Cara Perawatan dan Memaster Burung Lovebird biar Juara

Penjelasan Lengkap Mengenai Perawatan Lovebird dari mulai Harian sampai Perawatan Lomba Sekaligus cara Memaster dan Setingan yang Benar dan Tepat

0
4232

Duniabinatang.org – Dalam merawat seekor burung memang wajib dilakukan karena jika burung yang kita miliki tidak dirawat bisa sakit dan mungkin mati. Walau burung yang kita miliki hanya burung peliharaan tanpa diikut sertakan dalam perlombaan atau yang lainnya apalagi jika burung tersebut akan diikut sertakan dalam perlombaan, bukan hanya perawatan melainkan juga pelatihan.

Khusus di artikel kali ini aku akan coba memberikan beberapa cara dalam perawatan pada burung lovebird. Sebelumnya kalian juga harus tahu beberapa macam burung lovebird yang ada karena terbagi menjadi beberapa jenis khususnya burung lovebird yang cocok untuk di ikut sertakan dalam perlombaan.

Macam – macam Lovebird Lomba

  1. Burung Lovebird Topeng

Burung Lovebird Topeng

Kenapa dinamakan lovebird topeng, karena mempunyai warna gelap pada bagian muka. Akan tetapi memiliki warna kuning pada bagian dada. Banyak yang mencari burung satu ini namun ada hal yang membingungkan dimana sulit dalam membedakan antara jantan dan betina.

  1. Burung Lovebird Blorok

Burung Lovebird Blorok

Ya dari namanya saja blorok, otomatis mempunyai warna yang unik dimana warna bulunya tidak dominan dengan satu warna tertentu. Adapun ciri burung lovebird yang perlu kalian ketahui diamana pada bagian sayap dan punggung memiliki kombinasi warna yang berbeda dan burung lovebird yang mudah dikenali adalah lovebird merah blorok dan lovebird parblue blorok.

  1. Burung Lovebird Lutino

Burung Lovebird Lutino

Burung yang satu ini memiliki warna yang dominan kuning pada bagian tubuhnya dan merah pada bagian leher dan kepalanya. Lovebird jenis ini juga sering diikut sertakan dalam lomba terutama untuk lomba kecantikan warna dan kicauan. Untuk cirinya sendiri sudah jelas dimana burung lutino memiliki warna dominan kuning dan merah bahkan ada juga yang warna merahnya sampai dada.

  1. Burung Love Bird Madagaskar

Burung Love Bird Madagaskar

Lovebird ini termasuk pada lovebird paling kecil, walau tidak termasuk pada burung paling kecil namun lebih kecil dari burung sejenisnya. Burung ini juga sangat mudah dikenali karena memiliki kombinasi warna hijau dan abu- abu.

  1. Burung Lovebird Parblue

Burung Lovebird Parblue

Ya burung lovebird ini memang memiliki warna yang sebagian biru dan untuk warna bulu kepala biasanya kontras, selain itu burung ini juga berwarna kuning, putih atau orange dan untuk penamaan burung sendiri diambil dari akronim partial dimana burung ini mempunyai warna yang sebagian biru.

  1. Burung Lovebird Batman

Burung Lovebird Batman

Lovebird batman ini cenderung memiliki warna yang gelap yaitu abu – abu dan putih. Ya memang tidak semuanya gelap karena memiliki warna putih namun kebanyakan penggemar menyebutnya lovebird batman. Apalagi jika sudah dewasa maka akan terlihat dibagian sayapnya mempunyai warna hitam pekat.

  1. Burung Lovebird Violet

Burung Lovebird Violet

Burung lovebird ini memiliki warna biru keunguan dan umunya memang disebut dengan warna violet. Warna violet ini memang menjadi ciri khas burung yang satu ini dan bisa kita lihat terutama pada bagian tubuhnya terutama pada sayap yang ujungnya berwarna hitam.

  1. Burung Lovebird Biola

Burung Lovebird Biola

Lovebird yang satu ini termasuk dalam kategori sable, memiliki warna kepala yang merah pekat namun karena mengalami mutasi sehingga warna bulunya terutama pada bagian kepala menjadi terlihat terang serta bersih. jika ada Lovebird biola yang memiliki warna merah di kepala maka tubuhnya akan berwarna hijau dengan sedikit sentuhan warna kuning.

