Perawatan dan Ramuan Rahasia Cendet agar Gacor dan Bunyi

0
5634

Setelah di artikel sebelumnya aku membahas tentang cara ampuh dalam mengatasi burung cendet macet bunyi salah satunya dengan cara terapai maka di artikel kali ini aku akan coba membahas perawatan sekaligus ramuan jitu dalam membuat burung cendet bunyi dan gacor terus tanpa adanya kata macet bunyi atau males bunyi.

Ada beberapa perawatan yang bisa kita lakukan pada burung cendet atau penten ini mulai dari perawatan harian, perawatan sebelum lomba dan perawatan pasca lomba. Sehingga menjauhkan burung dari sakit atau drof. Jika burung sudah terlanjur drof maka bisa kalian simak juga cara mengembalikan mental drof pada burung cendet.

Cara Perawatan Persiapan Lomba

  1. Beberapa hari sebelum burung ditandingkan sebaiknya di full kerodong minimal 3 hari sebelum pertandingan. Hal ini dilakukan supaya burung benar –benar istirahat dan tidak terlalu banyak mengeluarkan tenaga. Karena jika burung dibiarkan seperti hari – hari biasa apalagi mendengar suara burung lain maka akancenderung bertempur dan itu bisa menghabiskan tenaganya sebelum lomba dilaksanakan.
  2. Burung yang akan ditandingkan jangan dulu di mandikan apalagi di jemur selama masa full kerodong. Dengan demikian diharapkan burung akan mendapatkan birahi yang maksimal dan tetap stabil. Karena kalau burung kita mandikan dan dijemur secara tidak langsung birahinya akan berubah.
  3. Pemberian EF (Exstra Food) saat burung mau ditandingkan juga sangat penting guna menaikan birahi burung tersebut sehingga memang siap untuk tempur dan mengalahkan lawan – lawannya. Untuk EF yang digunakan bisa berupa jangkrik, ulat hongkong atau kroto.
  4. Ada yangmemandikan burung pada hari H baik malam atau pagi hari tapi ada juga yang tidak. Tujuan memandikan suapa burung relaksasi terlebih dahulu dan tidak terjadi muting tapi itu tergantung pada kondisi burung saat itu karena ada juga yang tidak dimandikan.
  5. Jika kalian melakukan mandi pada burung cendet apalagi di siang hari maka sebaikanya dijemur terlebih dahulu dengan waktu yang sebentar saja. Kenapa demikian ? karena ada kalanya burung setelah dimandikan birahinya akan memuncak kembali dan semangat kembali dalam betempur.
  6. Berikan EF kembali sebelum burung di gantang yang bertujuan untuk menambah tenaga pada burung cendet agar hasilnya maksimal tapi jika dirasa sudah cukup jangan terlalu dipaksakan karena takut burung malah munting.

Nah itulah cara perawatan dalam persiapan burung cendet yang akan diikut sertakan dalam perlombaan dan tentunya setelah selesai dalam melakukan lomba baik kalah atau menang jangan lupa juga untuk melakukan perawatan kembali terutama perawatan pasca lomba.

Cara Perawatan Pasca Lomba

  1. Burung yang selesai ditandingkan sebaiknya diberikan EF seperti biasa untuk memulihkan kembali staminanya.
  2. Berikan juga multivitamin yang bisa dicampurkan pada air minum yang bisa dilakukan 1 hari setelah perlombaan yang bertujuan untuk menghilangkan stress yang bisa saja terjadi pada burung cendet.
  3. Jemur selalu burung cendet setiap pagi selama 1 minggu kedepan dan bisa juga kalian manjakan burung dengan fooding.

Setelah perawatan pasca lomba dilakukan tentunya jangan sampai lupa juga dengan perawatan harian yang biasa dilakukan pada burung cendet agar stamina dan kesehatannya tetap terjaga dan yang paling utama suara gacornya. Bisa juga kita berikan lagi suara masteran yang bisa kalian download DISINI.

Cara perawatan di atas merupakan perawatan exstra yang bisa kita berikan pada burung cendet agar mereka merasa nyaman dengan apa yang kita lakukan jangan sampai membuat burung tertekan dan stress yang mengakibatkan pada hal yang tidak kita inginkan dan jangan sampai juga membuat burung menjadi dorf karena hal itu bisa membuat cendet  atau pentet macet bunyi.

burung pentet drof

Cara Penanganan Burung Cendet Drop

  1. Diasingkan

Kenapa diasingkan? Hal ini bertujuan untuk menjauhkan dari burung sejenis atau jenis lainnya karena burung yang mengalami drof memerlukan ketenangan. Sehingga mentalnya bisa cepat pulih dan siap menghadapi dunia luar.

  1. Pemberian EF Full

Selama burung diasingkan tentunya juga harus dirawat, salah satunya dengan pemberian EF seperti kroto, jangkrik atau ulat hongkong dan tentunya dengan porsi yang lebih dari biasanya. Selain pemberian EF jangan lupa juga untuk memberikan multivitamin agar stamina burung cepat pulih. simak juga di next artikel suara masteran untuk cendet.

  1. Jangan mandikan serta jemur burung terlebih dahulu sampai burung benar-benar fit. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan kandang dan mengganti pakan serta minum dengan yang baru setiap harinya.
  2. Terakhir lakukan selalu full kerodong pada burung cedet yang drof dan hanya dibuka ketika membersihkan kandang dan pemberian pakan saja serta biarkan burung beristirahatdengan tenang.

Adapun ramuan rahasia yang bisa kalian berikan pada burung cendet agar bisa menang dalam perlombaan.

Ramuan Khusus Cendet Gacor

Bahan :

  • Telur ayam 3 – 10 butir
  • Tomat segar 2 – 3 butir
  • Tepung jagung 2 – 3 kg
  • Ikan sungai 1 – 3 kg
  • Tahu secukupnya

Cara Pembuatan :

  • Bersihkan ikan dan giling dengan blender sampai halus
  • Tomat dan tahu diiris kecil – kecil
  • Semua bahan dimasukan kedalam wadah (campurkan) termasuk cangkang telur.
  • Kocok dan aduk sampai rata kemudian masukan dalam oven selama 30 menit
  • Kemudian ambil dan jemur dibawah sinar matahari sampai kering

 

Dan itulah Ramuan racikan makanan alami untuk burung cendet yang khusus dibuat supaya gacor sudah siap diberikan dan dikonsumsi oleh burung cendet.

burung cendet

Berhubung di artikel kali ini membahas tentang cara perawatan burung cendet maka kurang lengkap rasanya jika tidak dibahas juga cara merawat burung cendet yang mabung. Mabung sendiri merupakan sebuah proses dimana burung mengalami pergantian bulu dan pada masa ini burung cenderung diam bahkan bisa sangat manja. Simak juga cara mengatasi cendet manja.

Adapun ciri –ciri umum yang dapat kita lihat jika burung cendet mengalami mabung atau masuk masa mabung :

  • Burungcendet yang semula sangat rajin gacor tiba – tiba menjadi sering diam bahkan kelihatan menjadi lebih manja.
  • Bagian bulu – bulu jadi terlihat lebih kusam, kering dan mudah nyerit.
  • Serta beberpa bagian bulu yang ada pada bagian dada , sayap serta ekor akan mulai berjatuhan.

Nah jika sudah terjadi seperti itu maka kita harus siap dalam melakukan perawatan pada burung cendet mabung dengan langkah dan cara di bawah ini.

Cara Merawat Burung Cendet Mabung


  1. Ganti Pakan Utama Cendet

Selama burung cendet mabung sebaiknya gunakan veor ayam broiler dan hal ini memang sering dilakukan oleh cedetmania ketika burungnya mengalami mabung atau bisa juga dicampur dengan veor yang biasa dikonsumsi burung dengan perbandingan 50 : 50 dengan tujuan bulu – bulunya cepat ambrol.


  1. Penambahan EF (Exstra Food)

Jadi untuk pemberian EF sebaikan ditambahkan dari pemberian seperti biasanya dengan tujuan menambah protein hewani yang memang sangat dibutuhkan cendet saat mabung.

EF yang diberikan bisa berupa jangkrik dengan porsi 2 kali lipat dari biasanya. Yang biasa 3 ekor pagi dan 3 ekor sore maka bisa menjadi 6 ekor pagi dan 6 ekor sore. Sama halnya juga dengan pemberian kroto atau ulat hongkong.


  1. Pemberian Multivitamin

Kita tahu bahwa burung cendet termasuk burung yang sangat agresif mungkin karena merupakan burung predator. Untuk itu perlunya tambahan vitamin dalam masa mabung untuk memenuhi kebutuhan gizinya seperti BirdVit yang bisa kalian beli di toko burung.

Bisa juga dengan memberikan BirdMolt-Pre yang bisa membantu burung cepat dalam proses mabung dan tidak megalami stress yang bisa diberikan sejak awal bulu rontok. Berikan juga BirdMolt-Post ketika burung mulai tumbuh bulu – bulu jarum sampai tumbuh dengan sempurna.


  1. Jangan Mandikan Burung

Ketika burung mabung jangan dulu dimandikan dan tunggu sampai bulunya ambrol semua dengan tanda mulai munculnya tunas baru bulu dan boleh untuk dimandikan dan jangan jemur burung ketika mabung karena panas dan udara yang berdebu bisa menghambat pertumbuhan bulu barunya.


  1. Simpan Ditempat yang Tenang

Karena burung cendet termasuk burung agresif maka perlunya menyimpan burung ditempat yang tenang dan jauh dari jenisnya atau burung lain. Karena jika bertemu maka cenderung ingin melawannya dan itu menganggu proses mabung.

Nah itulah beberapa cara dan hal yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi burung cendet yang sedang mabung jadi jangan sampai melakukan kesalahan yang membuat gagalnya burung mabung dan mungkin bisa menjadi botak selamanya, setelah semua dilakukan terakhir tinggal pemberian masteran agar burung berkicau kembali. Untuk suara masteran burung cendet akan aku bahas di next artikel, semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- ramuan minuman cendet - ramuan untuk cendet biar gacor - jamu cendet gacor - cara merawat pentet biar gacor terus - cara membuat cendet gacor terus - cendet biar gacor terus - rahasia cendet gacor - ramuan cendet - ramuan cendet agar gacor - cara merawat cendet biar gacor terus -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz