Peluang Usaha Beternak Merpati Balap dan Tinggian Dengan Metode Terbaru

0
1949

Peluang Usaha Beternak Merpati Balap dan Tinggian Dengan Metode Terbaru – Haii, guys, kalian buka artikel ini pasti ingin tahu tentang cara beternak merpati tinggian dengan menggunakan metode terbaru, iya kan? Hehe,,

Ya, pada intinya mau beternak merpati balap, tinggian, hias, kolongan dan yang lainnya itu sama saja, hal yang akan dituju pasti ingin mendapatkan burung merpati yang mempunyai kualitas bagus. Akan tetapi banyak juga hasil ternakan yang tidak sesuai dengan keinginan. Ya memang tidak semua yang berasal dari indukan bagus akan menghasilkan anakan yang bagus juga.

ternak-merpati

Dalam melakukan ternak merpati memang banyak hal yang harus diperhatikan, kali ini aku akan fokuskan pada merpati balap dan tinggian. Kalian harus tahu bahwa hal terbesar yang mempengaruhi anakan merpati adalah gen atau sifat bawaan dari indukan merpati itu sendiri.

Baca Juga Tips Mengetahui Karakter Burung Merpati dan Warna Bulunya

Maka dari itu kali ini aku akan mengajak kalian semua untuk mengguanakn cara terbaru dalam ternak merpati yaitu “genetic breending” diamana merupakan pengumpulan sifat – sifat indukan yang mempunyai kualiats bagus dan diharapkan bisa menurunkan pada anak – anaknya kelak dan tidak semudah itu karena ada beberapa hal yang harus kalian lakukan.

Hal atau tahapan yang harus kalian lakukan adalah :

  1. Tahapan Cross Breed

Cros breed sendiri merupakan perkawinan silang antara merpati yang tidak memiliki hubungan atom dan darah yang sangat jauh dan merupakan tahap awal yang akan menentukan indukan. Burung yang akan dipilih tentunya burung yang sudah teruji kualitasnya baik itu dari lapangan maupun keturagan agar hasil yang didapatkan tidak jadi sia – sia.

Kita ambil contoh merpati jantan (A), betina (B) dan adik betina B (B2), setelah itu kalian pasangkan anakan dari hasil perkawinan Crossbreed dan kalian pilih yang mempunyai karakter dan kualitas yang bagus. Bisa kalian coba mengambil anakan pertama dan kasih inisial misalnya jantan (AB1).

  1. Tahapan Inberd

Ini merupakan perkawinan darah yang sangat dekat, misalnya ibu dengan anak, anak dengan bapa atau anak dengan anak. Selanjutnya mengawinkan antara anakan jantan (A+B1) dengan betina (B).

Nah pada tahap ini biasanya merpati tidak memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga kadang bisa menghasilkan anakan yang cacat dan kita coba ambil dengan inisial A+B+B1.

  1. Tahapan Line Breed

Tahapan ini merupakan diaman perkawinan yang dilakukan memiliki hubungan yang tidak terlalu dekat dan tidak terlalun jauh juga. Seperti halnya, paman dengan ponakan, cucu dengan kakek dan yang lainnya. Pada tahapan ABB1 bisa kita kawinkan dengan bibinya. Oke aku ambil yang dari indukan betina misal adiknya (Bb).

Setelah itu aku ambil anakan (ABB1+B2b) Jantan dan sudah dipastikan bisa dipakai serta mempunyai gen yang kuat dengan jalur Trah B (B).

  1. Tahapan Cross Breed 2

Setelah kita dapatkan anakan line breed maka bisa langsung mengcross dengan merpati betina yang memang tidak sedarah.

Baca Juga Cara Beternak Merpati Kolong Juara

Nah, itulah cara ternak merpati tinggian dan balap dengan mengguanakan metode terbaru. Untuk kedepannya mungkin bisa membahas tentang cara ternak merpati kipas, merpati king serta yang lainnya dan bisa melakukan ternak dikandang untuk burung dara atau merpati ini, terimakasih dan semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- harga merpati kipas sepasang - hasil kawin silang merpati - kawin silang merpati balap - perkawinan silang merpati - Cara kawin silang merpati - Merpati ternak - perkawinan silang merpati balap dg kolong - foto merpati balap - Tip perkawinan burung balap dengan nurng tinggi - Jenis merpati betina utk kawin silang -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz