Beberapa Penyakit Burung Merpati Yang Harus Diwaspadai

0
2102

Beberapa Penyakit Burung Merpatri Yang Harus Di Waspadai – Hay guys perkenalkan aku salah satu pencinta burung yang ingin sedikit sharing tentang apa saja yang berkaitan dengan burung atau bagi kalian yang inging sharing juga bisa ikutan di web ini. Karena ilmu tidak berat kita bawa dan akan lebih bermanfaat apabila kita bisa bantu orang lain yang membutuhkan ilmu tersebut.

merpati
Penyakit Burung Merpati

Baik pada artikel pertama aku kali ini akan membahas penyakit apa saja yang sering muncul di burung merpati dan harus kita waspadai karena bukan hanya manusia yang suka terkena penyakit hewan juga bisa.

Berikut adalah beberapa macam penyakit yang hinggap di burung Merpati

1.Penyakit yang datang dan menempel karena bakteri (E-Coli dan Paratyphoid)

E-Coli – Bakteri jenis ini biasanya menyerang smua jenis binatang jadi bukan hanya burung merpati saja tapi yang paling sering ditemukan ya pada burung merpati ini. Bagi kalian pencita burung merpati yang tidak ingin terkena bakteri ini maka harus rajin – rajin membersihkan kandang dan tempat makan serta minum burung tersebut.

Paratyphoid – Bakteri ini dikenal juga dengan nama salmonella yang merupakan penyakit yang menyerang sendi  dan penyakit jenis ini sangat sulit terlihat tapi yang lebih menonjol mungkin pada bagian sayang yang akan terlihat terkulai dan bisa mengakibatkan kematian. Penyakit ini juga sering menimpa burung merpati yang masih muda dan bisa bersifat turunan dari sang induk. Adapun jenis penyakit lainnya yang ditimbulkan dari bakteri seperti Ulcerative, Sterptococus, Candidiasis, Mycoplasmosis, Clamydiosis, Aspergillosis serta Pseudotuberculosis, tapi yang paling sering dijumpai ya 2 penyakit yang aku jelaskan di atas.

2.Penyakit yang datang karena adanya virus yang terbagi menjadi 2 jenis (Newcastle Disease dan Pigeon Pox)

Newcastle Disease – Jenis penyakit ini lebih dikenal dengan nama penyakit tetelo yang disebabkan oleh paramyxovirus yang telah menyerang bagian saraf burung merpati tersebut sedangkan masa inkubasi yang terjadi pada infeksi tersebut sekitar 4-6 hari. Ciri – ciri merpati yang terkena penyakit ini adalah :

  • Selalu murung
  • Tidak diam selalu bergerak seperti orang yang gelisah dan tidak terarah
  • Suka geleng -geleng kepala (gigideng)

Pigeon Pox – Jenis yang kedua ini merupakan virus yang menyerang kulit atau selaput lendir lebih tepatnya menyerang kulit yang sudah terluka atau lecet. Virus jenis ini juga bisa menular ke burung yang lainnya karena pakan atau minum bersama. Jadi apabila ada burung yang terkena virus ini harap segera dipisahkan dari yang lainnya. Sebenarnya masih banyak jenis penyakit yang ditimbulkan dari virus ini seperti Herpesvirus, Circovirus, Arbovirus dan Adenovirus tapi yang dapat aku jelaskan hanya 2 jenis saja dulu karena ini sering terjadi.

3.Penyakit yang datang atau disebabkan oleh parasit

Penyakit jenis ini juga sering kita jumpai  pada burung merpati yang dapat menyebabkan nutrisi yang masuk tidak dapat diserap sepenuhnya karena terhalang oleh parasit tersebut. Adapun jenis parasit yang menempel pada burung merpati seperti

  • Cacing Gelang
  • Cacing Rambut
  • Cacing Pita

Ciri – ciri yang muncul pada burung yang terkena penyakit ini biasanya dapat kita lihat dari kotoran yang dikeluarkannya yaitu berbentuk gumpalan atau ada cacing yang keluar dari dubur burung tersebut dan bisa membuat burung merpati menjadi kurus kering.

4.Penyakit yang datang dari Kutu (Ectoparasite)

Penyakit yang ditimbulkan oleh kutu seperti Mites, Pigeon Fly serta Lice. Kita tahu sendiri gimana bentuknya kutu dan apa yang bakalan dirasakan apabila terkena kutu seperti halnya burung juga yang terkena kutu akan menggaruk – garuk badannya yang bisa mengakibatkan luka pada burung itu sendiri

5.Penyakit yang datang atau disebabkan oleh Protozoa (Trichomoniasis dan Coccidiosis)

Trichomoniasis – Penyakit jenis ini biasanya ditemukan dibagian tenggorokan  serta tembolok burung merpati, gejala awalnya bisa kalian lihat dibagian rongga tenggorokan yang muncul binti kuning dan jika kita cium baunya tidak enak.

Coccidiosis – Penyakit ini bisa mengakibatkan kondisi burung merpati jadi melemah karena mengalami mencret atau buang air besar tidak normal yang sama bisa mengakibatkan burung menjadi kurus.

Mungkin 5 saja dulu penyakit yang bisa menimpa burung merpati kalian dan harap untuk di jaga dan di rawat dengan sebaik mungkin agar tidak terkena penyakit diatas, semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- merpati - mengobati merpati sakit mata - penyakit merpati e coli - macam macam penyakit merpati - mengobati mata brng dara yg katarak - jenis penyakit burung merati - virus burung merpati - merpati bantu manusia - parasit yang menyerang kulit merpati - penyakit burung merpati -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz