Masalah yang Sering Terjadi Pada Burung Cendet dan Cara Mengatasinya

0
107

Duniabinatang.org – Banyak Pencinta burung yang jatuh cinta dengan burung cendet karena memiliki suara yang keras dan gacor serta dapat dengan mudah menirukan suara jenis burung lainnya. Tapi jangan salah, ternyata burung cendet juga kadang suka membuat frustasi pemiliknya oleh berbagai masalah yang timbul atau yang di alamai oleh burung cendet ini.

banyak juga masalah yang timbul dari burung cendet ini, akan tetapi masalah ini sebenarnya terjdi bukan karena ulahnya melainkan ulah kita sebagai pemilik burung tersebut yang berawal dari perawatan. Kadang pemilik burung tidak teralu memperhatikan perawatan yang harus dilakukan untuk membuat burung selalu nyaman dan sehat. Namanya juga dari alam bebas di alihkan ke dalam ruang lingkup yang kecil jadi perlu perawatan exstra agar tetap baik serta bagus dan yang paling penting sehat.

pict by : tipsburung.com

Bukan hanya faktor perawatan saja yang berpengaruh terhadap masalah yang timbul melainkan juga karena usia burung yang sudah tidak produktif lagi. Adapun beberapa masalah yang ditimbulkan oleh burung cendet seperti dibawah ini.

Masalah Pada Burung Cendet dan Cara Mengatasinya

  1. Burung Cendet Jarang atau Macet Berbunyi

Untuk yang satu ini sebelumnya sudah aku bahas lebih dalam dan bisa kamu cek DISINI. Banyak penyebab burung cendet tidak mau bunyi salah satunya sedang mengalami mental yang drop atau burung sedang masuk masa mabung dan juga yang lainnya.

Cara Mengatasi

Untuk cara mengatasinya bisa dengan memandikan burung di malam hari dengan cara di semprot tapi jangan sampai basah kuyup atau bisa juga dengan pemberian EF yang porsinya ditambah dari yang biasa diberikan guna membangkitkan birahi yang tertidur.

  1. Burung Cendet Menjadi Lebih Galak

Burung cendet yang tadinya baik dan penurut berubah menjadi galak dengan suka mematuk atau menggigit tangan kita ketika dipegang atau saat membersihkan kandangnya. Biasanya hal itu terjadi karena burung sedang memasuki masa kawin sehingga birahinya menjadi naik atau bisa juga karena jarang dimandikan dan dijemur.

Cara Mengatasinya

Untuk cara mengatasinya coba kamu berikan tambahan EF yang semula hanya diberikan 2 – 3 ekor bisa kamu tambahkan menjadi 4 – 6 ekor per harinya. Jarang dijemur bisa membuat cendet galak tapi jangan juga dijemur secara berlebihan, maksimal 2 jam per harinya dan untuk mandinya bisa dilakukan 3 kali per hari (hanya ketika burung cendet menjadi galak).

  1. Burung Cendet Menjadi Kurang Gacor

Hati – hati, banyak pencinta burung cendet yang lebih mengutamakan suara bagus tanpa memperhatikan mentalnya. Ingat suara yang bagus harus dibarengi dengan mental yang kuat agar burung benar- benar siap untuk di tandingkan. Sehingga banyak burung cendet yang hanya bunyi jika ditempat sepi dan diam jika ditandingkan karena mentalnya lemah.

Cara Mengatasinya

Untuk membuat burung cendet menjadi lebih gacor memang faktor utamanya adalah perawatan, sehingga harus lebih diperhatikan lagi dalam segi perawatan seperti :

  • Mengangin – nganginkan burung pada jam 07.00 – 08.00 di teras rumah yang kemudian dilanjutkan dengan memandikan burung. Jangan lupa juga untuk diangin – anginkan kembali sebelum di jemur dibawah matahari.
  • Bersihkan selalu sangkar burung dan sering mengganti air minum serta pakan dengan yang baru (jangan menambah yang ada). Jangan lupa juga berikan EF berupa jangkrik yang disimpan dalam wadah atau cepuk (jangan diberikan secara langsung).
  • Berikan pemasteran pada burung cendet yang bisa dilakukan pada pukul 10.00 – 15.00, baik dengan suara burung cendet juara atau dengan suara jenis burung lainnya yang sama – sama juara.
  • Setelah pemasteran selesai maka istrihatkan terlebih dahulu, setelah itu angin – anginkan kembali diteras rumah sambil diberikan 2 ekor jangkrik pada wadah yang telah disediakan.
  • Terakhir masukan burung kerumah dan jangan lupa di kerodong dan bisa sambil diberikan masteran sampai besok pagi.
  1. Burung Cendet Sering Melakukan Salto

Banyak pencinta burung cendet yang menemukan burungnya sering melakukan salto, kelihatannya memang bagus. Burung terlihat lebih aktif dan kita terpukau melihatnya, namun dibalik semua itu bukan hal yang bagus untuk burung yang sering melakukan salto. Karena itu akan membuatnya kurang maksimal dalam mengikuti perlombaan dan burung salto ini salah satunya karena sedang mengalami over birahi.

Cara Mengatasinya

  • Kamu mandikan burung cendet pada malam hari dengan cara disemprot tapi jangan sampai basah kuyup.
  • Tambahkan tangkringan dan bisa dibuat menyilang atau ditata sesuai keinginan dan berikan karet atau tali pada tangkringan tersebut.
  • Pindahkan burung pada kandang yang lebih besar dan kurangi pemberian EF agar birahinya menjadi normal. Berikan pakan alami seperti orong – orong, belalang hijau dan yang lainnya.
  1. Burung Cendet Sering Loncat – loncat

Burung cendet yang sering loncat – loncat bukan hanya disebabkan sedang emngalami over birahi, karena bisa juga burung sedang dalam keadaan banyak kutu. Jika karena over birahi bisa dilakukan hal – hal pada poin 4, tapi jika loncat – loncat karena kutu bisa dengan cara dibawah ini. Bukan hanya loncat – loncat akan tetapi burung cendet yang terkena kutu juga suka mencabuti bulunya.

Cara Mengatasinya

Mandikan burung dengan rebusan daun sirih, untuk cara pembuatannya sendiri cukup mudah hanya dengan menyediakan 5 – 10 lembar daun sirih, 1 sendok kapur sirih yang kemudian dimasukan kedalam 2 liter air. Rebus sampai mendidih dan diamkan sampai dingin, setelah itu baru di semprokan ke burung yang terkena kutu sampai basah kuyup dan bersih dari kutu.

  1. Burung Cendet Sering Nagntuk dan Lemas

Hati – hati, jika burung cendet kamu selalu terlihat lemas dan suka mengantuk maka besar kemungkinan sedang terkena penyakit cacingan. Berat badan menjadi turun, bulu terlihat kusam dan suka muntah – muntah. Jangan biarkan hal itu berlanjut dan kita sebagai pemilik harus tanggap dalam mengatasi hal tersebut.

Cara Mengatasinya

  • Berikan obat combantrin sebesar biji beras yang dilakukan selama 3 hari berturut – turut dan jangan dikasih makan selama setengah hari. Lihat setelah tiga hari dan biasanya cacing akan keluar melalui dubur atau fases. Bisa juga menggunakan obat cacing burung kicau yang bisa kamu dapatkan di toko atau apotek hewan.
  • Bisa juga dengan menggunakan obat alami dari sayuran atau buah – buahan seperti wortel, kelapa, akar delima, kulit mangga, biji pepaya, daun pepaya, putri malu, bawang putih, krokot, biji lamorto, biji jeruju dan bangle. Untuk cara penggunaanya sendiri bisa dengan cara langsung diberikan kepada burung cendet atau di rebus terlebih dahulu dan diambil serta diberikan airnya.
  1. Burung Cendet Sering Mengembangkan Bulu dan Ngeleper

Jika burung sedang dalam keadan kurang fit atau kurang sehat maka biasanya bulu – bulu yang ada pada tubuhnya akan mengembang, bisa disebabkan karena kurangnya nutrisi yang masuk serta suhu yang terlalu dingin. Bukan hanya itu, kadang burung cendet juga suka ngeleper dimana sering menggetar – getarka sayapnya yang terkadang disertai dengan suara ngak ngek ngok. Hal ini juga terjadi karena kurangnya asupan nutrisi atau gizi yang belum terpenuhi. Burung cendet yang suka ngeleper itu biasanya terjadi pada cendet yang masih muda, kalau yang sudah tua biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Cara Mengatasinya

  • Berikan EF lebih dari biasanya dan untuk pemberian veor bisa dicampur dengan veor ikan lele atau veor ayam.
  • Kerondong burung cendet semalaman atau bisa diberikan terapi mandi malam sesekali agar kondisinya cepat pulih
  • Berikan penjemuran yang lebih dari biasanya dan lakukan secara teratur

Nah itulah beberapa masalah yang sering terjadi pada burung cendet yang mungkin kamu semua belum tahu, untuk itu jangan terlalu khawatir jika hal itu terjadi. Hadapi dengan tenang dan segera lakukan penanganan yang sesuai dan bisa kamu ikuti beberapa cara untuk mengatasinya seperti yang sudah aku jelaskan di atas. Akan tetapi mencegah lebih baik daripada mengobati, untuk itu jaga terus kondisi burung kita dan lakukan perawatan semaksimal mungkin guna menghasilkan kualitas burung yang lebih bagus, semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- cara memberikan bawang putih pada burung toet - cendet gampang lemas - donload suara burung cicak ijo - masalah cendet yang loncat sana sini - mengatasi cendet yang suka ngeleper -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz