Mengenal Jenis Iklan Lele Berserta Harga Pasarannya

0
421

Duniabinatang.org – Bukan hanya jenis kelaminnya saja yang perlu kita ketahui untuk membedakannya akan tetapi kalian juga harus bisa mengetahui jenis – jenis ikan lele yang ada di pasaran dan jenis ikan lele mana yang laku keras di pasaran Karena itu bisa kita jadikan target utama dalam memelihara dan mengembangbiakan ikan lele tersebut.

Jadi jangan sampai kita memelihara ikan lele habis – habisan tapi ternyata di pasaran tidak begitu laku kecuali memang kalian hanya hobby dan bukan untuk diperjualbelikan. Satu jenis ikan lele dengan jenis lainnya tentu mempunyai harga yang berbeda karena kualitasnya juga berbeda baik dalam segi kualitas daging atau dalam rasa itu sendiri.

Jenis – Jenis Ikan Lele

Di Indonesia sendiri ikan lele dikategorikan masuk dalam 2 spesies, yaitu Clarias Batrachus dan Clarias Gariepinus dan sampai sekarang masih belum jelas kenapa hal tersebut terjadi, ada yang mengatakan karena rekayasa genetik ada juga yang mengatakan terjadi secara alami. Sehingga melahirkan beberapa jenis lele yang ukuran dan warna yang berbeda – beda.

  1. Jenis Ikan Lele Lokal

Ikan Lele Lokal
Ikan Lele Lokal

Lele lokal juga terdapat beberapa spesies seperti halnya lele merah, belang dan hitam. Dalam lele lokal yang sering dibudidayakan oleh masyarakat yaitu lele hitam, karena cukup banyak di gemari oleh masyarakat luas sehingga pemasarannya juga sangat mudah. Berbeda halnya dengan ikan lele merah atau belang putih yang kebanyakan hanya di jadikan hiasan saja dan sangat jarang pula orang yang menginginkannya apalagi untuk di konsumsi. Hati – hati ikan lele lokal ini mempunyai patil yang cukup bisa kesakitan jika terkena patil tersebut dan hal itu terletak pada bagian siripnya.

  1. Jenis Ikan Lele Dumbo

Ikan Lele Dumbo
Ikan Lele Dumbo

Jenis ikan lele ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kalian, lele dumbo memang merupakan hasil perkawinan silang dari lele asal  Taiwan yang mempunyai nama “Clarias Fuscus” dengan lele asal daratan Afrika “Clarias Mosambicus”. Namanya juga dumbo, otomatis lele jenis ini mempunyai ukuran yang besar dari jenis lele lainnya dan yang lebih bagusnya lagi lele dumbo ini tidak mempunyai patil sehingga aman untuk dipelihara serta tidak suka membuat lubang sehingga aman jika kita pelihara di kolam tanah.

  1. Jenis Ikan Lele Phyton

Ikan Lele Phyton
Ikan Lele Phyton

Ikan lele phyton ini merupakan hasil perkawinan dari ikan lele asal Thailand dengan ikan lele lokal dan pertama kali dilahirkan di kabupaten Pandeglang Banten pada tahun 2004. Kenapa diberi nama phyton? Karena yang kita tahu phyton itu nama untuk ular, ya karena ikan lele ini menyerupai ular phyton. Mempunyai gerakan yang lincah dan yang paling penting jika dimasak rasanya tidak jauh berbeda dengan ikan lele lokal.

  1. Jenis Ikan Lele Sangkuriang

Ikan Lele Sangkuriang
Ikan Lele Sangkuriang

Untuk ikan lele yang satu ini merupakan hasil perkawinan dari lele dumbo generasi ke-2 dengan lele dumbo jantan keturunan ke-6 dan aku sendiri masih belum paham dengan yang satu ini karena hal ini merupakan hasil dari rekayasa genetik yang dilakukan oleh badan BBPAT. Nama sangkuriang sendiri diambil dari cerita legenda rakyat dan yang tidak kalah pentingnya lagi jenis lele ini bisa melahirkan telur sekitar 4 ribu – 6 ribu dalam sekali melahirkan.

Itulah beberapa jenis ikan lele yang banyak ditemui di Indonesia dan mungkin sekarang sudah ada jenis – jenis ikan lele baru yang tentunya dihasilkan dari hasil perkawinan lainnya atau rekayasa genetik lain. Ya hal itu bisa saja terjadi tapi tetap kita juga harus tahu jenis ikan lele apa yang banyak dan laku dipasaran agar tidak sia – sia dalam mengebangbiakannya kecuali hanya untuk peliharaan semata.

Namun kebanyakan orang yang memelihara ikan lele itu untuk di kembangbiakan dan dijual kepada pengepul dan bisa menghasilakn uang. Karena budidaya ikan lele juga merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan, bisa kalian coba sendiri.

Adapun yang tidak kalah penting dari hal – hal diatas seperti halnya seperti adanya jenis ikan lele yang tidak boleh dimakan atau sering disebut juga dengan ikan lele hias dan 4 jenis ikan lele di atas merupakan jenis ikan lele yang bisa dimakan. Diawah ini adalah jenis – jenis ikan lele hias yang perlu kalian ketahui.

Jenis Ikan Lele Hias

  1. Ikan Lele Kaca

Ikan Lele Kaca
Ikan Lele Kaca

Dari penampakannya saja sudah mewakili namanya, dimana jenis ikan lele hias yang satu ini transparan seperti halnya kaca sehingga disebut dengan lele kaca. Selalu berada di bawah air dan hidupnya bergerombol dan memang sangat cocok untuk dijadikan ikan hias.

  1. Ikan Lele Putih

Ikan Lele Putih
Ikan Lele Putih

Kalau untuk ikan lele putih ini tidak jauh berbeda dengan ikan lele yang enak untuk dimakan namun memiliki warna putih yang bagus dan akan terlihat bagus ketika masih keci, beda halnya jika sudah dewasa. Untuk itu banyak orang yang memelihara ikan lele putih ini dengan umur yang masih muda atau kecil dan masih banyak lagi jenis ikan lele hias lainnya.

Harga Ikan Lele

Setelah kita mengetahui berbagai jenis ikan lele baik itu ikan lele konsumsi atau ikan lele hias jangan sampai lupa untuk mengetahui harganya juga karena itu merupakan hal yang tidak kalah penting.  Harga yang dibandrol juga bermacam – macam bahkan dalam 1 jenis ikan lele bisa mempunyai beberapa harga mulai dari ikan lele kecil, sedang sampai besar dan biasanya orang lebih memilih bibit untuk dibesarkan dan dijual dibandingkan harus mengebangbiakannya sendiri, semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- harga ikan lele hias - harga lele putih - https://www duniabinatang org/jenis-iklan-lele-berserta-harga/ - lele putih - jenis jenis lele dan harganya - jenis macam warna lele dan harganya mahal - harga ikan lele putih - Harga lele merah - toko ikan lele kaca - ikan lele laku di pasaran dan harganya -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz