Penyebab Telur Burung Merpati Gagal Menetas

0
7596

Penyebab Telur Burung Merpati Gagal Menetas – Hai guys, lama tidak muncul karena kemarin – kemarin ada sesuatu hal yang tidak bisa diganggu gugat, kali ini aku muncul kembali untuk dan tetap sharing seputar dunia binatang khusunya burung merpati seperti yang sudah aku bahas di artikel – artikel sebelumnya. Nah kali ini aku akan memberikan sedikit pengetahuan tentang masalah atau penyebab tidak menetasnya telur burung merpati (gagal menetas).

Banyak hal yang menyebabkan telur merpati tidak menetas, tapi sebelumnya kalian juga harus tahu terlebih dahulu berapa lama telur merpati dari keluar sampai menetas. Telur merpati bisaanya menetas pada waktu 18 s.d 20 hari. Nah jika ada telur yang tidak menetas di rentan waktu itu maka sudah di pastikan tidak akan menetas dan sang induk juga sudah mengetahui hal tersebut sehingga meninggalkannya.

merpati gagal bertelur

Berikut ini adalah beberapa factor penyebab telur merpati tidak menetas

  1. Suhu Exsrim

Bisaanya jika keadaan suhu sedang extrim baik panas sekali ataupun sebaliknya maka bisa menyebabkan telur merpati gagal menetas. Makanya kalau cuaca sedang tidak stabil aku sarankan untuk menyimpan merpati yang sedang mengerami telurnya di tempat yang bersuhu normal (tidak langsung terkena sinar matahari dan angin – angin kencang).

  1. Gangguan

Gangguan disini maksudnya gangguan yang diakibatkan oleh hewan dari jenis lain yang suka menganggu diantaranya kucing, semut, cicak dan yang lainnya. Karena kondisi telur harus benar – benar netral tidak ada gangguan apapun termasuk juga guncangan.

  1. Kurangnya Vitamin

Indukan merpati yang kekurangan vitamin juga akan menyebabkan kondisi telurnya kurang bagus sehingga gagal menetas. Sudah pasti solusinya gampang sekali kita cukup memberikan vitamin atau grit yang cukup agar nantinya telur merpati dalam keadaan normal dan dengan mudah menetas.

  1. Telur Infertile

Jangan heran apabila ada telur merpati yang tidak menetas tapi pas kita periksa ternyata tidak ada isinya alias kosong tapi agak sedikit berbau amis tidak bau busuk. Ada beberapa factor yang menyebabkan tidak adanya janin atau disebut telur infertile diantanranya adalah :

  • Indukan merpati umurnya masih belum matang untuk dibuahi. Agar hal itu tidak terjadi bisaanya para peternak merpati mengawinkan burung merpati pada umur 2 tahunan dan itu termasuk usia matang serta bisa menghasilkan keturunan yang berkualitas.
  • Merpati yang sel telurnya kering sehingga tidak dapat dibuahi atau sering disebut juga merpati mandul.
  • Pada saat kawin tidak sempurna, bisa karena ada salah satu sel kering baik di jantan atau betina. Bisa juga karena saat sedang kawin terhalang oleh bulu dibagian dubur indukan.
  1. Faktor Indukan

Hal ini terjadi karena bisaanya ada juga merpati yang tidak terlalu peduli dengan telurnya alias jarang mengerami dan hal ini sering terjadi pada burung merpati yang masih muda. Makanya tadi aku bilang usahakan di umur 2 tahunan.

Sedikit saran jika ingin mengawinkan merpati di umur muda harus diperhatikan dalam pemberian vitamin agar tidak ada telur yang kosong dan beri makan yang cukup agar merpatinya tidak selalu pergi keluar (keluar kandang). Satu lagi jangan lupa untuk berdo’a, semoga bisa bermanfaat.

 

loading...
Source :
- penyebab telur merpati tidak menetas - telur merpati gagal menetas - berapa lama telur merpati menetas - ciri ciri telur merpati akan menetas - berapa hari telur merpati menetas - berapa hari telur merpati akan menetas - berapa hari telur burung dara menetas - telur merpati tidak menetas - telur burung dara - berapa lama telur burung dara menetas -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz