Cara Jitu Merawat dan Mengatasi Cendet Salto

0
2590

Seperti pada janji aku di artikel sebelumnya bahwa akan membahas tentang cara mengatasi burung cendet salto di next artikel maka di artikel kali inilah pembahasannya. Masalah burung cendet salto merupakan hal yang lazim terjadi pada burung yang satu ini dan itu memang merupakan karakter burung tersebut.

Adapun beberapa karakter dari burung cendet selain salto dan merupakan hal – hal yang harus kalian perhatikan dan pelajari jika ingin memelihara burung cendet.

burung cendet

Karakter atau masalah yang sering muncul pada burung cendet

  1. Burung cendetbisa menjadi giras atau sering disebut dengan Gila Salto
  2. Burung bisa menjadi galak dan memang sulit untuk kita jinakan
  3. Burung bisa stress dan kalau sudah sters biasanya akan males untuk bebunyi apalagi gacor.

Penyebab Burung Cendet Salto

  1. Dikarenakan karakter alami atau bawaan dari burung cendetdimana mereka selalu mencari mangsa dengan melakukan berbagai acrobat sehingga terbawa suasana.
  2. Bisa juga dikarenakan burung sedang sters
  3. Pemberian pakan yang berubah dari biasanya
  4. Burung mengalami gangguan pada keseimbangan tubuhnya

Cara Mengatasi Burung cendet Salto

  1. Coba tambahkan beberapa tenggeran dalam sangkar untuk mengurangi kebiasaan burung salto.
  2. Kurangi makanan EF berupa kroto, jangkrik dan lainnya
  3. Mandikan burung minimal 2 kali sehari agar selalu segar dan coba untuk mengurangi masa penjemuran (jangan terlalu lama).
  4. Jika burung salto setelah kita merubah cara perawatan maka coba untuk mengembalikannya pada perawatan seperti biasanya.
  5. Kerodong burung dalam sangkar seharian penuh setelah mandi dan penjemuran.

Nah itulah penyebab dan cara mengatasi burung cendet yang suka salto. Hal demikian memang kadang membuat pemilik merasa khawatir dengan keadaan burungnya. Maka dari itu jangan sampai kita membiarkannya begituh saja. Adapun hal lain yang bisa kita lakukan selain mengatasi burung salto, ya sebelum hal itu terjadi alangkah lebih baik melakukan pencegahan agar tidak terjadi.

burung cendet salto

Cara Mencegah Burung cendet Salto

  1. Dengan cara mencoba meminimaliasir agar burung tidak stress
  2. Jangan berikan makanan EF yang berlebihan agar pakan atau asupan nutrisi seimbang.
  3. Sekali – kali berikan multivitamin berupa OrBird yang bisa membantu burung dalam mengatasi stress
  4. Setelah burung dimandikan dan di jemur jangan lupa untuk langsung di kerodong apalagi jika kita mempunyai peliharaan burung baru.

Ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati. Jadi tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk mencegah cendet supaya tidak melakukan salto dengan cara dan langkah di atas. Tapi jika terlanjur salto apa boleh buat dengan kita harus menanganinya.

Yang jelas agar burung tidak salto dan stress harus diberikan perawatan yang bagus dan memang bisa membuat burung selalu nyaman dengan apa yang kita lalukan dan tentunya juga dapat membuat burung selalu gacor dan memiliki suara cendet yang istimewa.

Perawatan Rutin Burung cendet Agar Tetap Gacor

  1. Pagi sekitar jam 07.00 angin – anginkan burung selama ½ jam dan kemudian mandikan, bisa dengan cara di semprot atau di masukan kedalam keramba khusus untuk burung mandi.
  2. Kemudian jemur burung sekitar 1-2 jam dengan catatan tidak melihat burung sejenis.
  3. Selalu bersihkan kandang burung serta ganti pakan berupa veor dan air yang bersih.
  4. Pemberian EF yang teratur sesuai kebutuhan dan jangan sampai berlebihan serta jangan memberikan EF langsung dari tangan kita melaikan simpan pada cepuk yang telah disediakan agar burung tidak jadi manja.
  5. Pada sore hari tepatnya jam 15.30 burung bisa kita angina –anginkan kembali di teras rumah dan dimandikan jika merasa perlu.
  6. Berikan juga 2 pada cepuk yang telah di sediakan.
  7. Malam hari tepatnya pukul 18.00 burung bisa kita kerodong kembali dan diberikan masteran selama burung istirahat sampai pagi hari.

Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan dalam perawatan burung cendet terutama pada pemberian EF berupa kroto, cacing dan jangkrik jangan sampai berlebihan dan jika burung terlihat over birahi maka hentikan dulu pemberian EF atau porsinya dikurangi.

Ya pemberian EF memang berguna untuk membuat burung cendet selalu berbunyi gacor tapi pemberian EF yang berlebihan juga tidak baik bisa – bisa burung malah males untuk berbunyi. Adapun langkah yang bisa kalian lakukan jika burung cendet macet bunyi.

Cara Mengatasi Burung cendet Macet Bunyi

  1. Embunkan burung pada setiap pagi hari secara rutin yang bisa dilakukan mulai jam 04.30
  2. Berikan burung cendetrendaman air jahe yang di tumbuk.
  3. Coba berikan terapi unthulan agar mentalnya bisa bangkit kembali
  4. Bisa juga dengan memberikan terapi mandi malam.

Nah itu adalah cara mengatasi burung cendet yang macet untuk berbunyi dan sebelumnya juga kalian harus tahu apa penyebab burung cendet menajdi macet bunyi agar bisa mengatasinya terlebih dahulu sehingga tidak perlu repot – repot melakukan pengobatan atau terapi seperti di atas.

Penyebab Burung cendet Macet Bunyi

  1. Burung sering merasa terancam atau ketakutan
  2. Burung telah memakan serangga yang beracun
  3. Burung kekurangan birahi sehingga lemas untuk berbunyi

Jadi kalian coba untuk tidak membuat burung mengalami hal – hal tersebut. Jadi burung akan tetap rajin berbunyi dan tidak stress. Apalagi kalau sudah stress berat itu sangat mengkhawatirkan sekali bisa-bisa menyebabkan hal yang tidak kita inginkan. Simak juga di next artikel cara perawatan harian cendet.

Oke mungkin itulah beberapa cara jitu yang bisa kalian lakukan dalam mengatasi hal – hal yang suka terjadi pada burung cendet. Terakhir aku punya cara jitu untuk membuat burung cendet menjadi jinak dan tidak giras (salto).

Cara Membuat Burung cendet Jinak

Jika kita mendapatkan burung cendet yang giras maka hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan Terapi Mandi yang merupakan salah satu perawatan untuk burung cendet dimana burung dimandikan dan simpan dalam sangkar tanpa dikasih makan dan minum terlebih dahulu. Jika burung sudah terlihat kelaparan maka coba untuk meberikan EF berupa jangkrik yang bisa kita berikan dengan bantuan lidi jangan sampai menggunakan tangan, jika masih tetap tidak mau makan coba untuk ditarik ulur sampai burung tersebut memakannya, dengan demikian burung akan merasa ketergantungan dengan kita apalagi ketika lapar, tapi ingat jangan terlalu berlebihan yang bisa mengakibatkan cendet jadi manja.

Langkah selanjutnya dengan posisi penmpatan sangkar dimana kita coba terlebih dahulu dengan menggantangkan burung pada tempat yang tidak terlalu ramai orang dan secara perlahan didekatkan dengan khalayak ramai sampai burung benar –benar bisa dekat dan tidak takut untuk kita dekati, semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- mengatasi cendet salto - cendet salto - cara mengatasi cendet salto - cara merawat cendet salto - cara mengatasi pentet salto - mengatasi cendet giras dan salto - pentet salto - cara mengatasi cendet giras - perawatan pentet salto - cara merawat burung cendet -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz