Penyebab dan Cara mengatasi Burung Pleci Macet Bunyi

0
116

Duniabinatang.org – Di artikel sebelumnya aku pernah membahas tentang penyebab dan cara mengatasi burung cendet yang macet bunyi. Ternyata fenomena macet bunyi ini bukan hanya terjadi pada burung cendet saja, melainkan juga bisa terjadi pada burung kicau lainnya seperti halnya yang akan aku bahas kali ini, yaitu burung pleci yang macet bunyi.

Penyebab dan Cara mengatasi Burung Pleci Macet Bunyi
pict by : orientalbirdimages.org

Burung pleci sendiri merupakan burung kecil yang mempunyai suara kicau yang bagus. Akan tetapi tidak semua burung pleci bersuara bagus melainkan juga ada burung yang suaranya ngeriwik atau bahkan tidak mau bunyi yang sering kita sebut dengan macet bunyi dan yang akan aku bahas kali ini adalah mengenai burung pleci yang macet bunyi, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan itu terjadi dan akan aku bahas juga mengenai cara mengatasinya di bawah ini.

5 Penyebab Burung Pleci Macet Bunyi

  1. Burung Pleci Terkena Penyakit atau Sakit

Burung pleci sedang terkena penyakit atau sakit yang diakibatkan oleh pemberian pakan yang asal – asalan atau bisa juga diakibatkan oleh bakteri yang menempel dari kotorannya sendiri karena kadang kurang terawat dan kotor. Bisa disebabkan burung pleci sedang masuk dalam masa mabung atau sering di sebut juga ganti bulu.

  1. Burung Pleci Mengalami Stres

Burung pleci mengalami stres yang bisa di akibatkan oleh jatuhnya sangkar atau adanya predator lain yang menganggu seperti tikus, kucing, ular dan lain sebagainya.

  1. Burung Pleci Mendapatkan Kandang dan Situasi Baru

Belum terbiasanya burung pleci dengan kandang atau situasi baru, jadi jangan langsung kaget ketika burung dimasukan kedalam kandang baru dan menjadi macet bunyi, tunggu beberapa hari bahkan bisa sampai 1 minggu untuk burung bisa menyesuaikan diri. Bisa juga dikarena situasi baru dimana pleci biasanya tinggal di tempat sepi dan beralih ke tempat yang ramai.

  1. Burung Pleci Kesepian

Dikarenakan burung pleci termasuk burung koloni maka tidak heran jika kamu hanya memiliki 1 burung pleci dan macet bunyi. Mungkin karena sepi tidak ada teman untuk saling saut menyaut, hehe.

  1. Burung Pleci Tidak Suka dengan Pakan yang Gonta – ganti

Bisa diakibatkan oleh pemilik yang sering gonta ganti pakan karena ingin mencari pakan yang bagus atau burung sudah terbiasa dengan pakan murah karena ingin lebih bagus lagi maka diganti dengan pakan mahal, hal itu juga bisa berpengaruh. Bukan hanya itu, bisa juga disebabkan oleh pakan oplosan yang sembarangan, jangan hanya ingin membuat burung maksimal dalam lomba tapi efek kedepannya menjadi jelek.

Dari beberapa penyebab di atas, mana yang sering terjadi pada burung pleci kamu? Atau jika ada penyebab yang lain bisa share ilmunya atau masukan dalam kolom komentar juga bisa hehe.

Cara Mengatasi Burung Pleci Macet Bunyi

Penyebab dan Cara mengatasi Burung Pleci Macet Bunyi
pict by : metrotivi.com

Adapun cara untuk mengatasi burung pelci yang macet bunyi dan bisa kamu lakukan sedniri di rumah, akan tetapi jangan dilakukan dengan buru – buru dan terkesan memaksa melainkan harus penuh dengan ketelatenan serta kesabaran.

  1. Burung pleci yang macet bunyi karena salah dalam pemberian pakan atau seringnya gonta – ganti pakan bahkan karena kesalahan telah memberikan pakan yang sudah jamuran maka jangan khawatir. Kamu cukup memberikan pakan yang paling disukai oleh burung pleci tersebut atau jika burung tersebut merupakan burung pleci baru beli, maka bisa langsung kamu tanyakan pada pemilik sebelumnya pakan apa yang sering digunakan. Berbeda dengan burung pleci yang sedang mabung, untuk burung pleci yang macet bunyi karena sedang mabung kamu cukup bersabar saja menunggunya. Bisa juga melakukan perawatan burung pleci mabung agar mabungnya cepat selesai dan kembali dalam keadaan sehat.
  1. Salah satu penyebab burung pleci macet bunyi adalah burung sedang stress, yang penyebab stres tersebut sudah sudah aku sebutkan di atas. Maka untuk cara menanganinya bisa kamu lakukan terapi relaksasi dengan menggunakan suara – suara yang bisa bikin burung rileks, seperti halnya suara burung pleci koloni yang ada di alam, suara terapi aliran atau gemercik air sungai, suara air terjun dan sebagainya.
  2. Kadang baru juga bisa mengakibatkan burung pleci macet bunyi, kadang kita sebagai pemilik ingin membuat nyaman burung dengan membelikannya kandang baru, namun hal itu hal itu tidak selamanya berjalan mulus karena burung sudah terbiasa dan nyaman dengan kandang lama. Jangan khawatir, kamu cukup membuat kandang baru seperti kandang lama, setidaknya dibikin semirip mungkin dengan kandang lama seperti halnya bentuk tangkringan. Termasuk jika burung pleci mendapatkan kondisi atau situasi baru, yang tadinya tempat sepi menjadi tempat ramai. Untuk mengatasi hal ini, kamu cukup bersabar dan manjakan burung agar cepat beradaptasi dengan lingkungan baru.
  1. Burung merasa kesepian dan macet bunyi, ya karena burung pleci umumnya hidup berkoloni. Untuk itu disarankan memelihara lebih dari satu burung pleci, baik 2 atau 3 burung pleci agar tidak merasa kesepian dan kembali semangat berbunyi.
  2. Macet bunyi kamrena salah doping atau efek doping sangat berbahanya, hati – hati bisa merusak pita suara burung. Langkah pertama kamu harus bisa menetralisir racun yang diakibatkan oleh dopingan tersebut.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi burung pleci yang macet bunyi, akan tetapi kita harus tetap ingat bahwa yang namanya mencegah lebih baik dari pada mengobati. So jagalah burung kamu sebaik mungkin, jaga kesehatannya dan atur pola perawatan. Adapun pola perawatan harian pleci yang mecet bunyi dan bisa kamu simak DISINI, semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- menatasi k pleci macet bekas dopi - Terjadi pleci macet bunyi -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz