Cara Memulai dan Mengelola Ternak Lovebird Koloni untuk Pemula

0
1407

Duniabinatang.org – Setelah di artikel sebelumnya aku membahas mengenai suara – suara lovebird isian yang berkualitas dan membuat pemiliknya mempunyai kebanggan tersendiri serta bisa kalian download secara gratis tanpa ada pungutan biaya apapun. Untuk di artikel kali ini agak sedikit berbeda karena aku akan membahas mengenai cara ternak lovebird koloni berikut dengan cara mengelolanya apalagi bagi kalian yang masih pemula dalam hal beternak burung lovebird.

Dalam beternak burung lovebird bisa dikatakan gampang – gampang susah, namun jika kita melihat dari segi hasil atau prospek yang menjanjikan bukan menjadi halangan walaupun agak sulit dalam pelaksanaannya, namanya juga usaha.

Cara ternak lovebird koloni
kinerjaaktif.com

Beternak lovebird sendiri sebenarnya cukup mudah dan tidak sesulit yang dibayangkan hanya cukup dengan niat dan tekad yang kuat saja dulu serta kemauan yang keras dalam menggeluti usaha ini. Tapi sebelumnya kalian juga harus mengetahu jenis – jensi burung lovebird karena setiap jenis lovebird memiliki karakter yang berbeda.

Cara Beternak Lovebird Koloni


  1. Mulail dengan memilih indukan lovebird yang siap kawin

Disini kita dituntun untuk bisa memilih lovebird yang siap untuk dikawinkan agar proses ternak bisa berjalan dengan cepat dan sebisa mungkin memilih jenis lovebird yang sedang laku keras di pasaran agar bisa bersaing dengan yang lainnya serta banyaknya peminat terhadap jenis lovebird tersebut dan jangan lupa juga untuk memperhatikan umur agar efesiensi ternak bisa belangsung denagn cepat.


  1. Perhatikan jenis kelamin lovebird

Jangan sampai kita memasangkan lovebird yang ingin diternakan dengan jenis kelamin yang sama, sampai kapanpun burung tersebut tidak akan beranak. Jadi sebelumnya kalian harus mengetahu ciri – ciri fisik yang membedakan antara lovebird jantan dengan betina.

Adapun ciri umum yang bisa kalian cermati mengenai hal tersebut bisa kalian simak dibawah ini :

Lovebird Jantan

  • Lovebird jantan selalu berdiri tegak dengan ujung ekor yang lancip
  • Ketika kita raba makan akan terasa kaku jika dibandingkan dengan betina
  • Kalian pilih juga lovebird jantan yang sering mengeluarkan kicauannya

Lovebird Betina

  • Mempunyai ukuran badan yang bulat
  • Jika berdiri seakan berat menahan badannya dan tidak setegak jantan
  • Lovebird betina tidak terlalu banyak tingkah dan cenderung diam

Itulah ciri – ciri yang bisa kalian jadikan patokan dalam menentukan lovebird jantan dan betina. Selanjutnya kalian pilih indukan jantan yang sudah berumur 1 tahun dan untuk indukan betinanya masih berumur 10 bulan.


  1. Mempersiapkan Kandang Ternak untuk Lovebird

Jelas karena kali ini aku membahas tentang cara ternak koloni jadi kandang yang digunakan juga kandang ternak koloni. Jadi kalian bisa menggunakan 3 jantan dan 5 betina dalam kandang tersebut dan ukuran kandang yang direkomendasikan adalah dengan ukuran 2 x 2 x 1,5 meter. Kemudian untuk letak pakan dan minum bisa kalian simpan berdekatan dengan kamar yang digunakan lovebird bersarang dan untuk alas sarangnya sendiri bisa kalian beli di toko – toko terdekat.


  1. Mengetahui Cara Menjodohkan dan Mengawinkan Burung Lovebird

Setelah kandang disesuaikan maka selanjutnya tinggal memasukan indukan jantan dan biarkan lovebird memilih kandang atau sarangnnya sendiri. Jika lovebird jantan sudah menemukan kandangnya maka tinggal kalian masukan lovebird betina, jadi aku sarankan jangan dimasukan secara bersamaan antara lovebird jantan dan betina.


  1. Perawatan Setelah Bertelur

Jika lovebird sudah berjodoh maka tidak akan lama akan bertelur dan telur yang dihasilkan dari 1 indukan biasanya 2 – 4 telur, kemudian setelah lovebird bertelur jangan langsung dibiarkan begituh saja melaikan harus di berikan perawatan exstra terutama pada indukan betina. Untuk telurnya sendiri akan menetas dengan jangka waktu kurang lebih 18 hari, jangan lupa untuk memberikan pakan tambahan berupa pelet ayam yang telah dicampur dengan bubur bayi yang diberikan disamping milet atau jagung.

Dan sedikit saran jika burung sedang mengerami telur maka tidak diperbolehkan membuka dan menutup pintu kandang karena bisa mengganggu proses pengeraman dan bisa membuat telur rusak. Tidak lupa untuk selalu mengecek keadaan lovebird betina jangan sampai drop untuk itu bisa kalian berikan multivitamin agar kondisinya tetap terjaga dan telur yang di erami menetas semua.


  1. Perawatan Setelah Telur Menetas

Jika telur sudah menetas jangan langsung di ambil atau melakukan hal – hal yang dapat membuat anakan lovebird mati. Jadi baiarkan indukan lovebird yang merawatnya terlebih dahulu sampai anakan tersebut bisa keluar sendirinya dari dalam sangkar dan jangan lupa untuk memberikan pakan tambahan berupa pelet dan bubur bayi kering yang nantinya digunakan sang induk untuk meloloh anaknya.

Jika anakan lovebird sudah mulai disapih maka jangan lupa untuk memberikan makanan lembut karena ususnya masih belum bisa mencerna pakan lain seperti biji – bijian. Bisa juga dengan memberikan jagung muda yang dilembutkan dan dicampur dengan milet.

Nah itulah cara memulai dan mengelola ternak burung lovebird secara koloni dan cara di atas bisa kalian terapkan terutama bagi seorang pemula. Untuk selanjutnya burung tinggal dirawat dengan baik dan diberikan masteran agar bisa mempunyai suara yang berkualitas, baik dimaster dengan suara burung lovebird itu sendiri atau dengan jenis burung lainnya dan sering di sebut dengan suara isian. Memang dalam beternak lovebird terbilang mudah dan yang penting perlu kesabaran dan ketelitian dalam ternak burung lovebird secara koloni, semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- cara memulai dan menggelola berternak love bird koloni - download suara lovebird di koloni - ternak love bird koloni susah jadi -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz