Penyebab dan Cara Atasi Telur Murai Batu Tidak Menetas

0
5193

Penyebab dan Cara Atasi Telur Murai Batu Tidak Menetas – Hai guys, kalian pasti ingin sekali memperbanyak burung murai batu dengan cara ternak sendiri. Namun banyak juga orang yang mencoba hal tersebut gagal dalam menjalankannya, terutama dalam hal menetaskan telur. Karena ada juga telur yang sangat sulit untuk menetas bahkan bisa dikatakan gagal menetas.

telur-murai-batu

Ya, kalian semua pasti pada kebingungan padahal semuanya telah berjalan sesuai prosedurnya tapi kenapa masih saja gagal. Pokonya jika benar – benar ingin memahami betul tentang burung murai batu alangkah lebih baiknya banyak membaca dan jangan lupa untuk melihat dunia nyata agar bacaan dengan kenyataan syincron. Jangan pernah merasa gagal karena kegagalan itu hal yang wajar, terus coba dengan berbagai cara baru agar semuanya berjalan dengan lancar.

Baca Juga Tips Memandikan Murai Batu Mandi Keramba yang Benar

Penyebab Telur Murai Batu Tidak Menetas dan Cara Mengatasinya

  1. Karena ada pengganggu

Ingat kalau murai batu sedang mengerami telur harus di sediakan tempat atau di simpan di tempat yang benar – benar nyaman dan jangan sampai ada semut, cicak dan lainnya yang mendekati. Satu lagi, jauhkan dari kebisingan karena itu bisa membuatnya stres sehingga bisa mengacak – ngacak telurnya.

  1. Karena kondisi sarang salah penempatan

Seperti yang aku bilang di atas bahwa sarang harus dibuat senyaman mungkin, bila perlu membuat beberapa sarang yang mememang disediakan untuk murai batu bertelur dan biarkan memilihnya sendiri.

  1. Karena kurangnya asupan pakan

Namanya juga menjadi 2 atau lebih jadi perlu tambahan pakan yang memadai sehingga murai batu asupan makanannya terpenuhi, jika tidak maka murai batu akan mematuk – matuk telurnya yang bisa mengakibatkan rusak.

  1. Karena indukan kurang matang dan tidak ada pembuahan

Jadi aku sarankan untuk murai batu yang ingin diternakan sudah memiliki umur 1 s.d 2 tahun untuk betina dan 2 tahun untuk jantan agar benar – benar matang sehingga hasil reproduksinya bagus. Ada hal lain yang menyebabkan telur tidak menetas, mungkin karena tidak terjadinya pembuahan pada telur tersebut atau bisa dikatakan telur kosong dan ada 3 kemungkinan yang membuat telur tidak menetas.

Baca Juga Tips Penting Perawatan Murai Batu Ketika Mabung

  • Tidak ada embrio di dalam telur dan berbau, jadi sebenarnya sudah terjadi pembuahan dalam telur namun mati dikarnakan pengeraman yang kurang sempurna atau suhunya tidak normal bahkan bisa juga karena kandungan gizi dalam telur kurang.
  • Tidak ada embrio di dalam telur dan tidak berbau, jadi ini sama sekali belum terjadi pembuahan pada telur murai batu alias telur kosong. Mungkin bisa dikarnakan salah satu dari murai batu mengalami mandul sehingga harus di obati, bisa dengan memberikan BirdMature.
  • Ada embrio didalam telur tapi sudah mati, ini bisa diakibatkan oleh indukan yang terlalu cepat memasuki masa birahi sehingga bukannya di erami malah di acak – acak yang mengakibatkan telurnya rusak. Untuk solusinya bisa kalian atur pola makan dan penjemurannya agar birahi murai batu bisa terkeontrol.

Untuk mengatasi hal teresut bisa kalian hindari perkawinan di bawah umur, ya seperti yang sudah aku bilang di atas bahwa reproduksi murai batu normalnya pada umur 2 tahun.

Oke, itulah beberapa penyebab telur murai batu tidak menetas serta cara mengatasinya. Hal ini memang sering terjadi dikalangan pencinta burung murai batu tapi kalau bagi peternak mungkin sudah pada ahli dalam menghadapi hal ini, semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- telur pertama murai batu - ciri telur murai menetas - murai batu tidak mau mengerami telurnya - telur murai batu kosong - telur murai tidak menetas - https://www duniabinatang org/penyebab-dan-cara-atasi-telur-murai-batu-tidak-menetas/ - murai jantan mengerami telur - telur murai batu tidak menetas - cara mengatasi telur murai kosong - ciri telor muraibatu tidKmrnetas -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz