Tips Memilih Burung Cucak Ijo Bermental Juara

0
102

Duniabinatang.org – Siapa yang tidak kenal dengan burung cucak ijo, burung ini terkenal dengan gaya ngetroknya. Bahkan burung cucak ijo ini mempunyai tarian yang terbilang unik saat tampil di lapangan atau sedang di tandingkan. Sehingga tidak heran banyak pencinta burung kicau, lebih memilih jenis cucak ijo yang memang berkualitas.

Akan tetapi dibalik semua itu, tidak semua burung cucak ijo memiliki kriteria seperti yang diharapkan. Karena, ada juga burung cucak ijo yang sulit untuk gacor. Untuk itu, kita sebagai pembeli atau yang ingin memelihara burung cucak ijo, harus pintar dalam memilih dan memilih cucak ijo berkualitas.

Burung Cucak Ijo Bermental Juara
Burung Cucak Ijo

Bagaimana cara memilih burung cucak ijo yang berkualitas dan bermental juara?

Caranya gampang dan sebenarnya bisa kamu lakukan sendiri dan disini aku akan lebih menekankan pada ciri fisik cucak ijo yang memiliki mental juara terlebih dahulu, mulai kepala sampai kaki bahkan ekor.

Ciri Fisik Burung Cucak Ijo Berkualitas dan Bermental Juara

  1. Dari Bentuk Kepala

Burung cucak ijo yang bermental juara akan memiliki bentuk kepala yang cepak dan besar, sehingga disarankan untuk kamu mencari bentuk kepala cucak ijo yang seperti itu jika ingin memiliki burung cucak ijo berkualitas.

  1. Dari Bentuk Mata

Dari bagian mata, kamu harus memilih mata cucak ijo yang terlihat tajam, ukurannya besar dan menonjol keluar. Bahkan burung cucak ijo dengan mata tersebut, dipercaya akan mudah untuk dilatih dan cerdas.

  1. Dari Warna Lidah

Jika kamu bisa melihat pada bagian lidahnya, maka pilihlah burung cucak ijo yang mempunyai lidah berwarna hitam atau gelap dan itu sudah menjadi salah satu cici cucak ijo bermental juara.

  1. Dari Bentuk dan Warna Paruh

Jika dilihat dari bentuk paruh, maka pilihlah burung cucak ijo yang memiliki paruh panjang dan besar serta tebal. Baik dilihat dari bagian atas maupun bawah. Sedangkan untuk warna bulunya sendiri kamu bisa pilih warna bulu paruh yang hitam pekat atau legam.

  1. Dari Kondisi dan Warna Bulu

Bulu cucak ijo yang bagus akan terlihat kering, rapi, mengkilap dan tentunya tidak kusam. Sedangkan untuk warnanya akan terlihat hijau terang dan matang.

  1. Dari Postur Tubuh

Ini merupakan salah satu faktor penting yang harus kamu perhatikan jika ingin mendapatkan cucak ijo berkualitas. Burung cucak ijo yang bermental juara tentunya senantiasa akan memiliki postur tubuh yang panjang, besar dan tegap. Sebisa mungkin kamu cari dan pilih burung cucak ijo yang antara bagian kepala, leher, badan serta kaki yang seimbang. Lihat juga bagian punggungnya, pilih cucak ijo yang bagian punggungnya agak melengkung dan dadanya berbentuk besar.

  1. Dari Bentuk Kaki dan Kuku

Jelas, burung cuak ijo yang berkualitas akan memiliki bentuk kaki yang kokoh serta cengkraman nya kuat. Bukan hanya itu, tapi juga memiliki kuku yang bengkok serta runcing, sehingga cengkraman nya semakin kuat dan tahan lama.

Gimana! Cukup mudah bukan dalam memilih burung cucak ijo yang berkualitas! Tapi sebenarnya bukan hanya dilihat dari segi fisiknya saja, melainkan juga dari segi yang lainnya. Seperti suara, gerakan, cara bernafas bahkan sampai kotoran yang dia keluarkan juga bisa membantu kita dalam menentukan burung tersebut berkualitas atau tidak. Mungkin untuk lebih jelasnya mengenai ciri tersebut bisa kamu simak dibawah ini.

Ciri Lain Burung Cucak Ijo Berkualitas dan Bermental Juara

Burung Cucak Ijo
  1. Dari Jenis Kelamin

Jelas, hampir semua burung kicau yang berkualitas dan siap untuk di tandingkan memiliki jenis kelamin jantan. Apalagi cucak ijo jantan ini memiliki sifat fighter yang bagus dan yang tidak kalah pentingnya lagi ngetrok abis serta bermental juara.

  1. Dari Suara

Suara yang biasa dimiliki oleh cucak ijo yang berkualitas akan terdengar sangat nyaring dan merdu. Bahkan semua suara isian akan tembus dan keluar, pokonya akan sangat berbeda dengan cucak ijo yang biasa – biasa saja.

  1. Dari Cara Bernafas

Kamu pilih burung cucak ijo yang nafas nya dalam keadaan normal alias tidak tersengal – sengal, bernafas cepat atau yang sejenisnya.

  1. Dari Gerakan Ekor

Hal ini bisa kamu perhatikan ketika burung cucak ijo berkicau dan gacor,  disini kamu akan melihat cucak ijo menggerak – gerakan ekornya seperti sedang menari.

  1. Dari Bentuk Kotoran

Untuk yang satu ini pastinya sangat jarang kamu perhatikan, bahkan jarang dilakukan bagi orang – orang yang sudah terbiasa dalam memilih cucak ijo berkualitas. Tapi tidak ada salahnya bagi kamu yang ingin mencari cucak ijo berkualitas terlebih dahulu memperhatikan bentuk kotoran yang dikeluarkannya. Pastikan cucak ijo mengeluarkan kotoran yang padat, karena kalau kotorannya cair, sudah dipastikan burung tersebut sedang sakit atau kurang sehat.

Nah, itulah tips yang bisa aku berikan dalam memilih burung cucak ijo berkualitas serta memiliki mental juara. Sehingga tidak akan ada keraguan lagi bagi kamu untuk menampilkan cucak ijo dalam setiap pertandingan yang akan diikuti.

Memang terlihat gampang tapi sebenarnya itu cukup sulit untuk dilakukan dan tidak semua burung cucak ijo 100% memiliki ciri di atas. Pasti ada saja salah satu ciri yang tidak ada, so yang penting jangan lupa untuk memperhatikannya terutama dalam segi perawatan harian. Karena itu merupakan salah satu faktor penting agar burung cucak ijo berkualitas dan bermental juara, semoga bisa bermanfaat.

 

loading...

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz