Obat dan Cara Mengobati Burung Dara yang Sakit

0
9969

Obat dan Cara Mengobati Burung Dara yang Sakit – Haii guys, bagi kalian para pencinta burung dara atau merpati sudah pada tahu belum penyakit – penyakit yang suka nempel atau bersarang pada burung merpati dan bagaimana cara mengobatinya bahkan harus tahu juga obat apa yang cocok saat merpati terkena penyakit.

Banyak orang yang tidak tahu, ya kebanyakan orang yang tidak tahu adalah  orang – orang yang hanya memelihara burung dara dalam sangkar dan tidak pernah atau tidak mau ikut dalam perlombaan. Karena tidak jarang orang hanya ingin memeliharanya saja karena ingin selalu mendengarkan suaranya.

burung-dara-sakit

Ya itu tidak salah, tapi jangan lupa perhatikan juga kesehatan burung tersebut jangan sampai mati karena keteledoran kita, setidaknya kalau kita sudah usaha dan tetap mati mungkin itu sudah takdirnya.

Baca Juga Cara Merawat Bulu Merpati yang Rusak

Contohnya saja seperti ini, jika kalian melihat burung dara yang tiba – tiba tidak fit dan ditandai dengan tembolok membengkak, bulu kepala berdiri dan posisi burung dara terlihat seperti bola dalam arti murung.

Nah, itu tandanya burung dara tersebut terkena penyakit dan harus sesegera mungkin kalian atasi agar tidak berkelanjutan dan bisa kalian pastikan dengan menekan temboloknya, jika ada yang keluar seperti gas serta berbau maka sudah dipastikan burung tersebut terknea penyakit Sour Crop dan biasanya akan sering muntah, banyak minum, beraknya berwarna hijau,  serta akan kelihatan kurus mungkin karena makanan yang dimakan susah untuk dicerna.

Nah, untuk cara penanganannya bisa kalian ikuti cara dibawah ini :

  1. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit utama yang suka bersarang pada burung dara, sehingga kalian harus melakukan reverse tubing dan draining technique.
  2. Kalian coba puasakan atau jangan dulu dikasih makan selama kurang lebih 1 hari full. Tapi jangan terlalu dipaksakan apalagi merpatinya sudah terlanjur kurus sekali.
  3. Tidak boleh menyediakan minum atau makan dalam kandang isolasi.
  4. Kalian juga bisa kasihkan obat seperti ini :
  • 1 tetes nystatin 2 x sehari
  • Trimecyn 1 kali sehari, dan
  • Metronidazole 100mg 1 x sehari.
  1. Jika tadinya merpati kalian puasakan maka selanjutnya coba kasih makanan cair yang bisa dibuat dari makanan bayi sebanyak 5 – 10ml. Kalian simpan dan lihat setelah kiranya 8 jam, jika masih ada dalam temboloknya maka diamkan saja sampai esok hari.
  2. Jika keesokan hari kalian lihat masih ada ditembolok, maka bisa kalian ulang kembali dengan memberikan tambahan seperti (air, gula dan sedikit garam) cukup 5ml saja. Setelah temboloknya menipis maka bisa dikasihkan kembali makanan cair dan ulangi selama satu minggu.
  3. Jika sudah mendingan, kalian coba untuk memberikan jagung kembali. Masih belum mau makan? Ya bisa kalian lolohkan dengan menggunakan tangan dan jangan lupa dikasih minum.

Baca Juga Ciri Khusus Burung Dara Berkualitas dan Bagus

Nah itulah cara menangani merpati yang sakit dan sebenarnya masih banyak juga penyakit yang menyerang burung dara atau merpati seperti halnya, mata sakit, terkena tetelo dan yang lainnya serta bisa juga mengobatinya dengan obat – obat tradisional. Untuk hal – hal tersebut bisa kalian buka – buka kembali di web ini karena sudah aku bahas sebelumnya, terimakasih dan semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- obat tradisional merpati sakit - obat tradisional untuk merpati sakit - obat alami untuk merpati sakit - obat merpati sakit - jamu merpati sakit - obat alami merpati sakit - cara mengobati merpati sakit mata - obat tradisional untuk merpati yang sakit - obat mata merpati tradisional - obat burung dara sakit -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz