Tips Memijat Burung Perkutut Sebelum Lomba

0
238

Duniabinatang.org – Memijat burung! Apa perlu? Ya, jangan salah karena burung juga butuh pijatan agar peredaran darahnya menjadi lebih lancar, tampil prima dan sehat. selain itu juga bisa membantu melemaskan otot – ototnya yang terlalu tegang atau kaku, jadi bukan hanya manusia saja yang butuh pijatan untuk melemaskan otot yang sudah bekerja seharian, hehe.

Cara Memijat Burung Perkutut

Waktu Yang Tepat Untuk Memijat Burung Perkutut

Akan tetapi berbeda dengan burung perkutut, diamana burung dipijat sebelum bekerja (dilombakan). Untuk waktunya sendiri bisa kamu lakukan pada malam hari sebelum burung dilombakan agar kondisi burung benar – benar siap untuk bertarung, pemijitannya bisa dilakukan dari ujung kepala sampai ujung kaki dengan cara pemijatan yang benar.

Selain akan dilombakan, burung perkut juga bisa kita pijat seminggu sekali untuk bisa menjaga kesehatannya. Akan tetapi bagi kamu yang memiliki burung perkutut yang masih piyik atau anakan jangan khawatir, karena pemijatan ini bisa juga kamu lakukan terhadap burung – burung perkutut piyik dan anakan dengan catatan cukup dilakukan satu bulan satu kali saja, jangan terlalu berlebihan karena kurang baik jika dilakukan.

Manfaat Memijat Burung Perkutut

Sebelum aku membahas lebih detai mengenai cara memijat burung perkutut yang baik dan benar, tidak ada salahnya kita kethaui lebh dulu manfaat yang bisa didapat oleh burung tersebut. Manfaatnya sangat banyak  bahkan sudah aku singgung di atas diantaranya :

  • Memperlancar peredaran darah

Jika peredaran darahnya lancar maka kesehatan burung tersebut juga terjaga, bahkan bisa jauh dari yang namanya penyakit dan selalu fit.

  • Melemaskan otot – otot yang kaku

Pada dasarnya burung juga suka mengalami yang namanya otot kaku, sehingga jika otot burung kaku kemungkinan besarnya tidak mau berbunyi atau sering kita sebut macet bunyi.

Tapi jangan melakukan pijit pada burung betina, apalagi betina ternak karena itu bisa mengganggu proses produksi burung tersebut. Jadi lakukan pada burung perkutut yang siap untuk dilombakan atau kontes.

Cara Memijat Burung Perkutut yang Benar dengan Mudah

Adapun cara untuk memijat burung perkutut yang baik dan benar, bisa kamu simak dibawah ini. Jadi jangan sampai asal – asalan karena itu malah bisa membuatnya luka dan tidak bergairah ketika dilombakan.

  1. Memijat Bagian Leher samai Pangkal Leher

Caranya kamu cukup memijat bagian leher secara pelan – pelan dengan tujuan suara yang dikeluarkan bisa lebih gacor yang kemudian dilanjutkan pada pangkal kepala dengan cara di goyangkan kekiri dan kekanan sambil ditarik secara perlahan/ pelan – pelan dan gunakan perasaan.

  1. Memijat Bagian Sayap

Caranya kamu tinggal tarik – tarik atau jeberkan bulunya yang kemudian bisa kamu pijat – pijat dengan perlahan. Lakukan pemijatan ini secara bergantian antara sayap kiri dengan sayap kanan agar bisa seimbang.

  1. Memijat Bagian dalam Sayap

Caranya kamu buka terlebih dahulu bagian dalam sayap yang kemudian dipijat secara perlahan dan memutar serta bergantian antara sayap dalam kanan dan sayap dalam kiri tapi selesaikan satu bagian terlebih dahulu.

  1. Memijat Bagian Punggung

Caranya bagian punggung burung perkutut dipijat menggunakan satu jari mulai dari atas sampai bawah. Coba tekan secara perlahan pada bagian punggungnya kurang lebih selama 1 menitan untuk bisa mengeluarkan tenaganya.

  1. Memijat Bagian Dada

Ups, jangan ngebayangin yang enggak – enggak yah, hehe. Untuk memijat bagian dada caranya hampir sama dengan cara memijat pada bagian punggung dan hanya cukup menggunakan satu jari saja. Untuk bagiannya bisa dimulai dari dada bagian atas, bawah serta kiri dan kanan secara perlahan.

  1. Memijat Bagian Paha

Caranya bisa kamu mulai dari pangkal paha yang dilanjutkan kekiri dan kekanan dan tetap dilakukan secara perlahan dengan menggunakan perasaan.

  1. Memijat Bagian Kaki/ Jari – jari

Caranya kamu cukup memijat bagian kaki yang ada sisiknya bahkan sampai ke bagian jari – jarinya. Pijat secara merata mulai dari bagian atas sampai bagian bawah dan khusus untuk bagian jari – jarinya bisa dengan sambil ditarik – tarik dan tentunya secara perlahan, jangan dengan emosi.

Hasil Akhir dari Memijat Burung Perkutut

Dari cara memijat diatas tentunya ada hasil yang bisa kita dapat, khususnya untuk burung perkutut itu sendiri. Burung perkutut yang dipijat akan menjadi berkualitas saat lomba dan tentunya mendapatkan hasil yang maksimal. Bukan hanya tehnik memijat saja yang harus sesuai namun pemilihan burung juga sangat berpengaruh.

Karena percuma juga kalau kita benar memijat burung perkutut tapi yang dipijat merupakan burung perkutut biasa maka hasilnya tetap akan kurang maksimal. Kenapa pemijatan harus dilakukan pada malam sebelum dilombakan dimana kita ambil contoh, hari minggu burung akan ikut lomba, jadi malam minggu burung dipijat. Ya karena efek pemijatan akan terasa secara langsung dan esok harinya burung siap untuk bertanding dan mengalahkan lawan – lawanya.

Nah itulah tips atau cara dalam memijat burung perkutut yang baik dan benar agar bisa mendapatkan hasil maksimal ketika dilombakan. Tetapi tetap jangan lupakan perawatan serta pemasteran yang sesuai agar semuanya bisa seimbang, semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- harga burung perkutut - pijit perkutut - memijat burung - memijat burung perkutut -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz