Panduan Ternak Lovebird yang Benar untuk Pemula

0
4517

Duniabinatang.org – Beternak burung lovebird memang merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Karena aku lihat sekarang semmakin banyak saja orang yang melirik dan tertarik dengan burung yang satu ini, mulai dari warna bulu yang dimiliki sampai suara ngekeknya yang panjang sehingga bukan hal aneh lagi jika banyak orang yang memburunya.

Jadi jangan sampai kita menyia – nyiakan kesempatan ini apalagi bagi kalian yang juga suka dengan burung lovebird. Selain memelihara tentunya bisa juga mengembangbiakkannya untuk dijual dan memang bisa menghasilkan uang tambahan, hehe

indukan burung lovebird

Memang seorang peternak itu mempunyai cara khusus dalam mengembangbiakan hewan ternaknya, tapi untuk kali ini aku akan coba untuk memberikan cara ternak lovebird yang umum dilakukan namun berhasil.

Tujuan Beternak atau Breending Burung Lovebird

Jelas tujuan awal pasti ingin mengembangbiakan dan kedepannya bisa kita jual atau pelihara sebanyak mungkin bahkan bisa dikatakan juga penangkaran burung lovebird. Ya dengan kita beternak lovebird itu merupakan salah satu usaha agar keberadaan burung tersebut tidak punah dan hilang dari peradaban.

Selama kita bisa mengapa tidak karena untuk burung lovebird masih dibebaskan untuk siapa saja yang ingin memelihara dan mengembangbiakannya berbeda dengan burung – burung yang memang sudah langka seperti halnya cendrawasih sehingga tidak sembarang orang bisa memeliharanya bahkan ikut mengembangbiakan.

Selain itu banyak juga yang bertujuan untuk mendapatkan lovebird yang lebih berkualitas lagi. Biasanya dengan cara coba – coba dalam arti mengawinkan 1 burung dengan beberapa burung atau sering disebut dengan poligami.

Namanya juga usaha, palagi jika kita sudah mendapatkan indukan yang berkualitas serta juara bukan tidak mungkin semakin banyak anakan yang berkualitas juga karena dihasilkan dari indukan yang juara.

Dalam beternak juga kita harus memperhatikan antara jantan dan betina yang cocok dan memang berkualitas, tidak sembarang memilih jantan atau betina agar anakan yang dihasilkan juga bisa berkualitas.

Pemilihan Jantan dan Betina

Bagi kalian yang masih belum mengenal betul burung lovebird tapi ingin beternak lovebird jangan khawatir dengan bagaimana cara memilih jantan dan betina yang bagus. Dibawah ini adalah beberapa cara yang perlu kalian lakukan agar bisa mendapatkan jantan dan betina yang bagus.

  1. Ciri Lovebird Jantan Siap Berkembangbiak
  • Jika burung sudah sering menggesek- gesekan pantatnya ketempat tangkringan maka sudah dipastikan segera ingin dikawinkan dengan betina.
  • Mempunyai ukuran supit yang lebih kaku atau keras.
  1. Ciri Lovebird Betina Siap Berkembangbiak
  • Kedua sayap yang dimiliki sering direntangkan dan bulu ekor di angkat ke atas. Hal ini menandakan burung tersebut sudah ingin dan siap untuk dikawinkan.
  • Pilihlah betina yang ukuran supitnya lebar serta lentur

Selain itu kita juga harus bisa memperhatikan usia produktif dari burung lovebird, jangan sampai kita bingung dengan burung tersebut karena tidak mau kawin atau bertelur padahal burung tersebut sudah masuk usia dimana tidak bisa memproduksi lagi.

Sama halnya dengan manusia, jika sudah tua jarang sekali orang yang bisa hamil dan melahirkan walau memang ada juga yang sudah berumur tapi tetap bisa hamil dan itu merupakan kuasa tuhan.

Untuk itu kita juga harus pintar dalam menentukan dan memilih usia yang tepat untuk mengawinkan burung lovebird. Jangan juga terlalu muda karena biasanya telur yang dihasilkan tidak sempurna bahkan tidak akan menentas.

Usia Produktif Burung Lovebird

  • Lovebird jantan sudah siap memproduksi ketika sudah berumur 8 bulan
  • Lovebird betina sudah siap memproduksi ketika sudah berumur 1 tahun

Kalau untuk batasannya itu tergantung pada burung tersebut ada yang lebih lama ada juga yang pendek mungkin bisa juga karena pemberian vitamin atau nutrisi yang kita berikan selama masih produktif. Bahkan ada juga yang usianya masih dalam batas produktif namun tidak bisa bertelur dikarenakan virus yang menyerang tubuhnya.

Untuk itu jangan sampai kita menyepelekan perawatan untuk lovebird terutama perawatan harian yang memang wajib dilakukan untuk mencegah burung tersebut terkena penyakit dan terjaga kesehatannya sehingga tidak ada masalah.

Jika kita sudah bisa mendapatkan jantan dan betina yang bagus serta usianya sudah masuk masa produktif maka tinggal menentukan atau menjodohkan burung tersebut. Ingat burung juga kadang tidak suka dengan perjodohan yang kita lakukan sehingga kita dianjurkan untuk peka dengan hal tersebut atau ditambah dengan tekhnik khusus sehingga yang tadinya tidak berjodoh menjadi jodoh.

Cara Perjodohan yang Benar

Dalam menjodohkan burung lovebird bisa dilakukan dengan cara didekatkan dulu antara jantan dan betina dalam satu sangkar. Jika mereka malah bertengkar atau acuh bisa dipisahkan terlebih dahulu biarkan sendiri dan kesepian.

Jangan lupa mandikan, jemur dan berikan EF dengan porsi lebih dari biasanya agar birahinya keluar dan memuncak sehingga ingi kawin. Jika burung sudah merasa kesepian dan ingin kawin yang ditandai dengan ciri khusus maka tinggal satukan lagi  dan secara otmatis akan langsung kawin.

Jika sudah kelitan berjodoh maka biarkan mereka kawin dan biasanya hasil dari perkawinan tersebut akan bisa kita lihat 3 – 10 hari kedepan. Sedangkan untuk masa inklubasi atau mengeram bisa berlangsung selama 22 hari bahkan lebih dan selama burung mengeram jangan ada yang mengganggu.

Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur

Ada beberapa hal yang bisa mengakibatkan burung lovebird susah atau lambat untuk bertelur diantaranya:

  • Seorang penangkar tidak tahu persis umur indukan yang cocok untuk di kawinkan sehingga memang sulit untukbertelur dan untuk indukan sendiri bisa kalian pilih yang sudah berumur 8 – 12 bulan.
  • Dikarnakan burung lovebird ini mempunyai kemiripan yang susah dibedakan antara betina dan jantan atau sering disebut juga monomorfik seksual maka ada kemungkinan kita menyimpan 2 lovebird satu jenis kelamin dalam 1 sangkar sehingga sampai kapanpun tidak akan menghasilkan telur.

Untuk itu kita juga harus bisa membedakan anatara lovebird jantan dan betina atau bisa juga kita minta bantuan orang lain yang memang sudah ahli dalam hal tersebut untuk menghindari perjodohan 1 jenis kelamin.

  • Mungkin burung betina yang digunakan merupakan betina semi-klep dalam arti merupakan persilangan antara lovebird klep dengan non-klep.

Adapun hal – hal lain yang dapat kita lakukan agar burung cepat bertelur seperti dibawah ini:

  • Gunakan lampu full spectrum pada kandang penangkaran

Lampu ini sangat bermanfaat sebagai pengganti matahari apalagi kandang tersebut minim cahaya matahi yang masuk.

  • Bisa dengan menempatkan burung dengan pasangan lain pada satu ruangan

Ini juga merupakan salah satu cara yang dapat kalian lakukan, jadi lovebird bisa kita tempatkan pada satu ruangan bersama pasangan lainnya dan satu kandang sehingga suara dari pasangan lain akan memancing burung untuk cepat kawin.

  • Gunakan kota sarang yang cocok dan tepat

Ya jangan sampai kita menggunakan kotak dengan ukuran kecil sehingga membuat burung kesempitan. Masukan juga beberapa serutan kayu bersih kedalam sarang dengan ketebalan 2,5 cm dan biasanya burung akan mengatur sendiri ketebalan seritan tersebut dengan cara dibuang.

  • Mengatur pola makan burung

Ya ini merupakan hal yang wajar dalm setiap penangkaran burung dan memang biasanya di ubah dengan pakan yang bisa lebih mendongkrak birahi burung seperti penambahan pemberian EF.

  • Menambahkan suplemen khusus

Ini membantu burung dalam meningkatkan birahinya dan mampu menjaga telur sampai menetas dan dalam keadaan sehat. Karena jika burung bertelur dalam keadaan yang kurang fit maka akan berpengaruh pada telur itu sendiri dan bisa – bisa tidak menetas.

Proses Pengeraman Telur Lovebird

Setelah proses bertelu berjalan dan menghasilkan maka selanjutnya kita juga harus memperhatikan proses pengeraman dan selama proses ini biasanya kita disarankan untuk tidak menggangu. Burung akan bertelur pada kotak atau glodok yang sudah disediakan dan biasanya berisi 4 – 5 telur. Dengan demikian burung dalam keadaan normal dalam memproduksinya.

Indukan lovebird akan mengeraminya ketika telur sudah keluar semua dalam tubuh betina dan untuk lama pengeramannya sendiri berkisar 22 – 25 hari.

Ketika telur tersebut sudah menetas maka kita juga harus bisa dalam memberikan makanan pada anakan lovebird tersebut jangan sampai salah dan mengakibatkan sesuatu hal yang tidak diinginkan. Makanan yang diberikan juga tidak sembarangan dan ada racikan khusus apalagi bagi anakan lovebird yang masih piyik.

Makanan Indukan dan Anakan Lovebird

Ketika lovebird masih anakan atau piyik maka bisa dengan cara dilolohkan dengan menggunakan tangan kita sendiri atau dengan alat suntik yang sudah diberikan selang khusus atau di sepet dan makanannya juga ada racikan khusus.

Racikan untuk Pakan Anakan Lovebird

  • Beras merah yang berasal dari bubur bayi
  • Pelet atau veor fancy yang memang disediakan untuk lovebird
  • Tepung jagung
  • Biji – bijian yang memang suka dimakan oleh lovebird yang bisa diberikan ketika sudah besar

Untuk cara pembuatannya bisa kalian simak dibawah ini :

  • Campurkan bahan diatas dengan air secukupnya dan memang hangat kuku
  • Aduk sampai rata serta halus
  • Jika sudah rata dan halus tinggal diberikan dan dilolohkan pada anakan lovebird

Itulah makanan anakan yang memang bisa kita buat sendiri, jika masih ada sisa bisa disimpan dalam kulkas dan ketika akan diberikan lagi campur kembali dengan air hangat kuku dan aduk sampai rata. Jangan sampai diberikan dengan keadaan yang keras serta dingin karena itu akan menyulitkan burung dalam menelan makanannya.

Jika diantara kalian masih ada yang kebingungan dengan cara meloloh anakan lovebird bisa simak langkah – langkah di bawah ini dan memang perlu ketelitian jangan sampai berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan  juga ujung – ujungnya tidak baik apalagi pada burung lovebird yang masih piyik atau anakan.

Cara Meloloh Anakan Lovebird
  • Persiapkan dulu peralatan yang akan digunakan sepertihalnya suntikan, selang, beras merah atau pakan yang memang sudah diracik untukmeloloh anakan lovebird
  • Berikan makanan tersebut dengan cara diloloh dengan agak cair sampai burung berumur 3 minggu.
  • Suntikan diisi dengan pakan secara penuh dan biasanya anakan lovebird bisa menghabiskan 2-3 suntikan penuh.
  • Jangan lupa bersihkan mulut anakan lovebird dari sisa pakan yang tidak masuk kemulut.

Nah itulah cara dalam melolohkan pakan pada anak lovebird, oya ada yang hampir lupa dimana kita juga jangan sampai mengabaikan keberadaan kandang. Kandang yang baik akan memudahkan dan membantu burung lovebird dalam berkembangbiak dengan normal. Mulai dari ukuran, kebersihan sampai penempatan kandang yang tepat.

Contoh dan Pembuatan Kandang yang Baik untuk Lovebird

Kandang untuk lovebird mempunyai beberapa macam, mulai dari kandang biasa, kandang koloni, kandang untuk ternak, kandang untuk lovebird lomba dan kandang untuk lovebird mandi. Namun dikarenakan kali ini aku sedang membahas tentang ternak lovebird maka yang akan dibahas mengenai kandang ternak lovebird.

Untuk kandangnya sendiri bisa juga kita dapatkan dipasaran karena ada juga yang memang khusus menjual kandang burung. Untuk ukurannya sendiri bisa dengan lingkaran 33 cm, tinggi 5 cm sampai 75 cm dan memang bisa juga digunakan untuk umbaran satu ekor lovebird bahkan bisa juga untuk perjodohan 2 – 3 ekor lovebird didalamnya.

Kandang seperti ini memang sering digunakan untuk perjodohan sekaligus peternakan. Untuk kandang lovebird yang sudah jadi biasanya dibandrol dengan harga Rp. 50.000 – Rp. 170.000 bahkan bisa lebih tergantung dengan bahan yang digunakan.

Untuk kandangnya sendiri bisa kalian beli di pasaran atau di tempat – tempat khusus penjualan kandang bahkan bisa juga pesan dengan ukuran dan kriteria khusus dan tentunya dengan harga yang berbeda dari pada biasanya.

kandang burung lovebird

kandang burung lovebird

kandang burung lovebird

Jika kalian ingin membuatnya sendiri untuk kandang lovebird tentunya bisa dan mungkin dapat meminimalisir badget yang ada. Caranya juga cukup mudah dan tidak terlalu ribet atau memerlukan keahlian khusus.

Bahan untuk membuat kandang lovebird

  • Sobekan kertas atau serutan kayu
  • Toilet roll
  • Bamboo strip
  • Kayu dan triplek
  • Paku dan palu
  • Meteran atau penggaris

Cara pembuatan kandang lovebird

  • Ukur kayu dan triplek dengan ukuran yang sesuai atau diperlukan dan kemudian di potong
  • Masukan gulungan toilet kedalam sangkar
  • Masukan juga sobekan kertas atau serbuk kayu kedalam

Simpel dan mudah, bentuknya jangan terlalu ribet yang penting ukuran sesuai dan ada tempat atau kotak khusus untuk lovebird bertelur yang diisi dengan serbuk kayu atau kertas atau kota tersebut bisa juga kita ganti atau gunakan bekas tisu toilet seperti yang aku sebutkan diatas. Pokonya jangan sampai kotak tersebut kekecilan karena itu akan menyulitkan burung untuk bertelur bahkan bisa jadi bertelur dimana saja. Tapi jika ingin dipercantik lagi juga bisa itu tergantung pada kreatifitas masing-masing.

Nah itulah panduan ternak burung lovebird yang memang bisa kita lakukan dengan cara yang benar apalagi bagi kita seorang pemula. Bisa juga kita belajar terlebih dahulu pada orang yang memang sudah ahli dan lama terjun di bidang peternakan burung khususnya lovebird.

Setelah kita bisa beternak lovebird jangan sampai kita melupakan lovebird yang berkualitas agar semakin banyak orang ingin mendapatkan lovebird dari peternakan yang kita miliki. Jadi setidaknya kita juga harus merawat lovebird agar menjadi juara. Bahkan itu bisa kita jadikan indukan untuk menghasilkan anakan yang juara juga dan tentunya berkualitas.

Oke mungkin sampai disini dulu artikel yang aku bahas kali ini, cukup panjang dan memang ini juga masih kurang karena masih banyak yang belum dijelaskan atau bahkan kurang jelas. Jika kalian penasaran dan masih ada yang bingung dengan apa yang aku jelaskan di atas maka bisa dengan mengisi kolom komentar dan tuliskan pertanyaan yang ingin kalian tanyakan, sesegera mungkin akan aku jawab jika memang aku mengetahuinya karena berbagi ilmu itu penting, semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- ternak lovebird pemula - cara ternak lovebird yg benar - perawatan lovebird ternak - cara ternak lovebird pemula - https://www duniabinatang org/cara-ternak-lovebird-untuk-sukses/ - perawatan ternak lovebird - panduan ternak lovebird - perawatan harian lovebird ternak - perawatan harian ternak lovebird - ternak lovebird di dalam ruangan -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz