Tips Penting Perawatan Murai Batu Ketika Mabung

0
3282

Tips Penting Perawatan Murai Batu Ketika Mabung – Hai guys, tidak bosan – bosannya aku membahas burung yang mempunyai kicauan bagus ini. Ya burung murai batu memang burung yang terkenal di Indonesia dengan kicauan merdunya bahkan sampai banyak orang yang ingin memiliknya, baik untuk dintandingkan atau sebagai hewan peliharaan yang menyambut kita dipagi hari dengan kicauannya yang merdunya.

murai-batu-mabung

Mabung sendiri merupakan proses dimana burung sedang mealakukan pergantian bulu secara besar – besaran, ya mengganti bulu – bulu tua dengan bulu – bulu yang muda. Kondisi ini memang normal terjadi pada burung satu tahun sekali. Nah, ada beberapa hal yang wajib kalian lakukan ketika murai batu mabung, karena adakalanya proses ini berjalan tidak normal. Kalian juga harus bisa membedakan antara mabung dengan rontok karena penyakit atau obat, ada juga burung yang mabung tapi terjadi beberapa kali dalam setahun dan itu bukan mabung melaikan rusak.

Baca Juga Cara Cepat Mengatasi Murai Batu Over Birahi Hingga Jadi Galak

Seperti yang aku bilang diatas bahwa ada beberapa hal yang harus kalian lakukan ketika menghadapi murai batu mabung agar kondisinya tetap terawat dan sehat. Karena beberapa diantara mereka ada yang mengalami drop fisik dan mental pada saat sedang mabung dikarnakan tubuhnya terfokus pada penumbuhan bulu – bulu baru.

Tips Merawat Murai Batu yang Benar Saat Sedang Mabung

  1. Sediakan tempat yang tenang dan nyaman dan gunakan kain penutup.
  2. Makanan untuk murai batu (pur) dicampur dengan susu bubuk yang bisa mempercepat turunnya bulu mabung.
  3. Bisa kalian stop pemberian EF atau bisa juga disesuaikan karena merupakan cakupan nutrisi yang memang dibutuhkan.
  4. Berikan 1 sendok makan kroto pada murai batu setiap harinya.
  5. Berikan juga ulat hongkong sebanyak 5 ekor 3 kali dalam seminggu.
  6. Kandang murai batu sedang mabung harus selalu dalam keadaan bersih dan bisa kalian bersihkan 3 hari sekali.
  7. Ketika bulu ekor mulai tumbuh sekitar 5 cm (dorong dulu), nah kalian harus memandikan murai batu 2 hari sekali dengan tambahan obat kutu dan jangan dulu dijemurkan cukup dengan diangin – anginkan saja.
  8. Ketika tumbuh bulu dan mabung maka kalian lakukan pemasteran karena ini meruapakan waktu terbaik dan gunakan masteran yang cocok.
  9. Jika pada saat mabung pemberian jangkrik di hentikan maka bisa kalian lanjutkan ketika bulu ekor sudah panjang kembali.
  10. Selesai dan rawat kembali seperti biasa.

Nah, itulah beberapa tips perawatan murai batu saat sedang mabung agar tidak terjadi sesua hal yang tidak diinginkan. Selanjutnya kalian juga harus perhatikan beberapa hal yang tidak boleh dilakuakn atau harus dijaga ketika murai batu sedang mabung, diantaranya

Baca Juga Tips Memandikan Murai Batu Mandi Keramba yang Benar

  1. Jangan menagkap burung murai batu yang bulunya belum tumbuh tuntas
  2. Jangan biarkan terkena embusan angin, apalagi angin malam
  3. Jangan sampai melihat murai batu lainnya
  4. Jangan mandikan terlebih dahulu murai batunya

Oke, aku rasa cukup untuk artikel kali ini yang membahas tips merawat murai batu saat sedang mabung dan proses mabung sendiri biasanya berlangsung selama 2 s.d 3 bulan, semoga bisa bermanfaat.

loading...
Source :
- perawatan murai batu mabung pertama - perawatan murai trotol mabung pertama - Murai batu mabung pertama - perawatan murai mabung pertama - cara merawat murai mabung pertama - merawat murai mabung pertama - perawatan murai batu trotol mabung pertama - https://www duniabinatang org/tips-penting-perawatan-murai-batu-ketika-mabung/ - merawat murai mabung yang benar - merawat murai mabung -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz