Tips dan Cara Ternak Murai Batu di Kandang Gantung

0
3643

Tips dan Cara Ternak Murai Batu di Kandang Gantung – Hai guys, sebelumnya aku telah membahas tentang tahapan – tahapan dalam membuat kandang ternak murai batu yang sederhana dan minimalis yang pastinya bisa kalian coba dirumah. Untuk sekarang akan lebih menuju pada cara ternak murai batu itu sendiri yang dilakukan atau disediakan kandang gantung. Hal ini biasanya dilakukan di kota – kota besar karena tidak memiliki ruang yang cukup luas.

Jadikan lahan sempit menjadi penangkaran burung yang maksimal, karena banyak juga burung yang bisa diternakan dalam lahan yang sempit atau terbatas termasuk murai batu ini. Ya biasanya dalam ternakan burung harus memiliki lahan yang luas, namun dalam kandang sempit sekalipun termasuk kandang gantung bisa dilakukan dan tidak kalah bagus hasilnya dari kandang yang biasa (standar).

kandang-gantung-murai-batu

Nah, selanjutnya aku akan memberikan tips ternak murai batu di kandang gantung agar bisa digunakan semaksimal mumngkin. Perjodohan merupakan hal utama yang harus kalian lakukan, akan tetapi sebelum melakukan perjodohan harus dilakukan beberapa hal agar murai batu ini benar – benar berjodoh dan menghasilkan anakan yang berkualitas.

Baca Juga Kisaran Harga Murai Batu Beserta Jenisnya Lengkap

  1. Gunakan indukan yang mempunyai karakter jinak
  2. Mendekatkan terlebih dahulu murai batu yang ingin dijodohkan
  3. Rendengkan terus – menerus
  4. Jika ada murai batu yang galak maka bisa dipisahkan terlebih dahulu atau semprot dengan air

Oke jika keduanya sudah saling mulai suka maka biasanya mereka akan selalu tampak berdua dengan ditandai murai jantan yang selalu datang ke sarang betina. Maka biasanya seminggu kemudian mereka akan melakukan perkawinan dengan ditandai membawa sarang yang sudah disediakan di dalam kotak sarang tersebut dan kotak sarang ini bisa ditempatkan dibagian atas sangkar.

Baca Juga Tahapan Membuat Kandang Ternak Murai Batu Sederhana dan Minimalis

Selanjutnya indukan betina akan bertelur sekitar 2-3 butir dan dierami selama 14 hari. Setelah telur menetas maka anaknya akan diasuk selama 10 hari, untuk selanjutnya bisa kita pindahkan kedalam inkubator. Nah, dalam waktu indukan sedang mengeram maka alangkah lebih baiknya dikasih makan kroto dan apabila sudah dipisahkan maka bisa kalian kasihkan cacing dengan porsi yang cukup banyak agar staminanya kembali pulih.

Untuk memberi makan anakan murai batu yang masih ada di dalam inkubator bisa kalian kasih jangkrik dengan ukuran yang kecil – kecil dan kakinya sudah di bersihkan agar mudah untuk dimakan atau bisa juga diselingi dengan adonan veor yang dicampur dengan kroto yang sudah dicuci. Hal ini bisa kalian lakukan sampai anakan tersebut bisa makan sendiri dan hal ini terjadi apabila umurnya sudah mencapai 1 bulan.

Baik itulah beberapa tips yang bisa aku berikan untuk cara ternak murai batu yang dilakukan dalam kandang gantung dan penangkaran seperti ini bisa dibilang paling efektif karena mudah di pindah – pindah, hehe Semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- cara beternak murai batu di sangkar gantung - beternak murai batu di sangkar gantung - cara ternak murai batu di kandang gantung - ternak murai sangkar gantung - ternak murai kandang kecil - ternak mb di sangkar gantung - ternak murai batu sangkar gantung - ternak murai kandang gantung - penangkaran murai batu sangkar gantung - ternak murai batu di sangkar gantung -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz