Macam – macam Penyakit Merpati dan Cara Mengobatinya

0
1378

Macam – Macam Penyakit Merpati dan Cara Mengobatinya – Haii guys, siapa sih yang tidak tahu dengan burung yang satu ini. Ya sudah banyak orang yang memiliknya termasuk aku sendiri, namun dalam hal yang lainnya mungkin masih ada yang belum mengerti betul tentang burung merpati ini.

Burung merpati juga termasuk kedalam famili columbidae yang artinya memiliki banyak kerabat. Kalian tahu belum siapa saja?

penyakit-merpati

Ya kerabat burung merpati adalah burung puter, burung perkutut, burung tekukur dan yang lainnya. Burung merpati juga sama dengan burung atau mahluk hidup lainnya dimana mereka juga suka terkena penyakit. Banyak jenis penyakit yang suka hinggap pada burung merpati.

Baca Juga Ciri Khusus Burung Dara Berkualitas dan Bagus

Untuk itu di artikel kali ini aku akan memberikan informasi tentang beberapa penyakit yang ada pada burung merpati dan cara untuk mengobatinya.

  1. Penyakit yang berasal dari Virus
  • Pigeon Pox atau patek, ini merupakan virus yang suka menyerang bagian kulit atau selaput lendir. Virus ini juga hanya menyerang bagian yang luka saja seperti halnya lecet atau tergores dan penyakit ini bisa ditularkan melalui air liur yang bisa berpindah ketika makan bersama.

Untuk cara mengobatinyabisa kalian lakukan dengan cara exstrim seperti halnya membakar atau mengupas bagian yang luka. Tapi jika kalian tidak tega bisa juga dengan memberikan salep antiseptic yang dioleskan pada bagian yang luka atau dengan pemberian lemak reftil berupa potongan ekor cicak yang di potong sebesar biji jagung.

  • Newcastle atau penyakit tetelo, ini biasanya menyerang pada bagian saraf merpati. Cirinya bisa kita lihat dari merpati itu sendiri, biasanya merpati yang terkena penyakit tetelo akan gideg – gideng dan juga murung serta gerakannya seperti orang mabuk.

Untuk cara mengobatinya dengan cara pemberian gizi dan harus memberikan makan dengan cara dilolohkan, karena merpati yang terkena penyakit tetelo cenderung tidak mau makan. Kemudian cabuti bulu – bulu yang ada pada bagian leher agar bisa melihat bagian darah yang mengendap (bintik berwarna hitam) kalian tusuk dengan menggunakan jarum yang steril dan jangan lupa gunakan antiseftic sesudahnya (betadine). Terakhir berikan obet Mertigo ½ tablet perharinya agar bisa mengihalnkan pusing.

  1. Penyakit yang berasal dari Bakteri
  • E-Coli, ini merupakan bakteri yang bisa menyerang semua jenis binatang termasuk merpati dan bisa dikatakan paling banyak ditemukan pada burung merpati. Penyebab munculnya bakteri E-coli bisa diakibatkan oleh sanitasi yang jelek serta kondisi kandang, tempat makan dan minum yang tidak terawat.
  • Paratyphoid, ini merupakan bakteri yang sangat menakutkan atau bisa dikatakan juga penyakit uci – uci dimana akan sulit dikenali jadi bisa dikatakan berbahaya. Penyakit ini juga ditandai dengan sendi bahu jadi membengkak, sayap akan terkulai dan biasanya menyerang melalui hati, ginjal dan usus yang mengakibatkan merpati jadi kurus dan bisa sampai mati. Bakteri ini biasanya menyerang pada merpati muda, jadi jika menemukan hal ini sesegera mungkin untuk memisahkannya dengan yang lain agar tidak menular
  1. Penyakit yang berasal dari Protozoa
  • Trichomoniasis atau Goham, ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit bersel tunggal. Biasanya akan ditemukan pada bagian mulut serta tembolok, ditandai dengan banyaknya air liur yang dikeluarkan oleh merpati dan jika sudah parah maka akan muncul warna kuning pada bagian tenggorokan dan jika dicium berbau tidak enak

Untuk cara mengobatinya dengan pemberian obat antibiotik sepertihalnya Carnidazole, Metronidazole dan yang lainnya yang pemberiannya bisa disesuaikan atau bisa juga dengan pemberian obat tradisional seperti jahe merah dan kunyit yang diparud hingga halus dan airnya dispetkan pada merpati yang bisa kalian lakukan 1 hari 2 kali, selanjutnya perawtan yang baik

Baca Juga Obat dan Cara Mengobati Burung Dara yang Sakit

Masih banyak penyakit – penyakit lain yang menyerang burung merpati, seperti halnya :

  • Yang berasal dari parasit (cacing gelang, cacing pita, cacing rambut)
  • Yang berasal dari kutu (Mites, Lice, Pigeon Fly)

Akan tetapi untuk sekarang dicukupkan sekian dulu dan nanti akan kita bahas di artikel – artikel selanjutnya. Ya itulah beberapa macam penyakit burung merpati yang bisa kalian obati juga dengan mengguanakn cara tradisional, terimakasih dan semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- penyakit pada merpati dan cara mengobatinya - penyakit burung dara - obat macamburung metpayo - obat burung merpati patek - mikroba penyakit merpati - macam macam merpati sakit - Jenis Penyakit pada merpati dan cara pengobatan - jenis penyakit merpati dan pengobatanya - jenis penyakit merpati dan cara mengobatinya - peyakit kulut pada merpati dsn cara pengobatanya -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz