Tips Meningkatkan Mental Burung Cendet dalam Hal Rajin Bunyi dan Fighter

0
840

Duniabinatang.org – Burung cendet atau sering disebut juga dengan burung pentet memang merupakan salah satu burung kicau yang cukup terkenal dengan fighternya. Karena pada dasarnya burung cendet selalu bertarung dengan burung lain untuk bisa mempertahankan wilayahnya sehingga mental yang dimilikinya sangat kuat.

Akan tetapi berbeda halnya dengan burung cendet yang dipelihara dan di  rawat oleh kita, burung menjadi cenderung tidak bergairah, mentalnya menurun dan jauh berbeda dengan cendet yang ada di alam bebas sana. Mungkin karena terlalu sering di manja oleh pemiliknya seperti, memberikan pakan tepat waktu sehingga mental fighternya menjadi turun bahkan mungkin hilang.

memulihkan mental cendet

 

Kebiasaan Burung Cendet di Alam Bebas

Burung cendet di alam bebas cenderung mencari makanan sendiri dengan berburu dan memangsa hewan – hewan lain. Bahkan tidak semudah itu, dimana mereka juga perlu bertarung terlebih dahulu dengn burung lainnya agar bisa mendapatkan makanan yang diinginkan atau di incar nya. Maka semakin sulit mencari makanan, semakin ter-asah pula mental fighter burung cendet tersebut dan siap melawan semua jenis burung yang mencoba menghalanginya.

Akan tetapi tidak semua burung cendet yang di pelihara memiliki mental buruk dan manja. Hal itu tergantung indukkan dan perawatan serta pemeliharaan yang kamu lakukan. Bahkan burung cendet yang mempunyai mental bagus akan terlihat dari keaktifan nya dan rajin berbunyi serta gacor. Begitu pun juga ketika sedang berada di lapangan dalam arti pertandingan atau perlombaan.

Cara Meningkatkan Mental Fighter Burung Cendet

Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa meningkatkan mental fighter burung cendet seperti halnya sedang berada di alam bebas. Sehingga siap untuk di ikut sertakan dalam sebuah perlombaan dan siap untuk pulang dengan membawa piala kemenangan, hehe.

memulihkan mental cendet

  1. Berikan pakan hidup terhadap burung cendet

Pemberian pakan hidup akan membuatnya terbiasa bertarung terlebih dahulu dan hal ini mirip dengan caranya menangkap buruan di alam bebas. Jadi intinya biasakan dengan kebiasaannya di alam bebas agar mentalnya muncul kembali. Pakan yang diberikan bisa berupa belalang, tikus putih, jangkrik, katak kecil, cacing dan yang lainnya.

Jadi ketika pakan diberikan dalam keadaan hidup, maka mental predator nya akan muncul dan meningkat sehingga mentalnya bertambah. Tapi jangan biarkan terlalu bebas juga, jangan sampai cendet memangsa burung lain yang ada di sekitarnya padahal bukan disediakan untuk pakannya.

  1. Melakukan terapi dengan suara aliran sungai

Berikan suasana yang mirip – mirip dengan alam bebas seperti halnya memberikan terapi suara air mengalir dimana merupakan salah satu tempat burung cendet diam di alam bebas. Untuk mendapatkan hal itu kamu tidak perlu pergi langsung ke TKP tapi cukup mendownload suaranya saja, bahkan di youtube juga banyak. Jika kamu rajin bisa dengan datang langsung ke TKP kemudian rekam suaranya dengan menggunakan handphone (suara gemercik air aliran sungai atau curug).

Bila perlu dengan burung – burung nya dibawa dan biarkan cipratan air tersebut mengenai bulu burung cendet, namun agak sedikit ribet sih. Namanya juga perjuangan, hehe. selain suara air bisa juga kamu tambahkan dengan suara burung cendet lainnya agar lebih mantap dan kesan alaminya lebih terasa.

  1. Mengajak burung cendet jalan –jalan

Jika alam bebas di sekitar kamu tidak ada seperti air mengalir, gemercik air dan yang lainnya. Maka kamu bisa menggunakan keran air yang ada di kamar mandi atau dekatkan burung dengan aquarium aktif, karena akan terdengar suara air mengalir dan ada suara gemercik air yang bisa menyiprat pada burung cendet.

Selain itu, jangan lupa ajak juga jalan – jalan keluar rumah atau bisa kerumah tetangga yang sama – sama mempunyai burung kicau dan hal itu akan membantunya meningkatkan mental fighter. Lebih bagus lagi diajak ke tempat – tempat perlombaan dan jangan dulu di ikut sertakan dalam perlombaan. Cukup menonton saja dan lihat apa yang dilakukan oleh burung cedet yang kamu bawah.

  1. Melakukan Terapi Mandi Malam dan Pengembunan

Adapun terapi alami lainnya yang bisa kamu lakukan terhadap burung cendet. Yaitu terapi mandi malam, terapi ini bisa kamu lakukan jam 8 malam ke atas atau bisa juga tengah malam. Namun itu adalah waktu nyenyak tidur, hehe. untuk terapi mandi malam pada burung cendet jangan sampai basah kuyup dan hanya di semprot saja sampai terlihat basah.

Sedangkan terapi pengembunan bisa kamu lakukan setelah selesai shalat subuh dan lakukan sebelum matahari terbit. Dengan tujuan dingin nya embun pagi masih terasa. Kedua terapi tersebut jangan terlalu sering dilakukan dan cukup 2 kali saja dalam seminggu.

  1. Berikan Suara Masteran Untuk Cendet

Suara masteran yang diberikan juga sangat berpengaruh untuk melatih mental burung cendet. Burung cendet sendiri sangat cocok di master oleh suara – suara burung kicau seperti Tengkek Buto, Cucak Jenggot, Cililin, Ciblek dan burung kicau jenis lainnya.

Suara – suara burung dia atas memang terbilang kasar karena suara cendet sendiri terbilang kasar sehingga cocok dijadikan suara masteran. Setelah itu, coba kamu dekatkan pada burung cendet lainnya, dalam arti kamu jangan hanya mempunyai 1 burung cendet saja. Dengan demikian akan terlihat mana burung cendet yang mental fighternya menonjol.

memulihkan mental cendet

  1. Jangan mengganti wadah pakan dan minum serta tangkringan

Jangan mengganti disini bukan berarti tidak boleh di bersihkan, namun jangan diganti dengan yang baru. Agar burung terbiasa dengan hal tersebut dan tidak perlu adaptasi terus menerus. Terutama dalam masalah tangkringan.  Karena itu akan berpengaruh terhadap mental burung dikarenakan sudah terbiasa nya dengan tangkringan yang ada. Jika diganti bisa jadi burung tidak nyaman dan yang ada malah stres.

Sedangkan untuk wadah pakan dan minum juga tidak usah diganti jika masih layak pakai dan cukup dibersihkan saja. Apalagi posisi wadah tersebut, jangan juga di pindah – pindah setelah dibersihkan. Karena cendet akan kebingungan ketika sedang lapar atau haus.

  1. Gantangkan burung cendet pada tempat yang lebih tinggi

Cendet juga bisa lebih fighter jika kamu gantangkan pada tempat yang tinggi, bisa dengan menggunakan tiang yang di pasang kerekan seperti halnya tiang bendera seperti halnya burung perkutut. Karena hal itu dapat memacu adrenalin burung itu sendiri dan mentalnya menjadi tambah bagus.

Jika tidak ada tiang dan kerekan maka kamu bisa menggantangnya pada batang pohon, namun harus diperhatikan dari ganguan hewan lainnya seperti semut, ular dan lain sebagainya. Jangan sampai ketika diturunkan burung sudah dalam keadaan tidak bernyawa bahkan hilang di telan ular.

  1. Berikan tikus dalam sangkar burung cendet

Ini merupakan salah satu cara untuk melatih mental cendet, dimana kamu memberikan pakan hidup berupa tikus putih. Burung cendet terkenal dengan ketidak sukaannya terhadap hewan lain yang mendekati atau berada dalam sangkar nya. Sehingga emosi nya akan muncul dan siap melawan hewan besar seperti tikus ini.

Disini bisa kamu lihat, ketika tikus di masukan apakah burung langsung menyerang dan mematuk – matuk tikus atau malah terbang kesana kemari karena ketakutan? Jika burung merasa ketakutan berarti mentalnya masih kurang dan coba kamu ganti dengan tikus yang mempunyai ukuran kecil terlebih dahulu.

  1. Berikan multivitamin yang cocok untuk cendet

Selain hal – hal diatas yang kamu lakukan, jangan sampai melupakan pemberian multivitamin terhadap burung cendet. Karena pemberian multivitamin akan membantu meningkatkan mental fighter nya. Berikan cendet multivitamin yang mengandung adenonin triphospate (ATP). Hal ini juga bisa membantu cendet yang mentalnya drop agar kembali normal.

Memang banyak penjual atau toko yang menyediakan multivitamin untuk burung cendet. Namun kamu harus pandai dalam memilih dan memilah nya. Bila perlu bertanya pada orang – orang yang memang sudah ahli dalam hal tersebut. Atau bisa dengan membeli yang murah terlebih dahulu, hehe.

  1. Jangan manjakan burung cendet

Burung cendet yang di manja itu akan membuat mentalnya menjadi turun dan yang ada malah jadi jinak. Jangan pernah memberikan pakan langsung dari tangan dan kamu taruh saja pada cepuk yang sudah tersedia.

Karena jika burung cendet sudah terlanjur manja, dia akan berbunyi ketika di manja oleh pemiliknya. Hal itu jauh dengan apa yang kamu harapkan apalagi jika ingin di ikut sertakan dalam sebuah perlombaan. Kecuali jika hanya untuk peliharaan semata mungkin memang cocok untuk di manja.

Nah itulah tips dalam melatih dan meningkatkan mental burung cendet dalam segi fighter serta dengan demikian burung akan menjadi lebih rajin bunyi. Intinya buatlah burung seakan berada di alam bebas, dimana seharusnya dia tinggal. Agar mental fighternya betul – betul muncul dan bukan dibuat – buat sehingga siap untuk bertarung dengan yang lainnya, selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- suara terapi untuk cendet macet bunyi -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz