Tips Merawat dan Menjaga Kesehatan Merpati Saat Musim Hujan

1
2480

Tips Merawat dan Menjaga Kesehatan Merpati Saat Musim Hujan  – Hai guys kembali lagi di artikel duniabinatang. Baik kali ini aku akan mengajak kalian semua khususnya pencinta burung merpati untuk mengetahui cara merawat atau memelihara kesehatan burung merpati saat masuk musim penghujan. Lebih tepatnya lagi pada pergantian musim dari panas ke hujan, seperti yang sudah aku bilang di artikel sebelumnya bahwa di musim pancaroba bisaanya banyak burung merpati yang terkena penyakit.

Dimusim hujan bisaanya burung merpati sering terkena penyakit walau kita juga tahu bahwa ada yang dibilang penyakit langganan pada burung merpati seperti halnya penyakit berak ijo, petek atau ada juga yang lebih parahnya lagi yaitu penyakit salmonella. Makanya kita harus siap siaga dalam menghadapi hal tersebut agar tidak terkena bakteri dan virus yang sering menyerang burung merpati.

merpati-hujan

Baca Juga Khasiat dan Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Burung Merpati

Iniah Tips Memelihara Burung Merpati Saat Masuk Musim Penghujan

  1. Kandang burung Merpati, kadang meruapakan faktor utama yang harus kalian perhatikan karena apabila kandangnya dibiarkan begituh saja maka dengan mudah virus dan bakteri bersarang di burung merpati yang kita punya. Jauhkan kadang burung terhadap air hujan yang turun karena kalau kandangnya dimasuki air hujan atau terkena cipratan air hujan maka keadaan kandang terutama bagian bawah (Tempat kotoran menumpuk) akan menjadi basah sehingga bakteri akan cepat berkembang biak. Maka dari itu kalian harus rajin – rajin membersihkan kandang burung agar terhindar dari penyakit.
  2. Perlakuan pada burung merpati, selain kita meperhatikan kandangnya serta merawat dan memperbaiki apabila ada kerusakan, kita juga harus bisa memperlakukan burung tersebut dengan sebaik mungkin. Lebih bagusnya jemur merpati pada pagi hari paling panas sampai jam 10an dan jangan memaksakan melatih burung merpati yang sedang tidak fit biarkan saja beritirahat sampai benar – benar pulih. Beri makan secukupnya dan sedikit jagung kurang lebih 2 tutup botol di pagi hari serta jauhkan burung merpati sehat dengan burung merpati yang sakit agar tidak terjadi penularan penyakit.
  3. Pemeberian makanan serta jamu, Agar burung merpati tetap sehat dan daya tubuhnya kuat maka perlu memperhatikan makanan serta minuman dan tidak lupa dikasih jamu. Alangkah lebih baiknya setiap makanan yang akan diberikan terhadap burung merpati di bersihkan terlebih dahulu dan dilihat kelayakan konsumsinya. Beri minuman yang bersih dan sewaktu – waktu campur air tersebut dengan vitamin, jamu dan obat tapi satu – satu jangan di langsukan sekaligus yah, hehe. Untuk pemberian jamu kalian bisa menggunakan jamu tradisional bisa dengan mencampurkan temulawak, kunyit, temu ireng, daun teh, vitamin serta nature E.

Baca Juga Penting !! Ketahui Siklus Bertelur dan Siklus Giring Pada Merpati Anda

Cukup mudah bukan, saran terakhir apabila burung merpati terkena penyakit kita harus tahu dahulu penyakit apa yang hinggap dan langkah apa yang harus di ambil. Baik mungkin cukup sekian dulu dan apabila masih ada yang bigung bisa langsung di tanyakan di comments, semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- vitamin buat merpati - jamu merpati balap madura - hal yg boleh di lakukan ketika merawat merpati - Cara menjaga kesehatan merpati - cara merawat merpati terhindah dari penyakit - jaket parka laki - cara merawat burung merpati ketika musim hujan - cara mencegah burung dara terhindar dari penyakit - vitamin buat merpati perpindahan cuaca panas ke hujan - cara memelihara merpati balap agar tidak terkena penyakit -

Leave a Reply

1 Comment on "Tips Merawat dan Menjaga Kesehatan Merpati Saat Musim Hujan"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
trackback

[…] Jika dalam musim hujan maka anda coba baca artikel cara perawatan merpati saat musim hujan […]

wpDiscuz