  1. Burung Lovebird Olive

Burung Lovebird Olive

Lovebird yang satu ini juga termasuk pada salah satu burung lovebird yang berwarna hijau. Warnanya sendiri tergolong dalam double dark green jadi memang sangat mudah dalam mengenali burung yang satu ini karena memiliki warna hijau yang sangat tua pada bagian dada, sayap, punggung sampai ujung ekor.

  1. Burung Lovebird Dakocan

Burung Lovebird Dakocan

Ini merupakan salah satu lovebird yang dihasilkan dari perkawinan silang, ada lovebird dakocan original, hijau dan biru. Suara yang dikeluarkan sangat bagus bahkan bisa ngerol serta gacor dan memang memerlukan perawatan yang exstra.

Itulah 10 burung yang memang banyak digemari serta memang merupakan burung yang sering diikut sertakan dalam perlombaan. Masih banyak jenis lovebird lainnya yang juga suka diikut sertakan dalam perlombaan. Tapi ingat kita juga harus bisa membedakan lovebird jantan dan betina karena itu berpengaruh pada suara yang dimiliki burung lovebird.

Dalam membuat burung siap untuk dilombakan maka perlu yang namanya perawatan. Banyak sekali perawatan yang perlu dikaukan mulai dari perawatan semenjak anakan, harian bahkan sampai perawatan ketika akan dilombakan. Untuk itu aku akan memberikan beberapa cara perawatan yang memang wajib kalian ketahui.

Cara Merawat Anakan Lovebird

Cara perawatan yang akan aku singgung kali ini mengenai cara perawatan pada anakan lovebird yang masih berumur 2 – 3 bulan.

Dalam merawat anakan lovebird sebernarnya tidak terlalu rumit bahkan bisa dikatakan cukup mudah yang penting telaten. Adapun hal – hal penting dalam merawat anakan lovebird seperti dibawah ini :

  • Kebersihan kandang harus selalu terjaga
  • Pemberian pakan yang harus diperhatikan seperti halnya veor
  • Metode mandi yang harus disesuaikan

3 hal di atas merupakan yang paling penting dalam sebuah perawatan lovebird anakan bahkan mungkin termasuk pada burung jenis lainnya juga. Biasakan untuk selalu bersentuhan langsung pada burung anakan agar bisa lebih akrab lagi.

Semakin dini kita melakukan perawatan dan melakukan kontak langsung dengan burung maka semakin dekat pula burung dengan kita. Ketika burung sudah berusia 3 bulan maka pakan yang diberikan bisa berupa milet dan itu wajib untuk diperhitungkan.

Cara Perawatan Harian Lovebird

Perwatan harian memang merupakan hal utama ketika kita memiliki burung, jangan sampai dibiarkan begituh saja.

  • Kita mulai dari pagi hari dimana burung kita angin – anginkan terlebih dahulu sekitar pukul 07.00 selama 30 menitan.
  • Ketika burung sedang diangin –anginkan kita juga bisa membersihkan kandang  dari berbagai kotoran yang menempel.
  • Mandikan burung dengan cara di semprot dan sebelumnya keluarkan dulu pakan yang ada dalam kandang agar tidak tercampur dengan air ketika sedang dimandikan.
  • Setelah selesai dimandikan selanjutnya tinggal jemur dengan kurun waktu 1 jam atau benar – benar sampai kering.
  • Sebelum dijemur diamkan dulu burung yang masih basah kuyup sampai airnya turun semua untuk menjaga bulu menjadi pecah ketika sudah kering.
  • Setelah burung dijemur dan kering maka selanjutnya tigal di angin- anginkan terlebih dahulu dengan diberikan EF berupa kangkung segar atau jagung.
  • Kemudian bisa dilanjutkan dengan pemberian suara master agar suara ngekeknya semakin panjang dan berkualitas.
  • Kerodong kembali burung pada pukul 04.00 sore dan bisa juga sambil diperdengarkan suara masteran dengan suara yang lirih.
  • Sedikit tambahan yang perlu kalian perhatikan terutama dalam pemberian EF karena tidak semua burung lovebird suka dengan EF yang kita berikan. Perhatikan EF mana yang disukai oleh burung tersebut, bisa berupa kangkung, jagung, kecambah dan kacang panjang.

Mungkin itulah cara perawatan harian yang singkat yang bisa kalian lakukan, yang penting dilakukan dengan telaten karena itu bisa membuat burung lebih nyaman dan mudah dalam melatih burung jika ingin diikut sertakan dalam perlombaan. Jika burung ingin diikut sertakan dalam perlombaan maka ada juga perawatan khusus yang bisa diberikan.

Perawatan Lovebird Sebelum Lomba

Ingat sebelum melakukan perawatan untuk lomba kita harus melakukan perawatan harian karena jika perawatan harian tidak diperhatikan jangan sampai berpikir mudah dalam melakukan perawatan untuk burung yang akan lomba apalagi ingin menang.

Jika perawatan harian burung sudah diperhatikan dengan baik maka tidak akan sulit untuk melakukan perawatan lovebird yang akan dilombakan dan dibawah ini adalah perawatan burung yang akan di ikut sertakan dalam perlombaan yang dapat dilakukan 7 hari sebelum lomba.

  • Sedirikan burung jangan sampai melihat ataumendengar suara lovebird lainnya dan ini merupakan hal yang paling penting.
  • Berikan EF biji – bijian sekitar 2 atau 3 hari sebelum perlombaan dilaksanakan agar staminanya terjaga dan bertambah.
  • Jika sudah mendekati perlombaan atau satu hari sebelum lomba maka jangan jemur lovebird dengan waktu yang lama cuku dengan 20 menitan.
  • Berikan EF berupa kangkung segar 1 atau 2 jam sebelum burung digantang (dilombakan)

Nah itulah perawatan singkat pada burung lovebird yang akan di ikut sertakan dalam perlombaan dan untuk perawatan lainnya sama dengan apa yang dilakukan pada perawatan harian yang biasa dilakukan. Dalam melakukan perawatan ada yang namanya pemasteran, dalam melakukan pemasteran juga ada cara tersendiri. Jika penasaran bisa kalian ikuti cara pemasteran burung lovebird dibawah ini.

Pemasteran Lovebird Ngekek Panjang

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memaster burung loverbird ini bahkan bisa juga kalian berikan pemasteran semenjak burung masih anakan.


  1. Cara Memaster Lovebird Anakan

Kebanyakan pencinta burung lovebird akan melakukan pemasteran semenjak lovebird masih anakan yang bertujuan jika besar nanti akan lebih fasih dalam berkicau bahkan bisa dengan mudah untuk bisa ngekek panjang.

Waktu yang paling bagus untuk memberikan pemasteran pada lovebird anakan ketika masih berumur 1 – 3 bulan. Karena burung yang masih anakan daya rekamnya masih sangat tinggi dan memorinya masih kosong.

Jika anakan masih bersama induknya maka jangan sampai masteran yang kita berikan terlihat oleh induknya karena bisa membuat indukan marah dan memicu pertengkaran. Akan tetapi jika sudah terpisah dengan induk berikan pemasteran dengan burung disimpan pada tempat yang agak gelap atau sediakan ruangan khusus.


  1. Cara Memaster Lovebird Dewasa

Walau kita sudah memberikan masteran pada lovebird yang masih anakan tapi bukan tidak boleh dilakukan setelah dewasa karena melanjutakan akan lebih baik dari pada memulai.

Adapun waktu – waktu terbaik yang bisa kalian gunakan dalam memberikan pemasteran untuk lovebird yang sudah dewasa.

  • Pagi hari di jam 06.00 – 08.00
  • Siang hari di jam 11.000 – 12.00
  • Sore hari di jam 16.00 – 18.00

Dan untuk malam hari bisa kita istirahatkan secara total untuk fit dimaster keesokan harinya. Untuk teknisnya bisa dengan cara burung dikerodong dan ditempatkan pada tempat yang tenang atau jauh dari kebisingan. Perdengarkan suara masteran dengan volume yang kecil atau lirih tapi masih bisa terdengar dengan jelas.

Oke itulah cara pemasteran untuk lovebird mulai dari anakan sampai dewasa yang tentunya dapat kalian ikuti untuk bisa mendapatkan burung yang suaranya bagus serta ngekek panjang. Simak juga suara lovebird kawin DISINI.

Ada yang terlewat, kita juga harus memperhatikan makan yang diberikan pada lovebird agar menghasilkan suara ngekek panjang yang berkualitas dan ini adalah beberapa makanan yang bisa kalian berikan untuk lovebird.

Makanan Lovebird Berkualitas

Makanan – makanan ini merupakan makanan khas yang memang disukai oleh lovebird bahkan bisa menunjang lovebird ngekek panjang dengan mudah dan berkualitas.

  • Milet Putih dan Merah

Burung ini memang sangat gemar makan milet dan biji – bijian. Tapi kita juga harus memperhatikan takaran dalam pemberian pakan tersebut jangan sampai berlebihan karena itu juga tidak terlalu baik, bisa mengakibatkan obesitas atau kegemukan.

  • Biji Kenari atau Kanarium Memmum

Biji kenari ini sering juga disebut canary seed, ya biji ini mempunyai beberapa zat yang memang dipercaya mampu menyegarkan tubuh, menambah stamina serta spirit dan yang paling penting lagi bisa mengobati atau mengatasi suara burung yang serak dan macet.

  • Biji Oat atau Avena Sativa

Biji ini sangat bermanfaat untuk memulihakan burung yang sedang sakit dan bisa menggemukan burung yang memang terlihat kurus.

  • Jagung Manis

Usahakan untuk memberi jagung yang manis karena memang sangat disukai oleh lovebird. Jagung ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta menambah kekuatan ototnya.

  • Kecambah atau Toge

Kecambah ini memang berfungsi untuk menambah stamina dan membuatnya lebih sehat, aktif dan akan menjadi lebih gacor lagi.

  • Buah Apel Merah

Ini sama seperti kecambah yang memang mampu menambah stamina pada lovebird tapi berbeda dengan apel yang berwarna hijau.

  • Kangkung

Manfaat kangkung sangat banyak bahkan mempunyai gizi yang lumayan tinggi dan memang dipercaya dapat meningkatkan birahi. Berikan daunnya karena batang mempunyai kadar air yang tinggi sehingga dapat mudah membusuk.

Itulah beberapa makanan yang memang banyak digunakan oleh pencinta lovebird dalam memberikan pakannya. Selain itu kita juga harus pintar – pintar dalam menyeting lovebird agar bisa maksimal.

Settingan Lovebird Muda

  • Memberikan pakan yang tepat

Silahkan berikan pakan yang tepat agar nutrisi serta gizi yang didapat oleh lovebird bisa terpenuhi. Untuk pakannya sendiri bisa kalian lihat di atas beberapa makanan yang memang cocok untuk lovebird. Berikan pakan yang bervariasi supaya burung tidak kegemukan dan jangan lupa berikan juga EF yang dibutuhkan dan untuk pemberian buah – buahan cukup dilakukan 1 kali dalam seminggu.

  • Mandikan lovebird samapi basah kuyup

Ini memang umum dilakukan pada burung dengan semua jenis karena dapat meningkatkan stamina dan membuatnya lebih rajin untuk berbunyi. Mandikan burung dengan cara di semprot sampai basah kuyup diwaktu pagi (06.30 – 07.00) jika burung sudah terlihat basah kuyup maka tinggal lakukan penjemuran selama 1 jam yang kemudian diangin – anginkan selama 10 menit. Dilanjut pada siang hari pukul 12.00, semprot kembali sampai basah kuyup dan jemur sampai kering dan pastikan aman dari gangguan.

  • Jaga kebersihan dan kesehatan pada kandang

Menjaga kebersihan meruapakn hal penting dalam mearawat burung, jika kandang bersih maka burung akan terjaga kesehatannya dan tidak mudah terkena penyakit. Selain itu berikan juga multivitamin yang cukup agar bunyinya bisa maksimal

Itulah setingan yang bisa kalian lakukan dalam membuat lovebird bisa ngekek panjang dan memang siap untuk diikut sertakan dalam perlombaan serta siap menjadi juara.

3 Video Lovebird Juara

Itulah beberapa video yang memang merupakan lovebird juara. Bisa kalian lihat burung – burung diatas memang berkualitas dan perlu untuk diacungi jempol.

Contoh Lovebird Untuk Lomba

Bisa kalian lihat sendiri beberapa video di atas, video tersebut merupakan video – video dari lovebird yang memang berkualitas bahkan juara. lovebird diatas bisa juga merupakan contoh lovebird yang siap untuk dilombakan.

Nah itulah beberapa cara dalam melakukan perawatan pada burung lovebird agar bisa menjadi juara, mulai dari perawatan harian, perawatan sebelum lomba bahkan sampai pakan yang cocok diberikan untuk lovebird. Simak juga cara ternak lovebird DISINI, semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- cara master lovebird - lovebird olive juara - memaster lovebird - cara merawat anakan lovebird untuk lomba - cara merawat lovebird dakocan - jenis burung lovebird - cara merawat burung labet biar jadi juara - setingan lovebird sebelum lomba - cara merawat burung lovebird olive - foto burung lovebird jawara -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz