Tips Mencerahkan Kembali Warna Bulu Burung Pleci yang Kusam dengan Mudah

0
369

Duniabinatang.org – Banyak pencinta burung pleci yang mengeluh dengan perubahan warna bulu pada burung miliknya. Warna awalanya cerah sehingga benar – benar tertarik untuk memilikinya, namun seiring berjalannya waktu warna bulu menjadi kusam dan kurang enak untuk dipandang sehingga daya tariknya menjadi berkurang.

Bukan hanya menjadi kusam namun jika dibiarkan akan menjadi gelap dan jauh dari kesan menarik. Banyak juga yang bertanya, apakah perubahan bulu pleci menjadi kusam disebabkan oleh penyakit? Jawabanya bukan, karena pada umunya bulu pleci yang berubah menjadi kusam disebabkan oleh perawatan yang kurang maksimal atau kurang tepat.

tips mencerahkan bulu pleci kusam
pict by : budidayakenari.com

7 Penyebab Warna Bulu Burung Pleci Menjadi Kusam

Penyebab ini memang berasal dari perawatan yang kurang tepat, sehingga bulu burung pleci menjadi kusam tidak terawat. Silahkan diperhatikan dan bagian mana yang sering kamu lewatkan dalam merawat burung pleci.

  1. Bisa disebabkan oleh terlalu lamanya penjemuran burung dibawah terik sinar matahari
  2. Karena burung pleci jarang dimandikan dengan menggunakan semprotan atau bisa juga karena jarang mandi dalam keramba.
  3. Bisa juga disebabkan oleh kurangnya nutrisi pada pakan yang diberikan pada burung pleci
  4. Karena burung pleci hanya diberikan pakan kering setiap harinya
  5. Karena burung pleci suka di berikan madu dengan takaran yang berlebihan
  6. Karena pemilik burung sering mengganti pakan yang berbeda (merk)
  7. Bisa juga disebabkan oleh dopingan yang tidak kembali di netralisir oleh pemiliknya

Dari ke-7 penyebab diatas, mana yang sering kamu lakukan. Akan tetapi jika tidak dan masih saja tetap kusam, kemungkinan besar itu merupakan perubahan yang disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan dari indukan burung tersebut.

Adapun tips atau cara untuk bisa mengembalikan kondisi bulu burung pleci yang kusam menjadi cerah kembali dan enak untuk dipandang.

Tips Mengembalikan Warna Bulu Pleci yang Kusam Menjadi Cerah Kembali

  1. Hentikan penjemuran dengan durasi yang lama dan biasakan menjemur burung jangan lebih dari jam 10 dan dengan waktu maksimal 2 jam.
  2. Usahakan untuk memandikan burung setiap hari, baik itu di semprot atau dimandikan dalam keramba. Dengan demikian bulu burung akan terbebas dari yang namanya parasit atau jamur bahkan kutu yang bisa merusak bulu burung pleci. Ketika burung dimandikan bisa ditambahkan sampo, bai shampo khusus untuk burung atau bisa juga dengan menggunakan shampo bayi dengan takran sedikit saja, jangan terlalu banyak.
  3. Jangan mengonta – ganti pakan dengan pakan yang berbeda baik itu dengan pakan berkualitas sekalipun. Usahakan memberikan pakan yang mengandung alga hijau atau rumput laut, jika dalam keadaan kusam bisa juga kamu tambahkan pakan buah – buahan.
  4. Berikan EF (Esktra Food) lain seperti tepung udang alami, tepung daging dan tepung jangkrik serta jika ingin diberikan madu maka jangan dilakukan setiap hari dan gunakan madu asli.
  5. Berikan vitamin yang cukup secara berkala dengan tujuan menjaga kondisi kesehatan burung salah satunya warna bulu burung agar tetap terjaga dan indah tidak kusam.
  6. Berkan pakan berupa sayuran, jangan hanya memberi pakan kering saja karena sayuran juga sangat penting bagi kesehatan burung sehingga perlu ditingkatkan.
  7. Jika kamu sering menggunakan dopingan untuk burung pleci, maka sesudahnya harus segera di netralisirkan. Menetralisisrkan burung pleci dari dopingan bisa membuatnya kembali normal dan tetap terjaga kesehatannya.

Nah itulah tips bisa aku berikan mengenai cara mencerahkan kembali bulu burung pleci yang menjadi kusam karena berbagai hal di atas. Untuk itu harap dijaga dan di rawat baik – baik agarterhindar dari hal yang tidak diinginkan, semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- cara agar bulu pleci kembali cerah -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz