Penting !! Ketahui Siklus Bertelur dan Siklus Giring Pada Merpati Anda

0
8996

Penting !! Ketahui Siklus Bertelur dan Siklus Giring Pada Merpati Anda – Hai guys mungkin diantara kalian ada yang tidak begitu memperhatikan siklus bertelur dan giring yang terjadi pada burung merpati. Hal ini sangat penting kalian ketahui agar nantinya bisa tahu dan bisa mengkondisikan hal tersebut. Dimulai dari giring keket dimana merpati jantan suka mengejar – ngejar merpati betina ketika akan bertelur dan ini merupakan proses yang wajar. Perlu kalian ketahui juga kalau tingkat giring setiap merpati sangat  berbeda, seperti pada merpati hias, merpati POS dan merpati lainnya. Tapi yang akan aku bahas kali ini tentang merpati balap.

Baca Juga Penyebab dan Cara Mengobati Burung Merpati Muntah dan Berak Hijau

siklus-giring-merpati

Kita mulai dari siklus yang normal

Mengapa aku bilang normal, karena siklus ini khusus terjadi pada merpati yang normal – normal saja (tidak dimainkan) hanya berkembangbiak saja. Nah Berikut ini adalah susunan atau siklus yang terjadi pada merpati normal.

Berjodoh – Kawin – Giring – Bertelur – Mengeram – Beranak

Untuk lebih jelasnya mari aku jelaskan satu persatu

  1. Berjodoh – untuk masalah jodoh memang siapa yang tahu, merpati yang sudah beranjak dewasa pasti akan mulai mencari jodohnya sendiri. Jika memang sudah menemukan dan merasa cocok mereka akan langsung mencari tempat untuk kawin atau bisa kita sediakan tempatnya. Selain mereka mencari jodoh sendiri kita juga bisa ikutan mencarikan jodoh untuk merpati dengan beberapa cara yang bisa dilakukan.
  2. Kawin – siapa sih yang tidak mau kawin, mungkin hanya yang tidak normal saja, hehe. Setelah merpati berjodoh maka biasanya akan langsung melakukan perkawinan dan berlangsung sampai merpati betina bertelur.
  3. Giring – Setelah perkawinan selesai maka ada hal unik yang memang sering terjadi dimana merpati jantan akan mengejar – ngejar merpati betina. Proses ini berlangsung selama 4 s.d 5 hari dan inilah yang disebut dengan merpati giring.
  4. Bertelur – Seperti yang aku bilang tadi bahwa merpati akan giring kurang lebih 5 hari, setelah giring selesai maka merpati betina akan bertelur (setelah kawin yang pertama).
  5. Mengeram – Nah setelah merpati selseai bertelur maka akan langsung di erami sampai telur menetas. Ada yang unik saat merpati mengerami telur, kalau aku perhatikan ternyata merpati jantan dan betina suka bergantian dalam mengerami telurnya. Merpati jantan pada pagi dan sore hari sedangkan merpati betina pada siang dan malam hari, proses ini berlangsung kurang lebih selama 19 s.d 22 hari.
  6. Beranak – Jika sudah habis masa mengerami (19-22hari) maka telur merpati akan menetas dan keluarlah merpati piyik, nah sang induk akan memberikan makanan selama 28 hari dan kesananya makan sendiri.

Baca Juga Faktor yang Menyebabkan Burung Merpati Tidak Mau Bertelur

Setelah semua proses dilalui maka akan kembali lagi ke proses sebelumnya, nah ada juga siklus yang berbeda pada merpati mainan (merpati balap dan lainnya). Berikut ini adalah siklus yang terjadi pada merpati yang suka dimainkan ;

Berjodoh – Kawin – Giring – Bertelur – Mengeram – Cabut Telur

Kita bisa melihat dari siklus diatas pada dasarnya sama akan tetapi ada yang sedikit berbeda dari proses mengeram yang berlanjut pada cabut telur, untuk lebih jelasnya mari kita bahas.

  • Mengeram – Untuk merpati normal dalam proses mengeram biasanya berlangsung sekitar 19 – 22 hari, tapi bagi merpati yang suka dimainkan prosesnya cukup cepat hanya berlangsung sekitar 7 hari. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan stamina merpati agar siap untuk dimainkan kembali.
  • Cabut Telur – Seperti yang aku bilang tadi bahwa merpati mainan cukup mengerami telur selama 7 hari, karena kalau sudah 7 hari telurnya kita cabut, kandangnya di bersihkan kembali dan biarkan merpati giring lagi.

Sebenarnya cukup mudah hanya butuh ketelatenan saja, satu hal yang harus kalian perhatikan jangan sampai memaksa merpati untuk terus giring dan tidak dibiarkan kawin serta bertelur karena akan merusak merpati. Biarkan merpati kawin bahkan bila perlu 1 hari 1 kali kawin (dalam siklus giring), selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- tanda merpati mau bertelur - ciri ciri merpati mau bertelur - cara mengetahui merpati mau bertelur - berapa lama merpati bertelur setelah kawin - ciri merpati mau bertelur - ciri ciri burung dara mau bertelur - ciri ciri merpati akan bertelur - ciri burung dara mau bertelur - tanda tanda merpati akan bertelur - ciri merpati yg mau bertelur -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz