Tips Cara Mengatasi Murai Batu Yang Terlalu Jinak

0
19181

Tips Cara Mengatasi Murai Batu Yang Terlalu Jinak – Haii guys, kadang burung yang sudah lama bersama kita apalagi mulai dari menetas dan kita yang selalu merawatnya maka burung tersebut akan menjadi lebih jinak atau manja yang bisa mengakibatkan efek buruk pada burung murai batu tersebut.

Bukan efek buruk dalam arti penyakit atau hal yang menyebabkan kematian pada murai batu melaikan menjadi susah untuk hal yang lainnya. Murai batu jinak memang diperlukan tapi usahakan jangan terlalu jinak apalagi itu murai batu yang ingin di ikut sertakan dalam lomba.

murai-batu-jinak

bisa jadi suaranya bagus karena kita pegang dan jika kita lepas suaranya tidak mau keluar atau bahkan menjadi jelek dalam perlombaan, kan tidak lucu saat kita pegang bersuara bagus tapi saat ditandingkan menjadi jelek karena terlalu jinak dengan kita dan yang lebih bagus itu murai batu yang giras sehingga berpeluang besar menjadi juara.

Baca Juga Ciri-Ciri Murai Batu Lampung Super Yang Bagus

Untuk itu di artikel kali ini aku akan memberikan cara mengatasi atau mengobati burung murai batu yang terlalu jinak agar bisa menjadi giras dan lancar apabila ikut dalam perlombaan.

  1. Atur waktu kalian untuk bertemu dengan murai batu

Semua ini dilakukan agar murai batu tidak ketergantungan dengan pemiliknya. Seperti yang tadi aku bilang, kan tidak lucu kalau murai batu cuma bisa berkicau jika hanya dipegang oleh pemiliknya. Jadi usahakan hanya dalam waktu – waktu tertentu saja, seperti hanya pemberian makan, memandikan, dan yang lainnya.

  1. Jangan terlalu lama meloloh

Proses meloloh memang diperlukan bagi murai batu yang baru menetas, nah jika mereka sudah bisa makan sendiri maka usahakan jangan diberi makan dengan cara di loloh kembali agar mereka tidak terbiasa dan terbiasa makan sendiri. Kan tidak lucu juga jika murai batu hanya mau makan jika kita beri dengan cara di lolohkan.

  1. Pelayanan yang biasa saja (wajar)

Maksud pelayanan disini adalah jangan terlalu memanjakan murai batu. Ya kita cuek lah, jangan dikasih siulan atau diajak bicara mungkin. Jadi murai batu bisa mengeluarkan naluri liarnya sehingga bisa menjadi giras.

  1. Dalam hal pemberian Exstra Food

Jadi usahakan jangan memberikan EF dengan menggunakan tangan kita secara langsung dan itu bisa menyebabkan ketergantungan dan terlalu jinak terhadap kita karena itu tidak baik bagi murai batu. Jadi kalian simpan saja di tempatnya agar bisa makan sendiri.

  1. Kerondong murai batu

Supaya tidak terlau manja maka bisa kalian kerondong, jadi tidak akan melihat murai batu lainnya atau bahakn kita sebagai pemiliknya. Tapi jangan terlalu lama dikerondong juga karena itu tidak baik bagi kesehatannya. Kalian jemur juga murai batu dan biarkan berkicau dengan banyaknya orang yang berlalulalang tanpa melihat pemiliknya.

Baca Juga Beberapa Penyakit Pada Murai Batu dan Penanganannya

Nah, itulah cara mengatasi burung murai batu yang bisa dibilang terlalu jinak. Burung jinak memang kita sukai namun jika terlalu jinak merepotkan kita juga, terimakasih dan semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- murai jinak jadi giras - mengatasi murai batu terlalu jinak - mengatasi murai terlalu jinak - murai terlalu jinak - cara meliarkan murai batu - merawat murai terlalu jinak - mengatasi murai jinak - perawatan murai terlalu jinak - cara mengatasi murai terlalu jinak - murai batu terlalu jinak -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz