Penyebab dan Cara Mengobati Burung Merpati Muntah dan Berak Hijau

1
8587

Penyebab dan Cara Mengobati Burung Merpati Muntah dan Berak Hijau – Hai guys kita semua tahu penyakit yang suka muncul pada burung merpati sangat bermacam – macam salah satunya adalah merpati muntah dan berak hijau. Untuk merpati yang terkena penyakit ini biasanya kondisi bandan menjadi menurun alias tidak fit, pencernaan menjadi terganggu, makanan masih tersimpan di tembolok dan apabila bernafas maka nafasnya akan terasa hangat dan berbau, merpati jadi banyak minum serta kehilangan nafsu makan.

Jika gejala diatas sudah muncul berarti sudah dipastikan merpati kita sedang sakit dan harus segera ditangani serta diobati agar tidak berkelanjutan. Adapun untuk lebih jelasnya beberapa penyebab yang menimbulkan penyakit muntah dan berak hijau pada merpati.

merpati-berak-ijo

Baca Juga Faktor yang Menyebabkan Burung Merpati Tidak Mau Bertelur

Berikut ini adalah beberapa penyebab merpati muntah dan berak hijau

  • Jika dilihat dibagian tembolok akan kembung karena masih ada sisa makanan (tidak dapat dicerna)
  • Kondisi merpati lemas alias tidak fit
  • Merpati suka muntah – muntah
  • Seperti yang kepanasan atau kehausan, merpati jadi banyak minum
  • Kotoran yang keluar akan berwarna hijau atau putih tapi seperti ada kapurnya dan kadang juga cair

Penyakit ini juga bisa menular ke merpati lainnya dengan kontak sebagai berikut :

  • Bisa dengan kontak langsung
  • Bisa dari air liur merpati
  • Bisa dari air minum merpati
  • Bisa juga dari makanan merpati

Jadi alangkah lebih baiknya jika ada merpati yang terkena penyakit ini dipisahkan dahulu dari merpati  lainnya agar tidak menyebarkan virus atau tidak terkena pada merpati lainnya. Agar penyakitnya tidak berkelanjutan maka kalian bisa obati dengan cara berikut ini.

Baca Juga Terbukti Cara Ampuh ini Bisa Membuat Burung Merpati Giring Keras

Cara Pengobatan Merpati Muntah dan Berak Hijau

  1. Jangan terlalu dikasih makan

Dalam arti merpati harus dipuasakan dahulu untuk menguras makanan yang masih ada ditembolok, kurang lebih 1 hari. Tapi jika merpati makin melemas jangan terlalu dipaksakan (dikondisikan). Jangan lupa beri multivitamin seperti vitachicks dan yang lainnya, jika merpati kelihatan lemas bisa juga di berikan ½ tablet koleridin setiap pagi dan sore hari. Jika sudah dipuasakan 1 hari merpati tetap tidak mau makan maka kalian harus spet merpati dengan bubur dan lihat apakan makanan yang ada di temboloknya sudah turun atau masih ada, jika masih ada coba lagi.

  1. Kuras Isi Tembolok

Selain dengan memuasakan merpati agar temboloknya terkuras, bisa juga dengan berbagai cara lainnya. Misalnya dengan melolohkan air atau di berikan obat. Jika ingin diberikan obat maka disarankan untuk menggunakan obat Tetra-Chlor, jika nantinya merpati muntah – muntah jangan kaget berarti obatnya sedang bekerja (menguras sisa makanan yang masih tertinggal di tembolok). Jika sudah beginih untuk lebih lanjutnya bisa kalian ikuti cara pertama lagi sampai benar – bernar sembuh.

Gimana guys cukup mudah bukan dalam pengobatan merpati yang terserang berak hijau serta muntah – muntah, pokonya coba terus sampai berhasil dan sembuh, semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- obat merpati berak hijau - cara mengobati merpati sakit - obat merpati - obat merpati muntah - merpati muntah - obat untuk merpati sakit - obat merpati sakit muntah - obat tradisional merpati berak hijau - cara mengobati merpati muntah - cara mengobati merpati -

Leave a Reply

1 Comment on "Penyebab dan Cara Mengobati Burung Merpati Muntah dan Berak Hijau"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
wpDiscuz