Cara Mengawinkan/Menjodohkan Burung Kenari Agar Cepat Bertelur

0
313

Duniabinatang.org – Selain memelihara burung kenari sahabat tentunya mau dong mengawinkan burung kenari nya agar mempunyai keturunan, kebanyakan dari kita putus asa gara-gara ketika menjodohkan burung kenari jantan dan betina sudah terlihat birahi nya lalu disatukan eh engga kawin-kawin, kadang bikin kita bingung ya sahabat tapi ingat jangan panik loh, karena disini kita akan mengetahui solusi yang tepat ketika menghadapi masalah seperti ini.

Nah sahabat, kita disini untuk mengawinkan atau menjodohkan burung kenari agar cepat bertelur maka yang pertama yang harus kita perhatikan yaitu usia burung betina, untuk burung betina lokal ketika sudah mencapai usia 6 bulan dan untuk burung kenari betina bongsor ketika mencapai usia 10 bulan, baru sudah bisa dikawinkan karena jika kurang dari itu burung kenari betina belum siap untuk kawin karena terlalu muda atau belum pernah kawin.

cara mengawinkan kenari

Untuk burung kenari jantan juga jika belum pernah dikawinkan atau terlalu muda tidak mau kawin, tetapi banyak juga burung kenari jantan yang sudah dewasa belum mau kawin. Jadi jangan pada panik dulu yah sahabat.. diantaranya belum ada kesiapan untuk kawin baik keduanya atau pun salah satunya.

Nah untuk para sahabat mari kita simak, bagaimana sih cara mengawinkan/ menjodohkan burung kenari. Silahkan anda baca  tips-tips dibawah ini.

Langkah – langkah Mengawinkan Kenari

  1. Burung kenari jantan dan burung kenari betina harus dalam kondisi sangkar yang terpisah, mengapa ya sahabat? Karena jika disatukan kemungkinan besar gairah untuk kawin keduanya akan menurun. Burung kenari betina yang siap kawin ditandai dengan perutnya yang berisi, bengkak serta kulit perutnya sudah tidak kendur lagi.
  2. Kita harus tahu apakah keduanya telah sampai pada puncak kematangan kelamin, lalu ketika disatukan keduanya akan melangsungkan perkawinan. Kemudian bagaimana cara kita mengetahui keduanya telah sampai pada puncak birahi? Nah sahabat, untuk jantan biasanya sering berkicau dengan keras dan menabrak-nabrak jeruji sangkar sedangkan untuk burung kenari betina ketika sudah sampai pada puncak birahi ditandai dengan burung kenari betina merobek-robek kertas dan mengangkutnya ke sangkar.
  3. Sangkar yang akan digunakan untuk kawin harus dalam keadaan bersih dan ingat itu mengunakan sangkar burung kenari betina nya, kemudian satukan burung kenari betina dan burung kenari jantan yang sudah mencapai puncak birahi tadi dengan cara masukan kenari jantan kedalam sangkar kenari betina.
  4. Nah jika tidak juga kawin maka masukan burung kenari jantan gacor lainnya, agar adanya persaingan bagi burung kenari jantan ketika kenari jantan melihat saingan nya maka burung kenari jantan akan langsung menaiki burung kenari betina dan terjadilah perkawinan.
  5. Setelah perkawinan biarkan keduanya bersamaan untuk beberapa saat diperkirakan sampai 1 jam-an dan untuk perkawinan burung kenari idealnya melakukan 2 kali perkawinan itu sudah cukup, kemudian burung kenari jantan siap untuk dipisahkan kembali.
  6. 3-4 hari berikutnya maka ulangi kembali tahapan-tahapan diatas. Setelah melewati 4 hari dari perkawinannya burung kenari betina tidak perlu melakukan perkawinan lagi, dan burung kenari betina siap untuk bertelur dan mengerami telurnya sampai menetas dan siap meloloh anaknya sampai tumbuh dewasa.

Demikianlah ulasan tentang cara mengawinkan/ menjodohkan burung kenari agar cepat bertelur, bagi para pecinta burung utamanya burung kenari nan cantik ini semoga tidak bosan untuk membudidayakan nya, dan terimakasih telah menyimak seputar burung kenari, semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- cara mengawinkan kenari agar cepat bertelur - cara menjodohkan kenari agar cepat kawin - cara membedakan kenari jantan dan betina umur 4 bulan - cara mengawinkan kena - Cara menjodohkan burung gereja jantan dengan kenari betina Cara menjodohkan burung gereja jantan dengan kenari betina - mp3kacer kawin -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz