Hal – hal yang Wajib Dihindari Saat Melakukan Perawatan Pada Burung Kenari

0
85

Duniabinatang.org – Banyak orang berpikir kalau memelihara burung itu yang penting di kasih pakan dan minum secukupnya. Padahal di balik semua itu banyak hal lainnya yang perlu diperhatikan apalagi bagi burung kicau lomba. Tapi bukan berarti burung kicau biasa (bukan untuk lomba) tidak diperlakukan dengan baik dan sebagaimana mestinya melainkan memerlukan juga perawatan yang baik dan benar.

Bagi kamu yang suka merawat burung, apakah perawatan tersebut sudah benar atau hanya asal – asalan. Bahkan mungkin hal yang kamu lakukan bisa membuat burung menjadi stres dan bahkan mati, padahal niatnya merawat.

https://www.instagram.com/p/Bi06VvqgP6U/?tagged=kenari

Untuk menghindari hal tersebut maka aku akan sedikit berbagi pengalaman mengenai hal – hal yang tidak seharusnya dilakukan saat merawat burung. Karena jenis burung kicau banyak macam nya, maka disini aku ambil salah satu burung kicau yang terbilang mudah untuk di rawat jika dibandingkan dengan burung kicau lainnya. Yakni burung Kenari, dimana walau terbilang mudah namun ada juga kesalahan dalam merawatnya dan hal itu tidak disadari.

Kesalahan – kesalahan Saat Merawat Burung kenari

Ya, dibawah ini merupakan kesalahan – kesalahan yang mungkin telah terlanjur kamu lakukan saat merawat burung kenari. Mungkin karena faktor tidak tahu, atau sebenarnya tahu namun di biarkan karena efeknya tidak langsung terlihat.

  1. Jarang digantinya air minum burung kenari dan kebanyakan bukan diganti sama yang baru melainkan airnya ditambah karena tinggal sedikit lagi. Selain itu tempat minumnya jarang di bersihkan dan bahkan mungkin dibiarkan sampai berlumut, padahal itu tidak baik dan pastinya air tersebut juga sering ter-kontaminasi dengan pakan burung itu sendiri.

Jadi lebih baik ganti air minum burung dengan yang baru, baik itu habis atau masih ada sisa. Agar airnya fress dan seger serta tidak ter-kontaminasi pakan dan hal lainnya. Hal itu bisa membuat burung semakin sehat dan tidak rentan terkena penyakit.

  1. Pemberian pakan berupa EF atau sayuran yang kurang bersih, apalagi sayuran yang dibeli dari pasar dan langsung dikasihkan pada burung. Padahal itu tidak baik, selain kotor pastinya masih terdapat pestisida dalam sayuran tersebut. Selain itu, bekas nya jarang dibuang dan dibiarkan berserakan di kandang burung dan tercampur dengan kotoran yang kadang burung itu memakannya kembali ketika lapar.

Intinya kadang atau sangkar harus selalu dalam keadaan bersih, jangan membiarkan berkas pakan berserakan dan menyatu dengan kotoran apalagi kotoran burung dibiarkan sampai menumpuk dan menjadi gunung, hati – hati nanti bisa meletus. hehe

  1. Dalam hal penjemuran, burung yang jarang dijemur itu kurang baik atau jarang keluar ruangan. Tapi burung yang terlalu sering di jemur juga tidak terlalu baik. Untuk itu kamu perlu membagi waktu yang baik dan di sesuaikan dengan kondisi burung itu sendiri. Jangan sampai kekurangan dan jangan sampai juga berlebihan, termasuk waktu dan durasi penjemuran itu sendiri. Jangan juga kamu menjemur burung dan kemudian di masukan kedalam ruangan yang suhunya dingin, karena dari panas langsung ke dingin itu juga tidak terlalu baik, jadi bisa di gantang dulu pada teras rumah sambil di angin – anginkan.

Memang burung yang jarang dijemur bahkan tidak pernah di jemur bahkan menjadi lembab dan mudah terserang penyakit. Begitu juga dengan yang terlalu keseringan dijemur tidak baik juga buat kondisi birahi burung itu sendiri, apalagi di jemur nya di atas jam 10.00 pagi.

  1. Ada yang bilang kalau kuning telur sangat baik dan banyak manfaatnya buat burung kenari, memang itu benar namun jika kamu terlalu sering memberikan kuning telur juga tidak baik. Karena hal itu bisa mengakibatkan burung obesitas dan ketika sudah obesitas maka burung akan menjadi malas berbunyi. Simak juga cara membuat burung kenari rajin bunyi.
  2. Ketika burung kenari yang kamu miliki sudah gacor, maka jangan terus di kasih EF. Karena yang ada birahi burung menjadi sangat meningkat dan bisa membuatnya OD dan hal itu bisa merugikan kamu sendiri. Intinya jangan melakukan hal yang berlebihan tapi lihat dulu situasi dan kondisinya serta jangan terlalu memaksakan.

Pemberian EF yang tepat memang diperlukan, jangan sampai salah apalagi dalam hal takaran dan lihat juga situasi kan kondisi burung tersebut. Karena setiap burung walau itu satu jenis pastinya memiliki karakter yang berbeda walau pada umumnya sama.

https://www.instagram.com/p/Bi0p-Tclfr2/?tagged=kenari

Intinya kamu dituntut lebih baik, bijak dan berhati – hati lagi dalam hal merawat burung. Karena burung juga merupakan mahluk hidup yang perlu di rawat. Kecuali jika kamu tidak mau merawatnya maka biarkan terbang di alam bebas, karena itu memang merupakan habitat aslinya. Jadi jika dari awal kamu berniat memelihara burung maka harus siap dengan resiko nya termasuk dengan perawatan, bukan hanya pemberian pakan yang bagus dan mahal saja.

Jika kamu kebingungan dengan cara merawat burung kenari yang baik dan benar bisa kamu simak DISINI dan itulah beberapa hal yang wajib kamu perhatikan dan jangan sampai dilakukan, jika pun sudah terlanjur sebelum – sebelumnya jangan dilakukan lagi karena itu merupakan kesalahan dalam merawat burung kenari. Bukan hanya pada burung kenari saja tapi juga pada burung – burung jenis lainnya. Sebenarnya masih banyak hal yang wajib kamu perhatikan dalam merawat burung namun lima hal di atas yang sering kita temui di lapangan dan wajib untuk di tindak lanjuti, semoga bisa bermanfaat.

 

loading...

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz