Cara Meracik Pakan Ikan Lele Sendiri (Murah, Gizi Tinggi, Cepat Besar)

0
172

Duniabinatang.org – Sebelumnya juga aku sudah sempat membahas mengenai cara membuat pelet apung yang sangat berguna untuk ikan lele yang kita pelihara dalam kolam. Adapun untuk di artikel kali ini aku akan coba membahas mengenai cara membuat pakan ikan lele yang mujarab dan bisa membuatnya cepat besar sehingga bisa cepat untuk dipanen.

Sebagian besar peternak ikan lele bahkan semuanya pasti menginginkan ikan yang dipeliharanya bisa tumbuh besar dan gemuk dan hal utama dalam membuatnya tumbuh besar serta gemuk yaitu terletak pada pakan yang diberikan.

Untuk pakan yang diberikan bisa berupa pakan alami atau pakan buatan. Pakan alami biasanya berupa tanaman “azolla microphylla dan untuk pakan buatan bisa menggunakan pelet apaung atau tenggelam. Pelet apung jika diberikan berada di permukaan air dan pelet tenggelam sebaliknya (berada didalam air) tapi aku sarankan untuk menggunakan pelet apung.

Cara Membuat Pelet Apung

Dalam membuat pelet ikan yang murah, memiliki gizi tinggi dan bisa membuat ikan lele cepat besar tentunya bisa berupa pelet namun bukan pelet yang berasal dari toko atau hasil beli melainkan pelet yang kita buat sendiri karena kandungan yang ada didalamnya bisa kita tentukan sendiri berbeda dengan pelet – pelet ikan yang berasal dari toko yang kadang lebih mempriotaskan kuantitas dari pada kualitas.

Kandungan Pelet Ikan Wajib

  1. Mengandung Protein

Protein mempunyai fungsi utama dalam pakan ikan yang berfungsi untuk membangun jaringan tubuh yang berasal dari metabolisme ikan, mengganti jaringan tubuh yang rusak dan membantu menyusun hormon serta enzim.

  1. Karbohidrat

Ini berfungsi untuk sumber energi pada ikan seperti halnya ikan tawes, gurame dan lainnya yang termasuk pada golongan ikan herbivora.

  1. Lemak

Lemak juga berfungsi sebagai sumber energi dan membantu daya apung ikan kepermukaan air. Untuk kandungan lemak yang baik berkisar 16% dari pakan ikan yang kita buat secara total.

  1. Mineral

Walau kebutuhan akan mineral tidak terlalu banyak namun sangat peting karena dapat membantu dalam proses metabolisme serta pertumbuhan jaringan. Bukan hanya itu tapi juga berfungsi untuk penumbuhan gigi, sisik, tulang dan membantu pernafasan.

  1. Vitamin

Karena ikan tidak bisa memproduksi vitamin sendiri maka vitamin disini sejatinya merupakan nyawa esensial yang hanya dipenuhi tubuh bagian luar pada ikan. Untuk itu penambahan vitamin dalam pakan yang dibuat itu sangat diperlukan.

Cara Membuat Ikan Pelet Sendiri

Nah itulah beberapa kandungan penting yang wajib kita tambahkan jika ingin membuat pelet ikan sendiri dan untuk cara membuatnya sendiri bisa kalian simak DISINI, caranya cukup mudah yang penting tahu takaran nya. Adapun pakan alternatif lain yang bisa kita berikan seperti keong emas, ikan rucah, belatung, limbah peternak unggas dan yang lainnya, semoga bisa bermanfaat.

loading...

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz