Faktor Penyebab Jalak Suren Stress dan Macet Bunyi

0
240

Duniabinatang.org – Bagi kamu pencinta burung jalak suren apakah pernah mengalami yang namanya burung stress dan macet bunyi? Pastinya hal itu pernah terjadi dan kadang kita sebagai pemilik merasa kesulitan dan kebingungan untuk mengatasi hal tersebut dan yang ada malah katanya juga ikutan stres dalam menghadapi hal seperti ini.

penyebab jalak suren stress dan macet bunyi

Untuk itu sebenarnya kamu jangan terlalu khawatir, karena disini aku akan coba membahas tentang faktor – faktor penyebab jalak suren stres dan macet bunyi berikut dengan cara mengatasinya. Sebenarnya hal ini saling berhubungan, dimana jika burung jalak suren sedang stres maka dia akan macet bunyi. Sehingga bisa disimpulkan bahwa stress bisa mengakibatkan macet bunyi dan hal utama yang dilakukan adalah mengatasi stress yang terjadi pada burung jalak suren.

Penyebab Burung Jalak Suren Menjadi Stress

Sebelum mengatasi stress yang terjadi pada jalak suren, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang bisa menyebabkan jalak suren menjadi stress sehingga macet bunyi.

  1. Terlalu seringnya mengganti sangkar, dengan alasan update sangkar dengan yang terbaru dan kekinian atau apalah itu. Padahal itu bisa membuat burung menjadi stress karena harus selalu adaptasi dengan lingkungan barunya.
  2. Burung sering dikagetkan oleh pemiliknya, entah itu di sengaja atau tidak. Karena hal itu bisa membuat jantungnya berdebar kencang, atau bisa juga diakibatkan oleh seringnya memindahkan sangkar secara tiba – tiba dan itu juga mengagetkan burung jalak suren.
  3. Sangkar sering jatuh dan banyaknya gangguan dari hewan lain yang bisa bikin burung menjadi stress.
  4. Burung sering dimarahi dengan kata – kata kasar dan keras, mungkin karena tidak mau bunyi dan seringnya merokok di dekat burung.
  5. Burung sering dimandikan secara paksa, seperti menggunakan air langsung dari keran bukan menggunakan semprotan. Karena alirannya cukup deras. Serta bisa juga diakibatkan oleh pencabutan bulu secara paksa, kasar dan keras.

Dan masih banyak juga faktor lainnya yang bisa mengakibatkan burung jalak suren stress. Sehingga burung menjadi males atau macet bunyi. Untuk itu hindari hal – hal di atas dan coba lakukan beberapa hal dibawah ini untuk meminimalisir stress pada burung jalak suren sehingga mau berbunyi kembali.

Cara Mengatasi Burung Jalak Suren yang Macet Bunyi

Intinya untuk mengatasi burung jalak suren agar tidak stress ya jauhi hal – hal dia atas atau faktor – faktor yang bisa menyebabkan burung jalak suren menjadi stress. Salah satunya dengan jangan mengageti burung apalagi burung sedang tertidur, simpan di tempat yang aman dan jauh dari gangguan hewan lainnya. Rawat dengan baik – baik, lemah lembut dan jangan menggunakan kekerasan dan paksaan karena itu bisa menyebabkan burung menjadi stress bahkan mungkin mati.

So rawatlah burung yang kamu pelihara sebaik mungkin, karena jika kamu memeliharanya berarti ada tanggung jawab untuk merawatnya. Jika tidak mampu bisa dilepas kembali ke alam bebas atau berikan pada orang yang siap untuk memeliharanya. Jangan setengah – setengah karena itu bisa menyiksa burung yang kamu pelihara, semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- www penyebab stres pada burung jalak suren -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz