Tips Mengetahui Burung Pleci yang Terkena Penyakit

0
533

Duniabinatang.org – Ketika burung pleci yang kita dalam keadaan sehat, berkicau dengan merdu dan tampilannya bagus maka akan menjadi kebangaan tersendiri bagi kita yang memilikinya. Rasanya begitu tenang dan damai ketika mendengarkan kicauan burung tersebut, namun semua itu akan berbanding terbalik ketika burung yang kita miliki sedang dalam keadaan sakit dan drof.

Memang tidak sekaligus sakit atau drof melainkan ada tahapannya dimana tahapan tersebut bisa kita lihat. Jadi sebelum burung benar – benar sakit kita bisa mengetahuinya lebih awal dan kita juga bisa mengetahui ciri burung pleci yang sedang terkena penyakit.

Cara Mengetahui Pleci Sakit

Lantas bagaimana cara untuk mengetahuinya?

Caranya cukup mudah dan bisa kamu ketahui sendiri, baik dengan cara melihatnya atau memegangnya. Hal ini juga bisa kamu lakukan pada burung kicau jenis lainnya dan dibawah ini adalah sebagian ciri – ciri dari burung pleci yang sedang terkena penyakit.

Ciri – Ciri Burung Pleci yang Terkena Penyakit

  1. Nafsu Makan Jadi Menurun

Jelas sangat terlihat ketika nafsu makan burung berkurang, salah satunya dari pakan yang tidak banyak berkurang bahkan masih utuh. Dengan demikian berat badannya juga akan menurun dan kurus yang jika di abaikan akan mengakibatkan kematian.

  1. Kondisi Sayap dan Bulu Menjadi Terlihat Kusam

Jika bulu dan sayap burung menjadi kusam sudah dipastikan sedang mengalami sakit, awalnya perubahan tersebut memang tidak terlalu nampak tapi jika diperhatikan lebih detail maka akan terlihat. Bahkan yang tadinya bergerak lincah akan menjadi diam serta mudah terjatuh dari tangkringannya, hal ini juga bisa disebabkan oleh kurangnya daya cengkram kaku burung tersebut.

  1. Kondisi Mata yang Kemerah – merahan

Bisa juga dilihat dari kondisi matanya, mata burung yang sedang sakit akan berubah menjadi merah. Bukan hanya itu, tapi juga akan terlihat sayu (mengantuk) dan lebih sering merem atau tertidur.

  1. Kondisi Burung Menjadi Berlendir

Jika kamu menemukan burung pleci yang hidungnya berlendir, maka sudah dipastikan burung tersebut sedang dalam keadaan sakit.  Bisa disebabkan oleh cuaca yang terlalu dingin, untuk itu cobalah dengan sering menjemurnya dibawah terik sinar matahari.

  1. Burung Pleci Sering Membuka Paruh

Saat kamu menemukan burung pleci yang sering membuka paruh itu disebabkan oleh susahnya bernafas, sehingga paruh sering terbuka.

Nah itulah tips untuk mengetahui burung pleci yang sedang terkena penyakit, untuk itu kita sebagai pemilik harus cepat menindaklanjutinya agar bisa diatasi dan tidak berkelanjutan dan terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Berikan obat, baik itu obat alami atau dari toko tapi usahakan dengan menggunakan obat alami untuk burung pleci agar efeknya tidak berkepanjangan. Selain itu jangan lupa juga untuk memberikan vitamin agar kesehatannya tetap terjaga, semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- obat untuk pleci sakit - ciri ciri burung pleci sakit - jenis penyakit burung pleci - mengobati burung pleci sakit -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz