Tips Cara Mencabut Bulu Merpati yang Baik dan Benar

0
3512

Tips Cara Mencabut Bulu Merpati yang Baik dan Benar – Pemberian jamu dan vitamin tidak cukup dalam merawat burung merpati masih banyak hal lainnya yang harus menjadi perhatian bagi para pencinta burung merpati. Salah satunya yang akan aku bahas kali ini, yaitu agar merpati yang kita punya bisa maksimal dalam bertanding.

Mencabut bulu ekor burung merpati merupakan salah satu perawatan yang bisa dilakukan, baik yang masih piyik atau sudah dewasa, apalagi merpati yang suka dimainkan agar bulu pada bagian ekornya tersusun dengan rapih sehingga bisa menampilakn kualitas terbaiknya saat sedang balap. Sedangkan pada merpati yang masih piyik berguna untuk melatih fisik saat terbang karena seperti kita ketahui bahwa bulu ekor merpati setiap bulannya berganti satu per satu dan itu memang terjadi.

cabut-bulu-merpati

Baca Juga Cara dan Pola Pemberian Jamu yang Baik Pada Burung Merpati

Jangan pernah merasa takut untuk mencabut bulu ekor merpati “luka”, yang pasti pertama harus kalian siapkan adalah rasa tega kita terhadap burung merpati untuk mencabut bulu ekornya, hehe. Tapi yang jelas apabila memang waktunya tepat tidak akan kesulitan dalam mencabutnya bahkan dengan mudah akan terlepas. Untuk lebih spesifikasinya bisa kalian baca lagi dibawah ini dalam arti cara mencabut bulu ekor burung merpati dengan baik dan benar agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan

Cara Mencabut Bulu Ekor Burung Merpati dengan Baik dan Benar

  1. Sebelumnya kalian harus perhatikan waktu yang teapt untuk mencabutnya agar tidak terjadi luka yang yang menyebabkan infeksi. Biasanya bagi merpati piyik bisa dilakukan sekitar lar 7 s.d 4 semuanya tergantung pada kondisi burung tersebut. Untuk burung merpati player dalam pencabutan bulu ekor biasanya dilakukan pada lar 6 s.d 4.
  2. Begini cara mencabut bulu ekor burung merpati dengan mudah, kalian cukup memegang merpati bagian badannya lalu cabut satu persatu bulu ekornya dengan sedikit tenaga yang kuat agar merpatinya tidak terlalu merasa kesakitan. Ingat satu per satu jangan lima atau 10 sekaligus, cabut hingga kurang lebih 12 bulu ekor.
  3. Setelah selesai bisa kalian bersihkan agar tidak terjadi infeksi yang menyebabkan merpati sakit.

Baca Juga Kenali Lebih Dekat Leonard Si Merpati Balap Legendaris

Cukup mudah bukan untuk hal cabut – mencabut bulu ekor burung merpati dan kita juga tahu kenapa harus dicabut dan caranya bagaimana. Hal itu bisa kalian praktikan sendiri dirumah dengan catatan “hati – hati” dan untuk bulu baru yang akan tumbuh biasanya tumbuh kembali sekitar 2 s.d 4 mingguan harap bersabar. Ada cara lain agar pertumbuhan bulunya lebih cepat, yaitu dengan ditambah sedikit kalek di bagian ekor merpati dengan dosis ½ untuk yang masih piyik dan 1 tablet untuk yang sudah dewasa, selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- berapa lama bulu sayap merpati tumbuh - membuat grit merpati - cabut ekor merpati - cabut bulu sayap merpati - cabut bulu merpati - cara mencabut bulu sayap merpati - cara cabut bulu sayap merpati - cara mencabut bulu merpati - cara mencabut bulu ekor merpati yang rusak - manfat pencabutan ekor merpati piyik -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz