Penyebab dan Cara mengatasi Burung Cendet Macet Bunyi

0
148

Duniabinatang.org – Seperti yang kita ketahui kalau burung cendet itu memiliki suara kicauan yang keras dan gacor. Hal ini menjadi salah satu ciri khas yang dimiliki dari burung yang satu ini, bukan itu saja melainkan juga burung cendet dapat dengan mudah menirukan suara burung dari jenis lainnya apalagi jika dilakukan dengan pemasteran yang baik.

Ada kelebihan pastinya ada kekurangan yang dimiliki, ya karena tidak semua burung yang mempunyai kelebihan tapi tidak punya kekurangan. Salah satunya burung cendet ini, dimana burung cendet sering mempunyai masalah yang kadang suka bikin bingung pemiliknya. Ya, burung cendet ini suka tiba – tiba tidak mau berkicau atau sering disebut juga dengan macet bunyi yang dilakukan secara tiba – tiba.

Atasi Cendet Macet Bunyi
pict by : situsburung.com

Faktor Utama Burung Cendet Macet Bunyi

Ternyata ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan burung cendet macet bunyi dan salah satu yang menjadi faktor utamanya terjadi karena perawatan yang asal – asalan. Ya itu berbanding sama dengan apa yang kita lakukan, jadi jika ingin terjun ke dunia burung maka jangan setengah – setengah melainkan harus benar terutama jika ingin mendapatkan burung dengan kondisi yang bagus dan memiliki suara yang bagus pula.

4 Penyebab Utama Burung Cendet Macet Bunyi

  1. Mengalami Mental Drop

Burug cendet ini mempunyai tipe petarung yang kuat, akan tetapi jika kalah dari lawannya maka mentalnya menjadi drop dan hal itu bisa mengakibatkan burung cendet macet bunyi. Ya mungkin karena menjadi kehilangan percaya diri untuk berkicau karena ada suara lain yang lebih bagus dari suaranya.

  1. Mengalami Stres

Terjadi karena burung mengalami stres, burung stres pada umunya memang cenderung diam dan malas untuk berbunyi, hal ini juga terjadi pada burung cendet. Stres ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti ada ganguan dari luar (kucing), sangkar jatuh, ganti pemilik burung dan yang lainnya.

  1. Sedang dalam Kondisi Mabung

Sedang dalam kondisi atau masa mabung (ganti bulu), biasanya burung yang sedang dalam kondisi ini cenderung macet untuk berbunyi. Jadi jangan kaget jika tadinya burung tersebut rajin berbunyi serta aktif bergerak dan tiba – tiba menjadi diam. Tapi burung yang terlalu aktif dalam bergerak seperti salto itu juga bisa membuatnya macet bunyi, karena burung lebih suka atau senang bergerak dari pada berbunyi. Hal itu biasanya disebabkan oleh pemberian EF yang berlebihan.

  1. Kurangnya Perawatan

Bisa juga diakibatkan oleh perawatan harian yang tidak konsisten, seperti pemberian pakana baru yang bagus dan berkualitas, padahal burung sudah terbiasa oleh pakan yang ada walau biasa. Begitu juga dengan pemberian EF, mulai dari jumlah asampai waktu pemberian. Hal itu bisa membuat burung susah beradaptasi kembali.

Penyebab burung cendet macet bunyi memang terlihat biasa dan sederhana namun karena itulah hal ini sering terjadi, karena kurangnya perhatian dari pemilik burung. Untuk itu jangan sampai menganggap remeh hal – hal yang kecil. Tapi jika ha itu sudah terjadi maka adapun cara untuk mengatasinya seperti dibawah ini.

Masalah Burung Cendet
pict by : tipsburung.com

4 Cara Mengatasi Burung Cendet yang Macet Bunyi

  1. Melakukan Terapi Pengembunan

Terapi pengembunan ini memang baik dilakukan untuk burung cendet yang macet bunyi. Seperti halnya manusia yang suka bangun siang dan bangun pagi akan terlihat berbeda, yang sering bangun pagi akan terlihat lebih segar. Begituh juga dengan burung, lakukan pengembunan pada burung cendet setelah subuh atau bisa juga dimulai dari jam 4 pagi. Gantangkan diluar rumah sampai terbit matahari. Hal ini berguna untuk mengembalikan naluri alamiahnya sehingga burung akan lagi berkicau.

  1. Melakukan Terapi Mandi Malam

Terapi malam ini sudah banyak digunakan oleh pencinta burung cendet ketika burugnya macet bunyi. Adapaun waktu yang baik untuk memandikan burung yaitu sekitar pukul 19.00 – 21.00. untuk cara memandikannya sendiri cukup hanya dengan disemprot pelan dan jangan sampai burung menjadi basah kuyup. Setelah itu biarkan sampai bulu – bulunya kering sambil diberikan EF secukupnya.

Pemberian EF juga sangat berpengaruh untuk membuat burung cendet berkicau kembali. Karena pemberikan EF seperti kroto, jangkrik dan ulat hongkong dapat membuat birahi cendet meningkat dan akan berkicau lagi, tapi jika burung sudah dalam keadaan normal harap disesuaikan lagi dalam pemberian EF jangan sampai berlebihan dan lakukan perawatan harian yang lebih baik lagi.

  1. Melakukan Terapi Pasangan Utulan

Seperti yang kita ketahui kalau burung cendet ini termasuk burung petarung atau fightr sehingga akan sangat sulit menyatukan burung cendet dengan burung lainnya dalam satu kandang. Tapi cobalah untuk memasukannya pada kandang umbaran yang luas agar burung lebih leluasa dalam mengejar cendet betina. Sehingga sayap – sayapnya menjadi lebih kuat dan siap untuk fightr lagi, hal ini lebih di tekankan untuk mengembalikan mental cendet yang drop.

  1. Melakukan Terapi Karantina

Ini kebalikannya dari terapi utulan dimana burung cendet harus dijauhkan dari dari burung lainnya bahkan jangan sampai dia mendengar suaranya juga. karena itu bisa membuatnya semakin drop, jadi selain dilarang meihat dilarang juga untuk mendengarkan suara burung lain.

Nah itulah cara untuk mengatasi burung cendet yang macet bunyi, setelah itu kamu juga bisa melakukan pemasteran agar ketika burung rajin kembali dalam berbunyi bisa lebih mudah lagi menirukan suara – suara masteran yang diberikan. Untuk waktu pemasterannya sendiri bisa dilakukan pada jam 10.00 – 15.00 dalam kondisi burung di kerodong. Dengan demiakian mental sudah kembali, suara menjadi lebih bagus, bervariasi, keras serta lebih gacor lagi dan siap untuk bertarung dengan burung cendet lainnya, semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- terapi cendet macet jatuh dari sangkar -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz