bisa menjadi perpati piyik tinggian atau merpati kolong jablay yang bagus. Maksudnya mau diapakan merpati tersebut, apakah hanya ingin didiamkan dalam kandang atau ingin kita tandingkan dengan yang lainnya.

merpati-piyik

Khusus bagi merpati piyik yang nantinya akan ditandingkan maka perlu dilatih sejak merpati masih piyil agar ada bekal dan tidak kaget dengan apa yang akan dia hadapai selanjutnya.

Baca Juga Obat dan Cara Mengobati Burung Dara yang Sakit

Melatih merpati piyik memang perlu kesabaran tapi jangan bilang sulit karena sesuatu hal yang kita kerjakan dengan sabar dan ikhlas maka akan berbuah manis yang bisa kalian mulai dari perawatan saat merpati piyik baru menetas.

Oke kita langsung saja menuju cara untuk melatih dan merawat merpati piyik tinggian

  1. Bisa kalian latih dengan menggunakan Burung merpati yang sudah jago atau mapan

Kenapa aku sarankan demikian? Karena merpati juga mempunyai naluri atau daya ketertarikan yang kuat sehingga jika sering melihat merpati lain terbang tinggi maka secara otomatis dia juga akan berusaha untuk mengikutinya atau untuk membimbingnya. Akan tetapi dalam memilih merpati lain sebagai pelatih juga tidak sembarangan, melainkan harus mempunyai ciri – ciri sebagai berikut :

  • Tidak galak ketika terbang secara bersamaan
  • Selalu ikut terbang dengan pasangannya
  • Jika dilepas akan terbang setinggi mungkin dan kembali ke awal setelah batas ketinggian yang bisa dicapai.
  • Memang sudah teruji, baik terbang dengan jarak pendek atau jauh
  • Bisa menukik dengan ukuran 900 atau maksimal bisa sampai 750.
  • Terakhir tidak turun kalau tidak melihat klepekan betina.

Untuk cara melatihnya bisa kalian ikuti cara dibawah ini :

  • Waktu yang tepat adalah pagi hari karena kalau sore hari biasanya merpati tidak mau pulang
  • Untuk jaga – jaga bisa kalian bawa pelatih cadangan, jadi ketika pelatih pertama galak atau yang lainnya maka bisa digunakan pelatih cadangan.
  • Hal ini bisa kalian lakukan sampai merpati piyik bisa terbang dan pulang sendirinya tapi jangan terlalu dipaksakan.
  1. Selanjutnya bisa kalian latih juga dengan tangan sendiri melaikan tanpa bantuan merpati lainnya dengan cara :
  • Bisa kalian terbang – terbangkan dengan menggunakan tangan tanpa dilepaskan terlebih dahulu, selanjutnya terbangkan dengan jarak 20 meter saja dulu.
  • Coba terbangkan dengan arah yang berbeda, lihat apakah sudah bisa pulang sendiri atau kebingungan!
  • Selanjutnya bisa kalian tambahkan jarak terbang merpati, jika masih kebingungan jaraknya dikurangi kembali dan jangan terlalu dipaksakan.

Baca Juga Macam – macam Penyakit Merpati dan Cara Mengobatinya

Nah, itulah cara melatih merpati piyik agar mempunyai sprin yang bagus dan untuk perawatannya bisa kalian lakukan sendiri. Misalnya dengan pemberian vitamin agar kesehatan merpati piyik bisa terjaga karena latihan memerlukan tenaga yang exstra, terimakasih dan semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- melatih merpati kolong jablay - cara merawat piyik merpati tinggian - cara melatih merpati jablay - melatih merpati jablay - cara melatih merpati kolong jablay - Ciri ciri merpati jablay - ciri merpati piyik tinggian - cara melatih burung jablay - www​ duniabinatang org merpati - cara melatih merpati kolongan jablay -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz