Cara Mengembalikan Performa dan Menetralisir Efek Doping Pada Burung Pleci

0
1134

Duniabinatang.org – Mendoping burung ketika akan dilombakan memang sesuatu yang terbilang wajar agar burung bisa mengeluarkan kemampuannya secara maksimal dan berharap menjadi juara dalam lomba tersebut. Banyak dopingan yang bisa kamu gunakan mulai dari dopingan alami sampai dopingan yang berasal dari toko seperti obat – obatan kimia.

Tapi apakah kamu sadar kalau mendoping burung efeknya bukan hanya mendapatkan kualitas bagus namun ada efek buruknya juga. apalagi jika kita memberikan dopingan terlalu berlebihan yang efek sampingnya bisa merusak kondisi burung itu sendiri.

netralisisr doping pleci

Akibat atau Efek Samping Dopingan Burung Pleci

Memang tidak bisa dipungkiri, banyak pencinta burung pleci yang mendapati burungnya menjadi ngerol, ngalas dan gacor lebih dari biasanya ketika dilombakan dan sebelumnya telah di kasih dopingan. Akan tetapi banyak juga yang sebaliknya dimana kondisi burung awalnya baik dan ketika di kasih dopingan saat akan dilombakan yang ada malah lemas, suaranya serak bahkan tidak mau bersuara (macet bunyi). Untuk lebih jelesnya mengenai apa saja efek samping yang bisa ditimubulkan dari dopingan tersebut bisa kamu simak dibawah ini.

  • Kadang bagi burung pleci jantan yang terkena doping akan membuatnya menjadi tidak bergairah atau tidak tertarik dengan pleci betina dan hal ini akan menyulitkan kamu yang ingin beternak burung pleci.
  • Burung pleci yang awalnya semangat dan ngotot berbunyi, menjadi lemas dan macet untuk berbunyi.
  • Burung pleci yang sering dikasih dopingan biasanya akan mabung sebelum waktunya. Bahkan untuk pertumbuhan bulunya akan sedikit terhambat dan banyak juga yang bulunya rontok semua.
  • Bukannya menjadi lebih semangat terus namun bisa menjadi lemas, murung, tidak bergairah, terlihat ngantuk, nafsu makan berkurang dan cenderung diam.
  • Jika sering dikasih doping maka burung akan gemeteran seperti orang yang sedang sakau jika tidak diberikan doping kembali, bisa dikatakan burung kecanduan dopingan.
  • Bulu – bulunya akan terlihat kusam, tipis, tidak rapih bahkan mudah rontok sehingga disebut dengan mabung belum waktunya.
  • Burung pleci menjadi tidak mampu untuk mencengkram dengan kuat dan hal ini akan membuatnya tidak bisa tegak ketika sedang bertengger dan berpeluang jatuh lebih sering.

Ada positif pasti ada negatif dan itulah yang bisa kita dapatkan ketika mendoping burung pleci yang dimiliki dengan tujuan utama menghasilkan burung bagus dengan performa yang maksimal ketika dilombakan. Jika sudah membaca beberapa efek diatas maka apa yang akan kalian lakukan selanjutnya? Apakah tetap memberikan dopingan dengan lebih teratur lagi atau tidak sama sekali!

Bagi kamu yang sudah terlanjur mendoping burung pleci bahkan sudah bisa dikatakan sering, maka setelahnya harus langsung di netralisirkan agar kondisi burung kembali normal dengan performa awal yang bagus. Adapun cara untuk menetralisir dopingan burung yang bisa kamu simak dibawah ini.

Cara Menetralisir Efek Doping Pada Burung Pleci

Disini aku menggunakan beberapa bahan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah dipasar untuk bisa menetralisir efek dopingan tersebut.

  1. Menggunakan Susu Beruang (Bear Brand)

Banyak yang merasa aneh kenapa harus menggunakan susu beruang! Ya, karena ini sudah terbukti dan banyak pencinta burung pleci yang telah mendoping burungnya dan di netralisir dengan menggunakan susu beruang serta berhasil. Akan tetapi ada yang langsung normal saat itu juga dan ada juga yang lama bahkan tidak sama sekali. Semua itu kembali lagi pada karakter burung pleci yang kamu miliki jangan dipaksakan dan gunakan cara lain.

susu beruang netralisisr dopingan pleci

Cara Pemberian Susu Beruang

Jika kamu ingin mencobanya bisa dengan memberikan susu beruang sebanyak 10 ml saja setiap harinya dan diberikan setelah burung selesai dijemur. Umunya untuk hasil akan terlihat setelah 1 minggu pemberian susu beruang, mohon bersabar.

  1. Menggunakan Air Kelapa

Air kelapa memang dipercaya bisa menetralisir racun bahkan sering digunakan juga oleh kita (manusia) begitu juga untuk burung pleci sangat bisa digunakan. Namun ada sedikt tambahan agar hasilnya bisa maksimal, yaitu dengan menambahakan telur ayam kampung dan untuk kelapanya sendiri harus menggunakan kelapa hijau agar hasilnya lebih maksmimal.

kelapa hijau

Cara Pemberian Air Kelapa yang Dicampur Telur Ayam Kampung

Kamu ambil terlebih dahulu air kepala hijau sebanyak 200 ml saja yang kemudian dicampur dengan 1 butir telur ayam kampung. Aduk sampai rata dalam suatu wadah sampai benar – benar tercampur (menyatu). Jika sudah bisa langsung kamu berikan dengan takaran 5 ml saja sebagai minuman setiap harinya. Akan tetapi harus menggunakan cepuk atau wadah khusus agar tidak dipakai mandi oleh burung pleci dan untuk sisanya bisa diberikan esok hari (bisa digunakan 3 hari) serta jangan lupa simpan pada lemari es agar bisa tahan lama. Namun jika benar – benar ingin tahan lama jangan dicampur dengan telur melainkan hanya air kelapanya saja.

  1. Menggunakan Air Larutan (Tanpa Rasa)

Harap untuk menggunaan larutan yang tanpa rasa agar hasilnya lebih maksimal seperti larutan cap kaki tiga. Larutan memang diperuntukan sebagai pereda panas dalam untuk manusia namun bisa juga kita gunakan terhadap burung pleci. Karena kita tahu burung yang terkena doping akan menjadi panas, untuk itu bisa kita dinginkan kembali dengan memberikan larutan tanpa rasa (hambar).

Cara Pemberian Air Larutan

Untuk cara pemberiannya sendiri bisa dilakukan dengan menyimpannya dalam cepuk besar yang bisa digunakan untuk minum serta mandi sang burung. Air larutan ini bisa kamu berikan cukup hanya 2 kali saja dalam satu minggu, karena jika terlalu keseringan juga tidak baik dan bisa mengakibatkan bulu – bulunya menjadi kusam serta rontok bahkan suaranya menjadi serak, so harap bijak dalam menggunakan segala hal.

  1. Menggunakan Air Infus

Selain menggunakan air kelapa dan air larutan tanpa rasa, kamu juga bisa menggunakan air infusan. Sudah banyak pencinta burung yang mendongkrak performanya dengan menggunakan air infusan. Ternyata memang benar, banyak hal – hal untuk menetralisisr racun pada manusia ternyata bisa dilakukan dan diberikan juga pada hewan.

Cara Pemberian Air Infus

Banyak juga yang memberikan air infusan sebagai air minum pleci, namun hasilnya tidak terlihat bahkan setiap hari diberikan juga tidak kunjung terlihat. Ya, layaknya manusia saja diberi infusan bukan untuk dimunim melainkan disuntikan langsung pada aliran darah kita. Begitu juga dengan burung pleci, agar hasilnya bisa langsung atau cepat terlihat maka bisa kamu suntikan pada aliran darahnya. Tapi jika ragu dan takut jangan diteruskan, bisa – bisa salah suntik dan burung pleci milik kamu mati.

  1. Menggunakan Buah Pepaya

Terakhir, untuk bisa menetralisir dopingan yang diberikan pada burung pleci bisa dengan menggunakan buah pepaya. Siapa yang tidak kenal dengan buah pepaya, banyak yang suka termasuk aku sendiri, hehe. Selain rasanya yang manis, buah pepaya ini juga banyak manfaatnya.

Cara Pemberian Buah Pepaya

Untuk cara pemberiannya sendiri cukup mudah, kamu hanya tinggal mencari buah pepaya yang sudah matang lalu gantangkan dalam sangkar dan biarkan pleci mematuk dan memakannya dengan sendiri, jangan lupa dibelah dulu jangan dikasih 1 gelundungan.

Saran Dopingan Untuk Burung Pleci

Jika kita ingin sukses dan mendapatkan hasil yang maksimal maka resiko yang kita tanggung juga semakin besar. Kecuali kamu tidak ingin maju, ya diam saja jangan pernah mencoba hal baru jika tidak ingin beresiko. Karena sesuatu yang baru itu pasti ada resikonya. Oya, dalam menetralisir efek dopingan dengan cara di atas, harap menggunakan satu cara terlebih dahulu, jangan dicampur – campur agar hasilnya bisa lebih mudah terlihat apalagi jika ingin menggunakan buah pepaya. Takutnya bukan kembali ke performa awal yang ada malah makin drof dan mati.

Untuk itu lebih baik menggunakan dopingan dari bahan – bahan alami seperti yang berasal dari buah – buahan, sayuran dan hewani. Karena dopingan alami dipercya tidak akan terlalu merugikan burung dan kita sebagai pemiliknya. Sedangkan dopingan yang berasal dari obat – obatan pastinya sedikit banyak mengandung bahan kimia yang sangat merugikan burung di kemudian hari. So harus lebih pintar dalam memilih dopingan untuk burung pleci, semoga bisa bermanfaat.

 

loading...
Source :
- https://www duniabinatang org/tips-menetralisir-efek-doping-burung-pleci/ - cara menetralisir efek doping pada pleci - cara menghilangkan efek doping pada lovebird - efek doping pleci - cara menetralkan pleci bekas dopingan - manfaat susu beruang untuk merpati - cara menghilangkan doping pada pleci - doping pepaya buat lovebird - cara mengatasi pleci macet kena doping - cara menghilangkan efek pleci doping -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz