Faktor yang Menyebabkan Burung Merpati Tidak Mau Bertelur

1
6559

Faktor yang Menyebabkan Burung Merpati Tidak Mau Bertelur – Hai guys kalian semua tahu tidak apa penyebab burung merpati tidak mau bertelur? Pasti jawabannya bermacam – macam, karena banyak faktor yang bisa mengakibatkan merpati tidak mau bertelur. Diantaranya merpati betina yang bermasalah atau merpati jantan yang bermasalah tapi selain keduanya juga ada faktor ketiga yaitu faktor alam atau lingkungan, jangan dikira faktor lingkungan tidak bisa membuat merpati tidak mau bertelur. Maka dari itu agar kita tidak bingung dengan masalah apa yang sedang terjadi, mari kita cari tahu dengan seksama.

Baca Juga Terbukti Cara Ampuh ini Bisa Membuat Burung Merpati Giring Keras

merpati-tidak-mau-bertelur

Beberapa Penyebab Merpati Tidak Bertelur

  1. Karena Kurang Sehat

Sudah jelas jika merpati sedang sakit pasti akan males ngapa – ngapain apalagi untuk kawin atau berkembangbiak, nah solusinya silahkan pisahkan terlebih dahulu dan obati sampai sembuh, setelah sembuh dan pulih bisa disatukan kembali.

  1. Karena Lingkungan dan Perawatan Kurang

Burung merpati yang merasa nyaman dengan lingkungannya pasti ingin berkembangbiak dengan sendirinya serta dengan pakan yang cukup pula. Yang jadi pertanyaan jika merpati tidak mau bertelur, nah kalian juga harus memperhatikan lingkungan serta pakan yang dikasihkan karena kondisi serba tidak nyaman dan kekurangan pakan akan membuat merpati malas kawin sehingga tidak bisa bertelur.

  1. Karena Kurang Subur

Nah untuk masalah yang satu ini harus benar – benar diperhatikan, bisa saja kita melihat merpati sering kawin, lingkungan bersih dan nyaman tapi tidak kunjung bertelur. Jika ada juga telurnya selalu kosong berarti merpati tersebut mempunyai masalah dengan kesuburnanya.

Berikut ini adalah solusi mengatasi merpati yang kurang subur :

  • Biarkan merpati menyendiri terlebih dahulu dan jangan lupa dikasih makan, akan tetapi dengan gabah padi. Lakukan secara rutin dengan kurun waktu satu bulan, jangan lupa berikan grit serta kalsium yang cukup.
  • Selanjutnya coba kasih vitamin ayam petelur dan bisa kalian beli di penjual pakan ayam. Seperti ; Egg Stimulant, Ryomicin dan juga yang lainnya bisa kalian tanyakan di tempat pakannya atau kalian juga bisa memberikan multivitamin penyubur dan dilakukan selama 14 hari berturut – turut. Terakhir mandikan merpati selama 5 hari berturut – turt dan dijemur, hal ini dilakukan pada pagi hari untuk merangsang syaraf serta otot pada system reproduksi.

Baca Juga Obat Ampuh Untuk Mengobati Burung Merpati yang Terkena Tetelo

Cara Mengatasi Merpati Jantan yang Mandul

Selain merpati betina yang mengalami kesuburan, merpati jantan juga bisa mengalami hal tersebut, mungkin karena penyakit atau faktor usia yang menyebabkan tidak berproduksi lagi. Nah sekarang aku akan berbagi pengalaman mengatasi merpati jantan yang mandul.

  1. Bisa diberikan telor keong yang suka ada di pesawahan – perlu diketahui bahwa telor keong sawah juga mempunyai kandungan mineral yang cukup tinggi sehingga memang cukup baik untuk menstimulasi kesuburan pada burung merpati.
  2. Bisa diberikan makanan berupa kerang – karena kerang bisa membantu untuk mendapatkan kesuburan kembali. Mengapa demikian? Karena kerang mempunyai kandungan mineral dan protein yang cukup tinggi. Caranya bisa kalian kasihkan seujung jari kelingking saja setiap harinya dan dilakukan pada pagi serta sore hari. Jangan heran apabila bulu merpati menjadi

rontok karena itu merupakan hal yang wajar, makanya direkomendasikan bagi merpati yang sudah pacekan.

Gimana guys cukup simpel bukan, nah bisa juga kalian kasih air minum dari air kelapa agar semakin manjur, selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- cara membuat merpati giring setelah bertelur - merpati tidak bertelur - penyebab merpati tidak bertelur - ciri merpati betina yang cepat bertelur - merpati susah bertelur - obat merpati mandul - mengatasi merpati tidak bertelur - merpati betina susah bertelur - pakan merpati agar cepat bertelur - penyebab merpati balap tidak bertelur -

Leave a Reply

1 Comment on "Faktor yang Menyebabkan Burung Merpati Tidak Mau Bertelur"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
trackback

[…] Keuntungan dengan pakan tadi mungkin bisa lebih hemat namun kekurangannya adalah merpati tersebut dapat bertelur setiap 50 hari, jika dengan pellet maka 45 hari saja sudah bertelur. Baca penyebab mepati tidak bertelur. […]

wpDiscuz