Cara Mengawinkan Ikan Lele Jantan dan Betina

0
205

Duniabinatang.org – Hallo semuanya, mungkin pada artikel kali ini akan sedikit berbeda dari artikel – artikel sebelumnya dimana bahasanya sekitar burung kicau. Tapi untuk kali ini aku akan coba bahas mengenai hewan lain yaitu ikan lele.

Ya ikan lele merupkan salah satu ikan yang banya diminati oleh semua kalangan mulai dari kalangan bawah, menengah bahkan sampai atas. Ikan lele sudah lama digemari banyak orang terutama jika sudah di buat pecel lele. Disetiap pinggir jalan di kota – kota pasti kita jumpai yang namanya warung pecel lele termasuk aku sendiri suka dengan ikan lele.

Perlu kalian ketahui juga kalau ternak ikan lele ini cukup menggiurkan dan bisa kita jadikan salah satu usaha baik utama maupun sampingan karena dalam memelihara ikan lele tidak terlalu sulit. Tempatnya juga bisa kita buat dengan mudah misalnya kita bikin kolam pinggi rumah yang terbuat dari plastic jadi tidak usah bikin dari tembok karena biaya yang dikeluarkan juga cukup mahal.

Bagi kalian yang ingin memelihara ikan lele dan ingin mengembangbiakannya maka harus tahu cara atau tahapan dalam mengawinkan antara ikan lele jantan dan betina agar bisa berkembang biak dengan cepat dan banyak.

Tahapan Mengawinkan Ikan Lele Jantan dan Betina

Ada beberapa tahapan yang harus kalian perhatikan sebelum mengawinkan ikan lele jantan dengan betina diantaranya :

Cara Mengawinkan Ikan Lele Jantan dan Betina
  1. Pemilihan Indukan Lele

Pilihlah indukan lele yang memang sudah matang untuk dikawinkan. Biasanya indukan lele yang sudah matang berumur 7 bulan – 1 tahun dan mempunyai warna yang cera serta terlihat licah dan yang tidak kalah penting lagi dalam kondisi sehat.

  1. Tempat Mengawinkan Lele

Untuk tempatnya sendiri kalian bisa mengguakan kolam yang terbuat dari terpal atau semen untuk dindingnya dan hal ini berguna agartelur lele bisa terlihat. Untuk kedalaman kolam sendiri berkisar 30 – 40 cm air, jangan lupa untuk menyediakan injuk yang nantinya digunakan lele menyimpan telur – telurnya dan sebisa mungkin menutupi semua permukaan kolam agar telurnya jatuh pada media tersebut.

  1. Mulai Pengembangbiakan

Silahkan kalian masukan indukan yang sudah matang atau siap kawin pada sore hari dan tutup kolam dengan dengan penutup yang sudah disediakan sepertihalnya jaring agar ikan tidak kabur atau loncat keluar. Ikan lele sendiri akan melakukan perkawinan pada malam hari samapai subuh dan hal ini memang merupakan kebiasaan dari lele tersebut.

  1. Terakhir Mengenai Pemeliharaan

Jika lele sudah melakukan perkawinan maka kita bisa melihat telur – telur yang dihasilkan menempel pada media yang sudah kita sediakan tadi (injuk). Jika hal tersebut sudah nampak maka kita kita segera pisahkan indukannya karena kadang indukan bisa memakan telurnya sendiri dan biarkan telur – telur tersebut menetas dengan sendirinya.

Nah itulah cara mengawinkan ikan lele jantan dan betina secara sederhana dan bisa dilakukan bagi kita seorang pemula yang memang ingin ikut serta mengembangbiakan ikan lele, baik hanya sekedar hoby atau peluang bisnis yang menjanjikan, semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- cara mengawinkan lele jantan dan betina - cara mengawinkan lele - cara mengawinkan ikan lele - cara menjodohkan ikan lele - cara menjodohkan lele - cara menjorohkan lele - mengawinkan ikan lele - Mengawinkan lele -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz