Tips Merawat Burung Merpati Saat Ganti Bulu ( Merpati Mabung dan Istirahat )

0
13738

Tips Merawat Burung Merpati Saat Ganti Bulu ( Merpati Mabung dan Istirahat ) – Hai guys  masih tetap membahas tentang burung merpati, kalian pasti pernah melihat merpati berganti bulu? Jangan heran karena bukan hanya ular yang bisa berganti kulit tapi merpati juga bisa berganti bulu, ko jadi ular dengan merpati padahal jauh beda! Tidak apa – apalah yang aku maksud disini kalian harus bisa merawat merpati yang sedang berganti bulu agar tetap terjaga kesehatannya.

Sebelumnya kita juga harus mengatahui macam – macam bulu yang ada pada burung merpati agar tidak salah dalam mengambil tindakan karena setiap bulu yang menempel pada merpati mempunyai fungsi masing – masing dan memang bulu merpati berlapis – lapis, itu tidak lain agar suhu badanya tetap terjaga (sekitar 75 derajat F atau 41,7 derajat C).

Baca Juga Tips Cara Cepat Agar Burung Merpati Cepat Gemuk

bulu merpati

Berikut ini adalah beberapa jenis bulu yang ada pada merpati dan tumbuh dari lubang – lubang yang berada di dasar kantong bulu dengan memerlukan protein yang sangat tinggi.

  1. Bulu Ringan, Bisaanya akan tumbuh pada bagian bawah badan merpati (pantat dan ekor) untuk pergantian bulu ini terjadi satu tahun sekali, kalau kita perhatikan pasti perubahan itu akan terlihat. Ada yang harus kalian perhatikan apabila kita menangkap merpati dan ternyata bulu – bulu dibagian dubur sering lepas dan muncul bulu yang mirip dengan jamur maka sudah dipastikan merpati tersebut kekurangan gizi.
  2. Bulu Halus, Bulu jenis ini bisaanya berwarna kuning dan merupakan bulu yang suka menyelimuti anak burung yang masih piyik atau baru lahir dan nantinya akan rontok dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu (pertumbuhan) bisaanya sekitar 4 – 5 mingguan.
  3. Bulu Rambut, Merupakan bulu yang tersembunyi dibalik bulu – bulu luar merpati, kalua bulu rambut ini ingin kelihatan kalian bisa cabuti bulu luar merpati (tidak disarankan) cukup di intip saja, hehe
  4. Bulu Terbang, Sudah jelas yang namanya bulu terbang pasti berada dibagian sayap dan dekat ketiak. Untuk lebih jelasnya bulu terbang ini terbagi menjadi 2 jenis, ada bulu terbang utama dan kedua.
  5. Bulu Luar, Nah ini merupakan bulu – bulu yang bisa menjaga suhu badang merpati dan terletak pada badannya secara tumpang tindih serta bentuknya sangat licin sehingga memudahkan merpati untuk membuakanya dan mendapatkan angin segar saat terbang.
  6. Bulu Ekor, Yang namanya bulu ekor pasti berada dibagian ekor yang bisa dipakai sebagai pengatur arah saat merpati terbang.

Baca Juga Cara Merawat dan Menjinakan Burung Merpati yang Liar

Cukup jelas untuk jenis – jenis bulu yang suka berganti pada merpati? Nah agar saat pergantian bulu berjalan dengan lancar makan apabila kalian sudah melihat merpati sedang melakukan pergantian bulu alangkah lebih baik di simpan di ruangan yang terbuka dan luas agar bisa melakukan gerakan – gerkan kecil atau ringan dan tidak disarankan di tempat yang kecil serta tertutup

Satu lagi jika kedapatan merpati yang melakukan pergantian bulu secara menyeluruh maka kalian perlu memandikannya, minimal dua kali dalam satu minggu dan tambahan makanan yang mengandung gizi serta protein yang tinggi agar berjalan dengan lancar, semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- cara menumbuhkan bulu sayap merpati - cara mempercepat pertumbuhan bulu merpati - cara cepat menumbuhkan bulu merpati - ciri ciri bulu istirahat pada merpati - cara mempercepat pertumbuhan bulu sayap merpati - cara cepat menumbuhkan bulu sayap merpati - merpati mabung - perawatan merpati saat mabung - cara merawat merpati mabung - https://www duniabinatang org/tips-merawat-burung-merpati-saat-ganti-bulu-merpati-mabung-dan-istirahat/ -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz